ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Tips dan Trik

Tips : Cara Mengembalikan MIUI 10 ke MIUI 9 Tanpa PC dengan Mudah

cara mengembalikan MIUI 10 ke MIUI 9

GADGETREN – MIUI 10 versi stabil global telah resmi dirilis oleh Xiaomi dan sudah bisa untuk dilakukan pembaruan ke sebagian perangkat.

Namun, terkadang ada yang kurang suka dengan versi terbaru ini karena beberapa hal dan ingin mengembalikan MIUI 10 ke MIUI 9 agar perangkat Xiaomi kamu semuanya kembali berjalan normal.

Proses ini paling lazim digunakan dengan metode flash ulang perangkat kamu agar bisa downgrade dari MIUI 10 ke MIUI 9 atau vers lainnya seperti pada perangkat Android, hanya beda Tools saja. Jadi sebaiknya kamu memindahkan seluruh data penting ke tempat lain terlebih dahulu karena perangkat akan kembali bersih seperti melakukan reset.

Untuk cara mengembalikan MIUI 10 ke MIUI 9 atau ke versi lama lainnya sebenarnya sama saja dengan melakukan upgrade karena sama-sama berhubungan dengan proses “update”.

Ada dua metode yang dapat dilakukan, yakni Updater dan Fastboot. Cara Updater dengan file.zip memang lebih mudah karena bisa dilakukan tanpa PC atau laptop sekalipun. Sedangkan untuk Fastboot lebih minim masalah, tetapi mempunyai proses yang lebih rumit dan beresiko.

Berikut cara downgrade MIUI 10 ke 9 yang bisa dilakukan tanpa PC atau melalui Fastboot yang lebih bagus.

Cara Downgrade MIUI 10 ke 9 Tanpa PC Lewat Updater

  1. Download versi MIUI ROM 9 dengan format .zip di halaman resmi Xiaomi ini. Pastikan sesuai dengan perangkat kamu, jangan sampai salah karena malah akan membuat errorDowngrade MIUI Xiaomi Mi 4i ROM
  2. Pindahkan file miui_.zip yang telah kamu download ke folder “downloaded_rom” di penyimpanan internal
  3. Jalankan aplikasi Updater bawaan dari Xiaomi
  4. Klik lambah tiga titik pada bagian kanan atas lalu pilih menu Choose update packageMIUI Downgrade Updater
  5. Selanjutnya kamu pilih file MIUI ROM yang telah dipindahkan tadi
  6. Proses akan langsung berjalan dan perangkat Xiaomi kamu akan melakukan reboot dengan sendiri ketika sudah selesai

Cara ini tergolong cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, salah satu kekurangannya menggunakan metode ini itu terkadang muncul beberapa bug secara tiba-tiba yang bervariasi tiap perangkat. Oleh karena itu, selalu lakukan clear cache dan data setelah melakukan flashing.

Cara Mengembalikan MIUI 10 ke MIUI 9 dengan MiFlash Tool

  1. Pastikan perangkat Xiaomi kamu sudah unlock dikarenakan beberapa perangkat sudah langsung unlock (Cek halaman ini untuk cara mengetahuinya).
  2. Download MiFlash Tool di halaman resmi Xiaomi ini.
  3. Install MiFlash Tool lalu jalankan MiFlash.exe
  4. Download ROM MIUI dengan format .tgz yang kamu inginkan sesuai dengan model perangkat di halaman resmi Xiaomi ini atau bisa juga dari halaman ini jika tidak menemukan.
  5. Decompress ROM MIUI yang telah didownloadDograde MIUI ROM Flash Tool Decompress
  6. Setelah semua data telah siap, saatnya mulai untuk melakukan flash downgrade MIUI 9 ke MIUI 8.
  7. Masuk ke modus Fastboot denggan cara matikan perangkat lalu tekan dan tahan tombol Volume – dan Power secara bersamaan untuk beberapa saat.
  8. Hubungkan perangkat ke komputer atau laptop setelah logo Fasboot muncul.downgrade MIUI 8 ke MIUI 7 Fastboot logo
  9. Pada program MiFlash klik Refresh (kuning) agar perangkat terdeteksi secara otomatis, lalu masukkan alamat ROM yang sebelumnya telah download (biru) dan klik Flash (merah) untuk memulai proses.Downgrade MIUI ROM Flash Tool Flashing
  10. Tunggu hingga bar proses penuh dan muncul tulisan sukses (oranye).
  11. Perangkat akan otomatis Restart dan perangkat sudaah berubah versi MIUI.Downgrade MIUI ROM Flash Tool Progress

