Tips dan Trik

Cara Mengukur Kecepatan Internet IndiHome

cek kecepatan indihome header[Sumber: Flickr]

Gadgetren – IndiHome merupakan salah satu ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet yang cukup banyak digunakan di Indonesia.

IndiHome adalah satu penyedia internet yang menawarkan paket-paket Internet dengan kecepatan internet sebagai kriteria penawarannya. Kita dapat memilih paket IndiHome yang akan digunakan dengan memilih salah satu paket dengan kecepatan akses tertentu dengan harga tertentu juga. Setiap paket pilihan menyediakan internet dengan kecepatan akses berbeda dengan harga yang berbeda untuk setiap paketnya.

Dari mulai paket Internet seharga Rp 250.000,- per bulan dengan kecepatan akses internet 10 Mbps, Rp 350.000,- per bulan untuk kecepatan 20 Mbps, Rp 510.000,- per bulan untuk kecepatan akses 30 Mbps, Rp 610.000,- per bulan untuk kecepata akses 40 Mbps, sampai dengan paket Triple Play yang menawarkan tiga layanan (Internet rumah, telepon rumah, dan TV interaktif) dalam satu paket dengan harga yang lebih mahal dan bervariasi.

“Namun, apakah kecepatan yang kita terima sama dengan yang tertera pada paket tersebut?”

Pertanyaan ini mungkin muncul pada sebagian pengguna IndiHome. Apalagi bagi mereka yang memiliki akses internet yang berubah menjadi lambat, atau mereka yang iseng ingin membuktikan kebenaran paket yang ditawarkan.

Mengukur kecepatan internet adalah hal yang dapat dilakukan untuk membuktikan apakah paket ini benar atau salah. Namun, Anda harus memahami terlebih dulu satuan untuk mengukur kecepatan akses internet sebelum membaca hasilnya. Karena, kadang-kadang satuan yang digunakan untuk mengukur di komputer sedikit berbeda dengan satuan yang digunakan untuk menawarkan paket.

Contohnya, kadang di komputer menggunakan satuan MB/s sedangkan paket yang ditawarkan dalam satuan Mbps. Kedua satuan ini pastinya memiliki ukuran yang sangat berbeda jauh satu dengan yang lainnya.

Jika Anda sudah paham, Anda dapat menggunakan salah satu laman web yang menyediakan fitur untuk mengukur kecepatan internet. Kali ini saya akan menggunakan Speedtest.net. Laman ini merupakan salah satu laman yang menyediakan pengukur kecepatan akses internet yang cukup populer di kalangan pengguna internet.

Cek Kecepatan Indihome dengan Speedtest

Hasil Speedtest

Jika Anda ingin menggukur kecepatan layanan internet, pertama-tama yang perlu dipastikan adalah Anda harus benar-benar terkoneksi dengan layanan internet yang akan diukur. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langka-langkah berikut ini

  1. Buka laman http://www.speedtest.net
  2. Jika sudah terbuka dengan sepenuhnya, cari tombol Begin Test dan klik tombol tersebut
  3. Tunggu proses selesai, karena laman tersebut akan melakukan pengujian proses ping, upload dan download
  4. Jika sudah selesai, laman akan menampilkan hasil pengujian dalam tiga hal, yaitu kualitas ping, kecepatan upload, dan kecepatan download

Perlu diperhatikan bahwa semakin besar nilai ping yang dihasilkan pada pengujian kecepatan, maka semakin buruk kualitas internet. Namun berkebalikan dengan ini, semakin besar nilai kecepatan upload dan download, maka semakin baik kualitas internet yang diukur.

Leave a Comment