Review Smartphone

Review Vivo V5s : Smartphone dengan Kamera Depan 20 MP yang Bisa Group Selfie dan App Clone

Vivo merupakan salah satu vendor asal negeri Tirai Bambu yang berhasil menduduki peringkat lima dunia dalam bidang smartphone. Bisa dibilang smartphone yang ditawarkan vendor yang satu ini menarik, terutama dalam segmen selfie.

Sebagai awalan smartphone selfie, Vivo terlebih dahulu meluncurkan smartphone Vivo V5 yang memiliki kamera depan dengan resolusi 20 MP yang bisa dibilang cukup menarik perhatian banyak orang ketika diluncurkan tahun lalu.

Selanjutnya, Vivo menghadirkan juga V5 Plus di Indonesia dengan dual-camera depan yang memiliki kombinasi 20 MP + 8 MP dan dapat menghasilkan foto bokeh yang menarik. Tak ketinggalan, Vivo V5 Lite berkamera selfie 16 MP dengan harga terjangkau pun ikut dihadirkan di tanah air.

Seiring berjalannya waktu, Vivo juga turut menghadirkan V5s yang merupakan pengembangan dari V5. Bisa dibilang spesifikasi hardware yang ditawarkan smartphone selfie ini hampir sama dengan V5, namun terdapat beberapa fitur baru yang menarik.

Nah, Saya berkesempatan dalam menguji coba V5s selama beberapa minggu. Untuk itu, bagi Gadgeter yang ingin mengetahui performa, fitur, dan kemampuan dari Vivo V5s Plus maka dapat melihatnya pada artikel review berikut ini.

Desain

v5s header

Bodi belakang smartphone yang satu ini memiliki desain antena melengkung ke atas dan bawah yang mirip dengan Vivo V5 Plus. Namun bagian depannya lebih terlihat mirip V5 karena V5s hanya memiliki satu kamera depan.

Bentuk dari V5s ini mirip dengan V5 dan V5 Plus sehingga nyama digengam dengan bahan yang kokoh. Selain itu, Vivo juga telah menyertakan cover belakang tambahan pada paket penjualannya agar tidak licin ketika digenggam.

Pada bagian kanannya terdapat tombol power dan volume. Sementara pada bagian kirinya terdapat SIM tray yang berfungsi untuk memasukkan dua kartu SIM. Selain itu, penggunanya dapat menyematkan microSD dengan mengorbankan slot kartu SIM 2.

Selanjutnya, menuju bagian bawah terdapat port jack audio 3,5 mm, port microUSB, dan speaker. Sementara pada bagian belakang kiri atasnya terdapat kamera utama 13 MP ditambah LED Flash. Sedangkan bagian depannya dilengkapi dengan tombol home fisik dan kamera depan ditambah softlight.

Kamera depan 20 MP dan kamera belakang 13 MP

Kamera Depan dengan resolusi 20 MP merupakan fitur yang paling diandalkan dari Vivo V5s. Bahkan kamera depannya juga dibekali dengan aperture f/2.0 dan sensor Sony IMX376 yang dapat menghasilkan foto selfie dengan bagus.

Bahkan kamera depannya juga telah dibekali dengan selfie softlight generasi terbaru yang memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan foto selfie lebih natural dan jelas.

Sementara kamera belakangnya memiliki resolusi 13 MP dengan aperture f/2.2, PDAF, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Menurut saya hasil foto dari V5s lebih bagus dibandingkan Vivo V5s.

Vivo juga telah menyematkan beragam mode untuk kamera belakangnya, seperti Normal, Face Beauty, Panorama, HDR, Night, PPT, Pro, Videos, Fast, Slow, Watermark, Camera Filter, Voice Capture, Touch Capture, Palm Capture, dan Timer untuk membuatnya penggunanya berkreasi.