Metode Fastboot sebaiknya dilakukan oleh orang yang paham mengenai perangka smartphone sehingga bagi kamu yang ragu atau tidak terlalu mengerti sebaiknya tidak melakukan proses ini karena dapat menyebabkan perangkat brick jika salah dilakukan. Kalau memang yakin untuk melakukan cara downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 ini dan siap menerima resiko jika terjadi sesuatu terhadap perangkat.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar

284 Komentar

  • Mas kok di link download miui 8 itu aq cek gak ada yg buat xiaomi redmi 3?
    Adanya yg redmi 3s/prime/3a aja..
    Ini hp q xiaomi redmi 3..
    Kira2 pake yg itu bisa nggak ya??

  • mas mau nanya , kalo setelah update dari mui 8 ke mui 9 tombol navigasi tdk berfungsi , kalo di turunin versi ke mui 8 lagi apa bakalan berfungsi mas?

    • Kemungkinan bisa berfungsi lagi. Harusnya tombol navigasi ga boleh sampai ga bergfungsi gitu, coba di factory reset dulu

  • mas mau tanya bisa tidak melakukan fastbot dengan file yang berformatkan zip ?
    atau bisa kita rubah format zip nya atau download ulang ?

    • Metode fastboot ga bisa pake yang format .zip karena isi data di dalamnya beda
      Mengubah format juga tidak ada pengaruhnya, jadi memang harus download file yang sesuai untuk fastboot

  • Gan mau nanya nih kalo dari MIUI versi 9 mau didowngrade langsung ke MIUI versi 7, itu bisa nggak pke cara yg diatas???? Mohon pencerahan..

  • Gan saya punya hp xiomi note 3pro saya sudah berhasil downgrade miui 9 ke miui 8 tapi malah berkas saya/file manager hilang hp pun kena masalah gada berkas file gimana solusinya gan minta pencerahannya gan

    • Tandanya dikunci sama Xiaomi, biasanya perangkat keluarga Redmi 3
      Harus lewat bootloader di unlock dulu atau bisa flash TWRP

  • Gan redmi 4x ane versinya di update ke miui 8.5, di versi ini panas banget kalau buat gaming, sebelumnya ane pake versi 8.2 diversi ini ga terlalu panas. Ane mau downgrade nih, yg lebih aman yg mana gan? Pake miFlash atau di updater aja?

  • Maaf gan mau tanya dong… posisi rom skrng MIUI 9 Global 7.9.22 (BETA).. Nah masih banyak errornya gan… berasa banget sih di notifications nya… kalo mau turun ke MIUI 8 caranya sama gan??

    Mohon pencerahannya gan..

  • ass, maaf sya mau minta solusinya soalnya hp saya redmi note 3(2Gb) klau mau rekam video gak bisa, terus kalau nelpon gk kluar suaranya dari sya maupun yng nelpon, terimakasih

  • Maaf saya pakai xiaomi redmi 3, saya sudah upgrade ke miui 8.5.2.0, tapi jaringan 4g tidak ada, saya harus download versi miui apa supaya bisa 4g lagi? Kalau lewat updater

    • Mas mau tanya itu koo… Saya mau nurunin ke miui 7 dari 8 tapi ko tersediannya hanya miui 9. Itu sebenernya kalo ke konter bisa tidak si gan…

  • gan itu milih yg mana versinya yg miui 7. itukan ada 3.. kata agan jgn smpe salah. nah sy bingung cara liat yg buat hp sy yg mana…
    trimakasih gan mohon d jwb.

  • gan,mau tanya nih HP saya xiomi redmi 3S setelah perbarui versi 8.5.3.0 jadi sering mati”an terus,,kenapa ya?versi sebelumnya saya lupa…mohon pencerahannya dan solusinya

  • Gan hp saya kan redmi 3x distributor, terus saya upgrade ke mui 8 versi beta, terus suaranya jadi speaker rusak gitu.
    Solusinya gimana gan?

  • Assalamu’alaikum Wr. Wb. & Salam Sejahtera untuk kita smua.
    Gan mau tnya nih , kan hp gua mi 4i terus skarang lagi heng2 baterainya , cepat2 mati gitu dan di cas biasa terlihat gambar baterainya full tapi ngak lama kemudian hp nya mati jdi skarang gua harus hidupin dgn cas terus ., kira2 solusinya gimana apakah ganti baterai atau kah sistemnyayg ada kerusakan ., karena ada sbagian teman sy mengatakan bahwa biasa karena sistemnya yg tidak sesuai dengan versi hp androidnya. Dan juga sy punya hp versi MIUI 8.2.2.2 LXIMIDL , itu ngak ada datanya untuk di download di alamat yg Agan kasihkan ., mohon di tanggapi gan.
    Sebelumnya Terima Kasih.

