Featured Tips dan Trik

Cara Root Android Yang Aman Dan Ga Ribet

Cara-Root-Android-Header

Pengguna smartphone Android di Indonesia semakin banya, maka pada tips dan trik kali ini Gadgetren akan berbagi cara untuk pembaca yang ingin mengetahui cara Root Android terutama yang aman atau tanpa menggunakan komputer.

Proses Root merupakan salah satu kelebihan dari perangkat dengan sistem operasi Android. Hal tersebut diperbolehkan oleh Google hanya saja seluruh tanggung jawab ditanggung pengguna, berbeda dengan Apple yang benar-benar tidak memperbolehkan proses seperti ini.

Bagi pembaca yang belum tahu, proses Root akan memberikan pengguna akses secara penuh perangkat tersebut. Dengan begitu maka pengguna dapat melakukan overclock, menggunakan aplikasi yang tidak disetujuai Google, hingga mengubah sistem Android itu sendiri.

Bagi pengguna awam atau yang baru pertama kali ingin melakukannya merasa cara Root Android terlihat cukup menyeramkan. Hal tersebut memang ada benarnya dikarenakan proses Rooting itu perlu mengubah sistem Android.

Namun semakin banyaknya pengguna Android saat ini, maka terdapat berbagai cara untuk melakukan cara Root Android hampir tanpa resiko. Pengguna awam pun bisa melakukannya dengan mudah tidak seperti ketika Android mulai ramai digunakan.

Kingo Android Root

Salah satu cara paling mudah untuk melakukan rooting perangkat android adalah dengan menggunakan aplikasi Kingo Android Root. Dengan menggunakan aplikasi ini maka proses root yang tadinya sedikit rumit akan menjadi jauh lebih mudah dengan hanya sekali klik.

Sebelum memulai ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah perangkat sudah didukung atau belum pada halaman ini. Perangkat yang tidak terdaftar bukan berarti tidak bisa, hanya saja belum dilakukan tes. Jika sudah lalu download dan install aplikasi tersebut pada laptop atau komputer.

Selanjutnya, centang modus USB debugging pada pengaturan. Untuk Android versi 4.3 ke atas, maka perlu menampilkan terlebih dahulu menu developer dengan cara mengklik Build Number sebanyak tujuh kali pada menu Pengaturan > Tentang Ponsel.
Cara-Root-Android-Kingo

Selanjutnya hubungkan perangkat ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Pada layar akan tampil “Allow USB debugging?” lalu pilih OK. Langkah terakhir adalah dengan memilih Root dan menunggu proses hingga selesai. Jika ingin menghilangkan akses Root maka tinggal memilih Remove Root.

Jika setelah melakukan proses Root perangkat menjadi tidak dapat digunakan atau macet pada logo Android, maka telah terjadi suatu kesalahan dan proses terbilang gagal. Tidak perlu panik jika hal ini terjadi dikarenakan masih dapat dikembalikan dengan cara flash ulang yang caranya berbeda-beda setiap perangkat.

Update ZIP Recovery

Cara Root Android yang satu ini juga terbilang cukup mudah. Pembaca hanya membutuhkan file update.zip yang telah dibuat dan disediakan oleh orang lain di situs XDA-Developer. Tentu tidak semua perangkat tersedia update.zip dikarenakan biasa sudah terpasang pada custom ROM.

Metode ini terbilang lebih mudah dan aman dikarenakan tidak perlu menggunakan komputer atau install program. File update.zip biasanya sudah di coba oleh pengguna perangkat sama, sehingga hampir tidak mungkin perangkat akan menjadi error atau brick .

Untuk melakukan cara ini pembaca harus mencari file update.zip pada forum XDA-Developer sesuai dengan model perangkat. Kemudian pindahkan file tersebut ke dalam penyimpanan internal perangkat atau microSD.

Perlu diperhatikan file tersebut harus disimpan pada Root penyimpanan tidak boleh di dalam folder. Sebagai contoh update.zip disimpan pada sdcard/ bukan pada sdcard/dokumen atau yang lainnya.

Setelah itu matikan perangkat dan masuk ke dalam modus recover dengan cara menekan tombol Volume- (atau Volume+ sesuai perangkat) dan power secara bersamaan. Pada menu recovery pilih “apply update.zip” dengan cara tekan volume untuk menggerakkan dan power untuk OK.

Ada baiknya setelah memilih “apply update.zip” maka melakukan factory reset, namun hal tersebut tidak wajib tergantung sang pembuat file tersebut. Untuk mengetahui apakah sudah menjadi Root atau belum membutuhkan aplikasi tambahan seperti SuperSU atau Superuser pada PlayStore.

Cara-Root-Android-Recovery

Gadgetren juga bisa membantu pembaca mencarikan file update.zip jika memang ada, silahkan tulis model perangkat pada bagian komentar.

Leave a Comment

5 Comments