Tips dan Trik Operator Seluler

Cara Cek Kecepatan Internet WiFi IndiHome Buat Diagnosa Gangguan

Cara Cek Kecepatan WiFi IndiHome - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Supaya dapat berselancar, streaming video, bermain game online, maupun mengakses konferensi video dengan lancar, kita tentu saja memerlukan layanan internet dengan kecepatan yang cukup.

IndiHome sebagai salah satu penyedia layanan internet dengan jaringan kabel fiber optik pun dapat menjadi alternatif yang pas untuk hal tersebut. IndiHome soalnya mempunyai berbagai macam produk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Kecepatan jaringan internet yang bisa dipilih juga sangat beragam. Kita bisa menyesuaikannya dengan aktivitas harian yang kita miliki karena masing-masing tentu mempunyai kebutuhan transmisi data berbeda-beda.

Hanya saja sayangnya IndiHome memang mempunyai sistem batas pemakaian wajar atau biasa disebut juga dengan FUP (Fair Usage Policy). Jadi kecepatan internet yang ditawarkannya bisa melambat sewaktu-waktu saat sudah terpenuhi.

Belum lagi, sering juga terdengar bahwa penyedia layanan internet rumahan ini kerap mengalami gangguan. Kualitas jaringannya pun dapat menurun karena hal itu dan membuat aktivitas kita menjadi berantakan.

Cara mengecek kecepatan internet di jaringan WiFi milik IndiHome makanya perlu kita pelajari. Dengan begitu, kita setidaknya dapat memastikan apakah benar-benar terjadi penurunan atau tidak sebelum melaporkannya.

Untungnya, mengecek kecepatan jaringan WiFi IndiHome bukan perkara yang rumit. Ada beberapa layanan yang bisa digunakan untuk melakukannya baik melalui komputer, tablet, maupun handphone.

Cara Mengecek Kecepatan WiFi IndiHome

Memakai Peramban

  • Buka peramban
  • Kunjungi layanan www.speedtest.net
  • Ketuk tombol Go
  • Tunggu layanan melakukan pengukuran kecepatan

Speedtest.net merupakan layanan penguji kinerja jaringan internet yang dikembangkan oleh Oolkla. Selain mudah untuk digunakan, informasi yang dimilikinya juga sangat lengkap di mana termasuk kecepatan download, upload, ping, server, hingga nama operator.

Yang cukup menarik, web dari layanan uji kecepatan internet ini bisa diakses melalui peramban komputer maupun handphone. Kita yang mau lebih praktis juga bisa membukanya lewat aplikasi mereka.

Memakai Aplikasi

  • Pasang aplikasi Speedtest by Ookla sesuai sistem operasi yang digunakan
  • Buka aplikasi tersebut
  • Lakukan pengaturan awal seperti menyetel izin pemakaian lokasi hingga telepon
  • Setelah berada di tampilan utama, pastikan masuk ke tab Speed
  • Tekan tombol Go
  • Tunggu layanan selesai menguji jaringan

Aplikasi Speedtest by Ookla tersedia untuk berbagai macam sistem operasi melalui halaman www.speedtest.net/apps. Termasuk di antaranya meliputi iOS, Android, Mac OS, maupun Microsoft Windows.

Perlu diingat bahwa Speedtest by Ookla tentu bukan satu-satunya layanan yang bisa kita pakai untuk mengecek kecepatan jaringan WiFi IndiHome. Masih banyak web atau aplikasi lain yang menawarkan dukungan serupa seperti Google Fiber Speedtest, Fast.com, dan Wi-Fi Toolkit.

Tinggalkan Komentar