Selanjutnya, kamera belakang Vivo V5s mampu mengambil multiple frame dengan waktu yang cepat dapat menghasilkan foto yang setara dengan foto beresolusi 52 MP. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan hasil foto dari kamera depan dan belakang Vivo V5 Plus maka dapat melihat foto di bawah ini :

Foto Bokeh

Foto Bokeh Vivo V5s

Foto HDR

Foto HDR Vivo V5s

Foto Selfie Vivo

Foto Selfie Vivo V5s

 

Group Selfie

Vivo V5s memiliki fitur group selfie yang belum dimiliki oleh Vivo V5, V5 Plus, maupun V5 Lite. Dengan hadirnya fitur ini memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto seflie dengan banyak orang maupun area yang luas.

Untuk menggunakannya, Gadgeter dapat membuka aplikasi kamera bawaan Vivo V5s. Selanjutnya, mengaktikfkan kamera depan dan memiliki menu Group Selfie. Untuk bisa menghasilkan foto selfie dengan banyak orang atau wefie maka Gadgeter dapat menekan tombol shutter dan menahanya sambil mengarahkan kamera depan ke kiri dan ke kanan agar gambar yang bisa diambil menjadi luas. Untuk melihat hasilnya, Gadgeter dapat melihat foto di bawah ini :

Group Selfie

Klik untuk Perbesar

App Clone

Vivo V5s App Clone

Selain Group Selfie, App Clone merupakan fitur yang hanya baru terdapat di Vivo V5s. Dengan hadirnya fitur ini memungkinkan penggunanya dapat mengaktifkan dua akun aplikasi sekaligus dalam satu smartphone. Untuk saat ini, App Clone di Vivo V5s baru mendukung aplikasi WhatsApp, LINE, BBM, Zalp, Viber, dan WeChat.

Smart Split 2.0

Smart Split

Fitur yan satu ini tidak kalah menarik dengan App Clone maupun Group Selfie. Dengan hadirnya Smart Split 2.0 memungkinkan penggunanya dapat melakukan multitasking aplikasi dengan mudah, dimana dapat membuka chat maupun SMS sambil menonton video.

Dengan kata lain, dua aplikasi dapat ditampilkan dalam satu layar sekaligus. Untuk saat ini, Smart Split 2.0 baru mendukung Facebook, LINE, Pesan, WeChat, WhatsApp, YouTube, Video, VLC untuk Android, MX Player, menonton film & TV, dan streaming video.

Hi-Fi

HiFi

Hampir sama dengan Vivo V5, smartphone yang satu ini juga dibekali dengan chip audio Hi-Fi AK4376. Dengan hadirnya chip ini memungkinkan V5s dapat menghasilkan kualitas suara yang merdu dan mejernih ketika mode Hi-Fi diaktifkan.

Untuk bisa mengaktikfkan mode Hi-Fi, Gadgeter dapat membuka aplikasi musik bawaan Vivo, yakni iMusic. Selanjutnya, Gadgeter dapat menekan tombol Hi-Fi yang berada di bagian kanan atas aplikasi ini. Sebagai tambahan, Gadgeter hanya bisa mengaktifkan mode Hi-Fi ketika sedangn menggunakan headphone maupun earphone.

Sensor Fingerprint 0,2 detik

Fingerprint

Vivo V5s dibekali dengan sensor fingerprint pada tombol home fisik di bagian depan. Sensor ini mampu merespon sidik jari penggunanya hanya dalam waktu 0,2 detik saja sehingga dapat membuka kunci smartphone dengan cepat.

Selain itu, penggunanya dapat membuka aplikasi langsung dari layar yang sedang istirahat hanya dengan menggeser jari ke bawah menuju arah tatakan sidik jari. Penggunanya tidak dapat menekan tombol home layaknya smartphone biasanya, melainkan hanya menyentuh saja dan bereaksi terhadap jari.

Super Screenshot

Salah satu yang menjadi daya tarik dari Vivo V5s ini adalah kemampuannya untuk mengambil gambar screenshot secara panjang. Misalnya saja Gadgeter membuka web dan ingin melakukan screenshot terhadap semua halamannya yang panjang. Tentunya fitur ini akan sangat berguna.

Namun screenshot panjang hanya bisa menggabungkan maksimal 15 halaman menjadi satu dan kemudian digabungkan menjadi satu. Untuk mengaksesnya, Gadgeter cukup menyapu layar dari bawah ke atas dan langsung memilih menu S-caputre.

