Tips dan Trik

Apa Sih Perbedaan Kecepatan Internet Mbps dengan MB/s?

Perbedaan Kecepatan Internet Mbps dengan MB/s Header[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Mbps dan MB/s merupakan dua hal yang berbeda, namun masih banyak pengguna beranggapan kedua satuan tersebut memiliki ukuran yang sama.

Penyedia jasa internet biasanya mempromosikan layanannya diikuti embel-embel Mbps atau MB/s untuk menunjukan kecepatan aksesnya. Tak jarang, beberapa pengguna tertipu dengan nilai yang cukup besar tanpa memperhatikan satuan yang digunakan di belakangnya.

Oh iya, sebelum melangkah lebih jauh, bagi Gadgeter yang bingung dengan Satuan dan Nilai akan saya jelaskan sedikit. Nilai adalah angka yang tertera sebelum satuan, sedangkan satuan adalah simbol yang dapat berupa huruf, karakter, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, jika tertera kecepatan 5 MB/S, maka nilainya adalah 5 dan MB/S adalah satuannya.

Kembali ke topik ya, pada dasarnya, huruf b dan B di satuan yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses internet memiliki arti berbeda. b (huruf b kecil) memiliki kepanjangan bit, sedangkan B (huruf b kapital) memiliki kepanjangan Byte atau Bita jika diartikan dalam bahasa Indonesia, yang mana 1 Bita sama dengan 8 bit.

Sehingga, tentu saja satuan Mbps dan MB/s memiliki ukuran yang berbeda. Jika angka yang tertera sama, Mbps yang memiliki kepanjangan mega bit per second tentu berukuran lebih kecil dari pada MB/s (mega byte per second). Seperti dijelaskan pada ulasan sebelumnya, MB/s memiliki ukuran delapan kali lipat ukuran Mbps.

Sebagai contohnya, semisal operator A menawarkan internet berkecepatan 5 Mbps, maka sesungguhnya kecepatan internet yang ditawarkan oleh penyedia jasa adalah 0,625 MB/s atau 625 KB/s.

Satuan bit biasanya digunakan oleh para penyedia layanan internet, sedangkan pada komputer yang kita gunakan biasanya menggunakan satuan Byte. Jadi, Gadgeter tidak perlu merasa tertipu jika kecepatan yang ditawarkan penyedia internet dengan yang tertera pada komputer berbeda (terlihat lebih kecil).

Meskipun kedua satuan ini berbeda, bit dan Byte memiliki tingkatan yang sama, yaitu bit/Byte, kilo, mega, giga, dan seterusnya. Penulisannya pun hampir sama, semisal mega bit ditulis dengan Mb dan mega Byte ditulis dengan MB.

Demikian ulasan mengenai perbedaan kecepatan internet Mbps dengan MB/s yang juga biasa ditulis dengan MBps. Semoga Gadgeter lebih teliti dalam menentukan paket internet, dan tidak mudah tergiur dengan kecepatan yang ditawarkan penyedia internet dengan nilai yang tinggi.

Leave a Comment