  • gan mo tanya nihh , hp kalau sering2 mati yg rusak apanya yahh ?? apakah sistemnya hp nya atau baterainya ?? karena ada sbagian teman sy mengatakan biasa sistem hp nya yang rusak atau bermasalah, jdi tidak sesuai dengan versinya ., hp sy xiaomi mi 4i versi MIUI 8.2.2.0 LXIMIDL , dan versi tsb tidak ada di alamat MIUI Rom tipe hp gua ,, kira2 solusinya bgaimna itu gan apa mau mengikuti cara yg pertama saja soalnya pernah tes cara yg kedua gagal dan eror ketika bar proses instalnya.

  • Bos tanya dulu hp saya resmi not 3 pro diupgred beberapa kali sekarang miui 8.7.7.13 4g tak bisa suporter lagi masih bisa kah di kembalikan ke miui 7 bawaan nya trmksh

  • Gan saya pake redmi note 1 4g, setelah downgrade ga masuk” gan booting nya…sebaiknya digimanain ya gan?
    Trims

  • Tolong dibantu ya gan, udah saya download 1.3gb di web yg di atas. udah saya pilih yg package update tp tulisanya can’t verify update. Gimana ya. Help me, asap.

  • Mi 5 saya mau downgrade rom 8 ke 7 .. error “the system can’t find the file specified (0x80070002: execute flash_all_except_data_storage.bat”
    ada solusi broo… trimmmsssss 🙂
    akan snngat membantu buat saya master… 🙂

  • Gan… Saya sdh mengikuti petunjuk dari agan tentang mendown grade dari MIUI 8 ke MIUI 7, tapi saat memilih menu Choose update package tidak bisa & muncul tulisan tidak dapat verifikasi pembaruan. Mohon pencerahannya gan. Terimakasih sebelumnya.

  • hp saya redmi 3s rom V8.1.1.0.
    aplikasi google maps saya bisa mendeteksi lokasi saya dengan benar
    tetapi saat memberi petunjuk jalan dari lokasi saya ke tempat yg dituju kenapa arah panah yg seharusnya jalan mengikuti saya hanya diam di lokasi awal
    tidak seperti kerja google maps pada umumnya
    mohon pencerahannya terima kasih

  • Gan saya di redmi 3 saya mau downgrade dari 8.2 ke 8.1 apakah akan terhapus file instalan nya. Dan apakah fix 4g. Terimkasiih

  • sorry, flash older version is not allowed.
    kalo keterangannya gt knp gan? sy pengguna xiaomi mi4c miui. v8.2.30. nougat. mw downgrade ke v.8.1.30 lolipop…. rom yg sy pake rom china.

  • Gan, utk mi4c apa bisa pake cara yg pertama (tanpa pc) utk downgrade dari rom china miui 8 nougat ke miui 8 lollipop

  • Heh otak dimana?
    sehat…?

    bikin artikel judulnya tanpa pc,
    tp tool nya harus di jalanin di pc….

    heran ah

  • gan kalau MIUI 8 versi Beta memang gak bisa gunakan cara diatas ya??
    saya kok gagal terus, keteragan di aplikasi MiFlash sudah Flashdone- Succes tapi tidak reboot otomatis sudah coba ke versi MIUI 5 tetap gak bisa gan, dan ketika direboot manual juga masih gunakan MIui 8 Beta, Mohon bantuan nya gan. Tq

  • Malam
    Gan mau nanya, ah pengguna resmi note 3 pake MIUI 8 tapi mau d downgrade k 7 soalnya 4 nya ilang ,,
    Sy coba tutorial d atas tapi ga nemu download versi 7 nya,,
    Tolong bantu untuk Link donwloadnya dong gan.
    Makasih

  • Gan saya user redmi 2. Saya pake miui8 pengen downgrade ke miui 7 saya udah ikutin semua tutorialnya cara downgrade pake updater tapi kok masih miui 8 ya? Dan kali ini ram saya sisa 300an mb dari 1gb dan bikin hp saya nge lag parah.. apa saya salah download ya ?? Dan solusinya gimana gan?

  • Gan.. . Tolong bantuannya.. . Sya pengguna redmi 3 pro.. Setelah upgrade MIUI 8.I.3.0. Camera depan gelap tp bisa klo dipake video call lewat aplikasi apa ajha… Tp klo di pke selfie lewat kamera bawaan hape normal2 ajha.. .. Gmn solusi ya?

  • Ganti rom global ke cina gimana gan.. Soalnya abis upgrade ke lolipop sinyal hilang.. Terus udah ngoprek.. Sinyal udah kembali tapi menu pengaturan gak bisa dibuka… Mohon pencerahannya mastah!!

  • Misi gan saya mau minta solusinya gan, hp saya redmi 2 4g kemaren habis upgradre rom ternyata saya pake rom buat redmi 2 prime dan jaringan saya hilang menu seting ga bisa dibuka, miui saya yg di hp sekarang V8.7.4.6 dan saya udah download versi miui_HM2XWCGlobal_V7.5.2.0.KHJMIDE_0cb9001382_4.4 tapi pas coba cara agan tulisan update failed, minta solusinya gan buntu banget nih ???

  • gan mau nanya saya kemaren salah upgrade malah pake rom buat redmi 2 prime hp saya redmi 2 4g ekor 11, mau downgrade udah saya download romnya yang v7.5.2.0.KHJMIDE punya saya yg udah terisntal Miui 8 7.4.6, soalnya pake miui 8 tersebut sinyal gsm saya hilang ga bisa kebaca sama sekali gan, pas saya coba cara agan tersebut ada tulisan instal update.zip failed, solusinya gimana ya gan mohon dibantu?

  • Kak download versi MIUI 7 nya yang mana ya? biar gk salah download, merek hpny Xiaomi Note 3 Pro.. Minta Link nya kak buat langsung download MIUI 7nya hihi

  • Gan..nanya
    Ane redmi3 awalnua miui 7 dan bisa 4g. Setelah upgrade ke miui 8 global, 4g ilang cuma bisa mentok di 3g.
    Udah coba ane downgrade pake cara di atas yg tanpa pc, ane downloadkan miui7, sukses. Tp kenapa pas ane cek masih miui 8 ya? Cuma versi os nya aja yg turun..versi miui nya tetep 8 dan tetep gak dapet 4g. Trims

  • gan beberapa hari ang lalu ane coba cara yang pertama di ponsel ane xiaomi redmi note 3 pro , pas semua udah selesai awalnya gak ada masalah apa apa tiba-tiba gak berlangsung lama muncul bug bug gitu gan di semua aplikasi kalo misalkan ane hidupin data seluler , hotspot , atau wifi di ponsel ane terus bug itu berisi perintah ang isinya nyuruh ane untuk ngirim laporan bug ke mi terus juga ada pilihan nya di bug ini . ada dua pilihan yaitu batal dan laporkan , karna perintahnya laporan ane coba klik yang laporan begitu ane klik gak terjadi apa apa malah bugnya muncul terus , lalu ane coba klik batalkan tapi tetep sama bug nya bermunculan terus dan bahkan bukan bugnya aja tapi kartu perdana yang tadinya tersambung di ponsel jadi terputus dn semua nomor di buku kontak elepon , gak cuma itu gan kalomisalkan ane mau bukatelepon atau ngetik nomor telepon ponsel ane otomatis te-restart sendiri , karena itu ane coba dengerin saran temen ane katanya kalo misalkan muncul bug lagi coba deh di klik tombol home kalo gak berhasil hapus aja apk downloader yang di pake buat nge-downgrade tadi , begitu ane coba klik tombol home gak berhasil . kemudian ane langsung berusaha cari file apk yang ane download terus ane hapus dan gak terjadi apa apa bugnya masih bermunculan , ane gak tau lagi gan harus pake cara apalagi hampir semua udah ane coba . tolong gan saran dan bantuannya ane butuh banget . maaf kalo panjang dan bertele tele . maaf juga ane curhat

    • udah coba reset ulang dulu? seperti yang dibilang di artikel, cara pertama memang suka munculin bug karena engga sebersih lewat mi flash tool

  • saya mau downgrade tapi pas pake cara langsung di HP itu ada tulisan cant verify update, dan dibilang cuma bisa update dengan stable version

    device Redmi Note 4

  • saya mau downgrade ini gan tapi malah keluar tulisan, cant verify update you’re allow to flash the newest develop version published by MIUI from stable version only. Di stable version gak ada versi dibawah miui 8