Nantinya Gadgeter akan dihadapkan pada 4 pilihan menu yang terdiri dari Long Screenshot, Rectangular, Funny Screenshot, dan Screen Recording. Untuk melanjutkannya, Gadgeter dapat memilih Long Screenshot dan memilikih menu Next pada bagian kanan bawah smartphone. Setelah selesai maka langsung memilih menu Save.

Sekilas, Rectangular berfungsi untuk mengambil screenshot dengan bentuk kotak, Funny screenshot untuk mengambil screenshot dengan bentuk kotak, laso, pattern, maupun doodle, dan Screen Recording untuk merekam aktivitas yang dilakukan Gadgeter pada layar smartphone.

Performa

Vivo V5s dilengkapi dengan prosesor Mediatek MT6750 Octa-core berkecepatan 1,5 GHz dan proseso grafis Mali-T860MP2. Dalam mengimbangi kemampuan prosesornya, smartphone ini juga telah dibekali dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Apabila penyimpanannya kurang lega maka penggunanya dapat menambahkan microSD hingga kapasitas 256 GB yang harus mengorbankan slot SIM 2. Performa V5s bisa dibilang stabil ketika saya menjalankan berbagai aplikasi secara multitasking, seperti email, chat, SMS, telepon, dan masih banyak lagi. Sementara game Asphalt 8 : Airborne dan Asphalt 8 dapat dijalankan smartphone ini dengan lancar.

Baterai

Vivo telah membekali V5s dengan baterai yang memiliki kapasitas lumayan besar mencapai 3.000 mAh. Dalam pengujian baterainya, saya mencoba untuk melakukan penggunaan standar pada aktivitas sehari-hari, seperti SMS, browsing, Chat, dan telepon.

Setelah melakukan pengujian secara berkalai, Vivo V5s mampu bertahan mencapai 10 jam 10 menit dari kondisi 100% hingga titik kritis 15%. Namun waktu daya tahannya akan berbeda apabila Gadgeter menggunakan smartphone ini untuk bermain game nonstop, menonton video tanpa berhenti, atau menggunakan dua kartu SIM sekaligus.

Layar

Display

Smartphone yang satu ini dibekali dengan layar 5,5 inci yang beresolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS. Dengan hadirnya teknologi ini memungkinkan penggunanya masih dapat melihat dengan jelas gambar pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar smartphone, Vivo telah membekali V5s dengan kaca lengkung 2.5D anti gores Corning Gorilla Glass 5. Tak hanya itu, Vivo juga membekali smartphone ini dengan fitur Eye Protection Mode yang memungkinkan layar dapat menyaring warna biru sehingga tidak merusak mata penggunanya.

Kesimpulan

Setelah saya mencoba Vivo V5s selama beberapa minggu dan menjalankan aktivitas sehari-hari, bisa dibilang smartphone ini menawarkan hasil yang memuaskan dari segi performa maupun daya tahan baterainya. Selain itu, kemampuan kamera depan 20 MP dan fitur group selfie menjadi nilai tambah utama dalam smartphone ini.

Vivo V5s hadir dengan bodi yang ringan dan bentuk yang mudah digenggam oleh satu tangan. Dengan beragam fitur yang ditawarkan, bisa dibilang smartphone yang satu ini bisa menjadi pilihan Gadgeter di harga Rp 3.799.000.

Spesifikasi Lengkap Vivo V5s :

Prosesor Mediatek MT6750 Octa-core 1,5 GHz
Prosesor Grafis Mali-T860MP2
RAM 4 GB
Penyimpanan Internal 64 GB, microSD 256 GB
Layar IPS 5,5” HD (1.280 x 720 piksel) + Corning Gorilla Glass 3
Kamera 13 MP (Belakang) + 20 MP (Depan)
Baterai 3.000 mAh
Sistem Operasi FunTouch OS 3.0 berbasiskan Android 6.0
Jaringan Dual-SIM 4G / 3G / 2G
Bodi 153,8 mm x 75,5 mm x 7.6 mm
Sensor Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Compass
Harga Rp 3.799.000

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment