ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

7 Fitur Unggulan Dari MIUI 7

MIUI 7 logo

Kemarin secara resmi Xiaomi meluncurkan MIUI terbarunya, MIUI 7, secara global. Bisa dibilang MIUI ini merupakan sistem operasi yang dikustomasi dari Android oleh Xiaomi.

Menurut pihak Xiaomi, MIUI 7 ini memiliki antarmuka yang cerah dengan performa yang lebih baik, baterai yang lebih hemat dan pilihan personalisasi yang lebih banyak. Perangkat yang menggunakan MIUI 7 dapat merasakan performa 30% lebih cepat saat membuka aplikasi sistem dan menghemat hingga 10% dalam penggunaan baterai.

Selain itu, Hugo Barra selaku Vice President dari Xiaomi Global mengatakan bahwa MIUI 7 memberikan angin segar dalam sistem operasi kami yang sudah terkemuka dan dicintai oleh lebih dari 150 juta pengguna. Kami yakin dengan berbagai macam fitur terbaru yang kami hadirkan, para pengguna dapat merasakan langsung perbedaannya saat pertama kali menghidupkan perangkatnya dengan MIUI 7.

Dengan pilihan sistem antarmuka yang lebih banyak, profil video untuk panggilan yang dapat dikostumisasi dengan Showtime, dan berbagai macam pilihan personalisasi lainnya, MIUI 7 pantas disebut ‘Yours by Design’. Lanjut Hugo Barra.

Nantinya MIUI 7 akan tersedia dalam versi beta mulai 24 Agustus 2015 dan dapat diunduh melalui situs MIUI global. Nah sebelum mencoba MIUI 7 ini pembaca dapat melihat terlebih dahulu fitur terbaru yang dibawa oleh Xiaomi pada MIUI terbaru ini.

Untuk itu, bagi pembaca yang penasaran dengan fitur terbaru yang dibawa MIUI 7 ini dapat melihatnya pada informasi yang saya sajikan sebagai berikut.

Sistem antar muka

Xiaomi memasukkan berbagai pilihan tema ke dalam MIUI 7 untuk empat sistem antar muka baru yang dapat dipilih ketika perangkat dihidupkan. Pengguna dapat memilih antar muka dengan warna merah muda yang mewah terinspirasi dari fesyen kelas atas (Rosé), merah muda pastel menyenangkan (Pink Blush), biru yang lembut (Ocean Breeze), and dan coklat keemasan bagi mereka yang merupakansophisticated gentlemen (High Life).

Showtime

Panggilan telepon menjadi lebih menyenangkan dengan fitur dari MIUI 7 yang akan lebih dulu hadir di India, dan akan secara bertahap diluncurkan di pasar lainnya. Tidak hanya menampilkan nama dan nomor telepon, ataupun foto profil yang statis, Showtime memungkinkan para pengguna MIUI untuk menyelipkan sebuah video singkat yang otomatis muncul dan dimainkan saat kontak yang bersangkutan menghubungi.

Auto DND

MIUI 7 membuat Mi Band lebih berperan dalam mengatur panggilan dan notifikasi. Ketika Mi Band mendeteksi pengguna sedang tertidur, maka MIUI 7 akan mengaktifkan mode Do Not Disturb (DND) dan mengubah perangkat secara otomatis ke mode diam, memastikan pengguna tidak terganggu saat tidur. Ketika pengguna tersebut bangun, fitur DND akan secara otomatis mati dan kembali ke normal.

XXL Text

Mengaplikasikan jenis tulisan besar dalam smartphone dapat menyusahkan sebagian orang. Hal ini disebabkan oleh kurang optimalnya sistem antar muka perusahaan smartphone lainnya. MIUI 7 menghadirkan XXL Text, yang memastikan tulisan ukuran besar dapat tetap optimal dalam layar.

MIUI Data Saver

Didukung dengan teknologi kompresi Opera Max, MIUI Data Saver akan segera tersedia di seluruh dunia dalam beberapa bulan ke depan, menawarkan fitur penyimpanan data yang substansial bagi seluruh aplikasi. Dengan mengirimkan foto dan video ke dalam cloudOpera dan mengecilkan ukurannya sebelum dikirimkan kembali ke perangkat pengguna, fitur ini memungkinkan penghematan mobile data hingga 50%.

Baby Album

MIUI 7 memungkinkan teknologi face recognition untuk secara otomatis mengidentifikasi wajah bayi dan mengelompokkan foto mereka, agar orang tua dapat melihat dan kilas balik pertumbuhan buah hatinya dalam bentuk foto. Foto-foto ini dapat dijadikan slideshow dilockscreen. Baby Album akan tersedia di India terlebih dahulu, dan akan secara bertahap diluncurkan di pasar lainnya.

Daily Lockscreen

Setiap hari, akan ada gambar baru yang dipilih dari koleksi foto yang indah, berkualitas tinggi, termasuk yang sudah mendapatkan banyak penghargaan. Fitur ini tersedia di India terlebih dahulu, dan ketersediaannya untuk pasar global akan diumumkan kemudian hari.

Untuk dapat menikmati MIUI 7 versi beta ini pembaca harus memiliki salah satu ponsel pintar yang telah mendukung sistem operasi tersebut yang terdiri dari Mi 4i, Redmi 2, Redmi 1S, Mi 4, Mi 3, Redmi Note 3G, dan Redmi Note 4G.

[sumber : press release resmi Xiaomi]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar