Tips dan Trik

Cara Update MIUI 9 Untuk Jejeran Perangkat Yang Sudah Bisa Mencobanya

Cara Update MIUI 9 Header

GADGETREN – Kamu para pengguna perangkat Xiaomi pastinya ingin tahu bagaimana cara update MIUI 9 yang sudah mulai bisa dicicipi di smartphone yang mendapatkannya.

MIUI 9 merupakan sistem operasi terbaru besutan Xiaomi untuk perangkat – perangkat mereka. Kehadiran MIUI 9 sendiri cukup dinantikan karena akan ada berbagai penambahan fitur berguna seperti split-screen untuk meningkatkan produktivitas.

MIUI 9 sendiri berbasis sistem operasi Android Nougat dikarenakan saat ini versi tersebut yang sudah cukup matang sedangkan Android Oreo baru saja diumumkan. Kalau kamu ingin tahu apakah smartphone Xiaomi kamu akan mendapatkan bisa lansung mengunjungi halaman ini.

Lalu bagaimana cara update MIUI 9? Seperti biasa ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan seperti flashing, melalui over-the-air (OTA), atau manual melalui updater. Yang paling aman tentu saja melalui OTA yang akan memberikan notifikasi di perangkat saat sudah tersedia. Kalau kamu sudah tidak sabar untuk mecicipi MIUI terbaru maka bisa menggunakan metode lain.

Saat artikel ini diturunkan MIUI 9 Global Stable belum dirilis, namun untuk perangkat Xiaomi Redmi Note 5A, Mi MIX, Mi6, 5c, Mi 5X, dan Mi Note 5 sudah tersedia versi ROM Developer. Perangkat lainnya masih dalam tahap Beta dengan berbagai resiko bug lebih banyak yang akan muncul kalau kamu gunakan.

Pada artikel ini saya akan memberikan cara update MIUI 9 melalui updater untuk jejeran perangkat tersebut. Tentu saja cara ini bisa dilakukan untuk perangkat lainnya jika memang sudah tersedia untuk perangkat kamu miliki saat ini.

Cara Update MIUI 9 untuk Perangkat Xiaomi

  • Download ROM MIUI 9 di halaman resmi Xiaomi ini sesuai dengan model smartphone kamu.MIUI 9 Developer ROM Download
  • Pindahkan file yang sudah kamu download tersebut dalam bentuk .zip ke folder downloaded_rom di penyimpanan internal smartphone.
  • Jalankan aplikasi Updater di smartphone yang merupakan aplikasi bawaan dari Xiaomi
  • Pada pojok atas kamu akan menemukan simbol 3 titik. Klik simbol tersebut dan pilih menu Choose Update PackageMIUI Updater
  • Pilih file ROM MIUI 9 yang sudah kamu download sebelumnya di folder downloaded_rom
  • Tunggu hingga proses selesai hingga perangkat Xiaomi melakukan Reboot otomatis
  • Xiaomi kamu kini sudah menjalankan MIUI 9

Selain melalui Updater kamu juga bisa menggunakan file .zip tersebut di modus Recovery maupun TWRP. Cara update MIUI 9 tersebut mudah bukan? Sebaiknya kamu menghindari metode flashing jika memang tidak terlalu mengerti karena kalau kamu salah flashing bisa menyebabkan kerusakan yang cukup fatal seperti hilangnya IMEI.

Buat kamu yang smartphone-nya belum mendapatkan MIUI 9 harus bersabar karena Xiaomi akan merilisnya dalam tiga gelombang. Jadi tenang saja, kamu pasti akan kebagian selama itu bukan perangkat keluaran sangat lama seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya.

Leave a Comment