Tips dan Trik

Belum Yakin Mau Upgrade? Ini lho Perbedaan MIUI 9 dan MIUI 10 yang Bisa Dipertimbangkan

Perbedaan MIUI 9 dan MIUI 10 Header

Gadgetren – Hadirnya MIUI 10 yang diumumkan pada bulan Mei 2018 lalu, tentunya membawa beberapa peningkatan jika dibandingkan dengan sistem khusus buatan Xiaomi sebelumnya, yakni MIUI 9.

Peningkatannya pun bisa dibilang cukup signifikan, dari mulai kinerjanya, desain, hingga fitur-fitur baru yang dapat memberikan utilitas tambahan bagi pengguna sehingga mereka dapat lebih mudah menjalani aktivitas hariannya.

Setidaknya ada empat poin penting yang bisa dilihat dari perbedaan antara MIUI 9 dan MIUI 10. Untuk lebih jelasnya, empat poin yang dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Kinerja Meningkat Namun Baterai Lebih Hemat

Seperti dalam pengumuman pertamanya, MIUI 10 ini dibangun dengan dukungan sistem kecerdasan buatan yang disebut dengan Artificial Intelligence (AI) Preload, yang mana bisa mengurangi waktu pemuatan aplikasi atau fungsi UI (User Interface).

Berkat dukungan sistem kecerdasan buatan ini, sistem MIUI 10 menawarkan kinerja yang lebih mulus dan lebih efisien jika dibandingkan dengan sistem-sistem pendahulunya, termasuk MIUI 9 di dalamnya.

Sistem kecerdasan buatan tersebut akan melakukan pra pemuatan aplikasi dan mengelola sumber daya disesuaikan dengan pola penggunaan dan rutinitas harian dari pengguna.

Desain Dirombak Habis-Habisan

Di sisi tampilan, MIUI 10 juga membawa tampilan yang sangat jauh berbeda dari MIUI 9. Sistem khusus buatan MIUI ini tidak hanya menawarkan UI yang lebih elegan dan rapi, tetapi juga menawarkan animasi yang lebih halus.

Selain itu, karena MIUI 10 dirancang bagi perangkat-perangkat yang memiliki layar penuh atau bezel less, MIUI 10 dilengkapi dengan gesture khusus ala Android 9 Pie, seperti usap ke atas untuk masuk ke home screen, usap ke atas dan tahan untuk membuka recent app, serta gesture khusus lainnya.

Perbedaan MIUI 9 dan MIUI 10 - desain

Tampilan slider pengaturan cahaya dan volume suara pun dirombak dengan lebih cantik, dan bahkan untuk pengaturan volume suara dibuat sangat mirip dengan volume slider yang juga ada di Android 9 Pie.

Tampilan recent app di MIUI 10 juga dibuat ulang dengan tampilan yang lebih mudah digunakan untuk berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain saat sedang melakukan multitasking.

Lock screen, halaman settings, panel notifikasi, dan tampilan lainnya pun memperoleh beberapa peningkatan, seperti penggunaan ikon yang lebih sederhana dan tampilan yang lebih bersih.

Tambah Fitur Baru Dan Fitur Lama Ditingkatkan

Selain membawa fitur-fitur lama yang ditingkatkan, seperti Picture-in-picture, autofill, screen recording, dan fitur lain di MIUI 9, MIUI 10 juga mengenalkan beberapa fitur baru di dalamnya.

Salah satunya adalah fitur AI Potrait, yang menawarkan kemampuan pengambilan gambar bokeh (latar blur) pada perangkat-perangkat yang tidak didukung oleh kamera dengan lensa ganda.

Ada Kekurangannya?

Meskipun menawarkan beberapa kelebihan, MIUI 10 ternyata membawa kekurangan jika dibandingkan dengan MIUI 9. Di sistem terbaru buatan Xiaomi ini, perusahaan tersebut tampaknya lebih gencar menampilkan iklan.

Jika di MIUI 9 beberapa pengguna Xiaomi telah mengeluhkan banyak iklan yang sering muncul, maka di MIUI 10 ini iklan yang muncul lebih banyak lagi, dari mulai di atas widget hingga dalam aplikasi musik bawaannya.

Tinggalkan Komentar