    Device : Redmi Note 4

  • Mau nnya ni gan, kalau misalkan kita gagal ganti rom hp nya bakalan mati total nggak atau cuma muncul logo xiaomi? Soal nya setelah saya update versi MIUI 8.2 stabil 8.2.1.0 nggak bisa 4G, tapi saya pengen ganti rom nya xiaomi mi5

  • bang hp ane redmi 3s ane naikin miui 8 kok malah kagak bisa wifi bluetooth nya bang trs cara nya gi mana bang butuh saran

    • pakai file rom yang bener ga? kalau salah model bisa bootloop. contohnya jangan pake ROM Redmi Note 3 Mediatek ke yang versi Snapdragon

  • kalo misalnya mau downgrade melalui updater tapi di internal memori hp saya gak ada file downloaded_rom,trus solusinya gimana?

    hp saya redmi note 3 MTK

  • bg mau tanya nih hp xiaomi saya redmi note 3, sekarang udah di upgread ke miui 8.2 stable bg kok banyak aplikasi yg gak bisa kebuka ya bg dan bahasa indonesianya juga hilang bg, mohon bantuannya bg
    newbie

  • Bang mw nanya. Hp saya xiaomi redmi note 3 pro, setelah update miui 8.1 kok gabisa 4G ya? 4G nya klo saya lwt *#*#4636#*#*. Pdhl sebelumnya bisa. Apakah harus di downgrade ke miui 7? Klo di downgrade kira kira resikonya besar gak ya klo pake cara yg tanpa PC?

    Dan apakah mulai miui 8 dan seterusnya,xiaomi redmi note 3 pro udh gabisa 4G?

    Mohon penjelasannya, dan terimakasih atas bantuannya…

  • Bang, kalo dari MIUI 8.1.6 bisa downgrade ke MIUI 8.0.1.0 apakah android versi nya marshmallow bisa kembali ke lollipop ga bang ?
    apakah cara updater bisa bikin hp mati total ya bang ?
    mohon bantuan nya ya bang

    • bisa kok, versi android mengikuti yang ada MIUI
      mati total sih ga akan, tapi kalo kemungkinan soft brick ada. Itu tinggal di flash ulang lagi

  • slmat mlam,sya punya xiomi note1w
    sinyalnya brmslah,sering hilang..apalagi d dlm kamar sinyalnya gk muncul mlhan…smua krtu sdah sya cba tp sma sja…untkversi miui.ya MIUi global 7.3|STABIL 7.3.1.0(KHDMIDD)

    minta sarannya agar sinyalnya normal kmbali

    • soal sinyal banyak sebabnya sih, pake casing metan atau gangguan sinyal di dalam kamar juga bisa jadi salah satu penyebab

  • Gan sy mau tanya hp sy kan redmi 3 pro sy cri link yg di atas. Ada redmi 3/prime trus setelah sy klik.. sy bingung mau pilih versi rom yg mana. ??
    Mohon di jawab gan.. sy ingin skali mengembalikan 4g sy di redmi 3 pro gan.. ?

  • Udah unduh filenya tapi pas mau downgrade ada tulisannya”tidak dapat verifikasi pembaruan” itu kenapa ya gan?

  • Kalo xiaomi redmi 3 pro dari 8.0.3.0 pengen ke versi 7 gmana gan caranya tapi tanpa bantuan laptop atau lain” nya.

  • Mau downgrad tapi bingung download file yg mana .mau tanya redmi 3pro itu termasuk yg mana…?soalnya gx ada di situsnya

      • Bang ane punya Xiaomi Redmi Note3 pro Setelah Update MIUI8 jadi Eror Speaker keresek2 kadang2 ilang total, terus video patah2 kalo nelfon ama lawan bicara kaga kedengeran, terus kalo ngerekam video suaranya kecil bener… Giaman ya gan solusinya Udh Di Software masih sama aja Apa Harus Ganti Speaker Tpi MIUInya Masih 8

  • gan pas ane update ke miui 8 kp jadi gabisa dengerin lagu ya , kaya speaker sama jack nya gabisa gitu gan tolong info dong

  • Gan sebelumnya gue mau nanya ,hp gue XIAOMII NOTE 3 PRO QUALCOM GLOBAL. gue kemaren baru udah update miui 8.1.4.0 terus 4G nya hilang , katanya musti downupgrade ke miui sebelum nya kalo mau 4G ada lagi ,waktu gue tes gan lewat updater pake file zip terus keluar notifikasi gagal mengunduh pembahuruan dsb, tolong solusinya gan

    • kasusnya sama kaya di bawa mulai dari MIUI 8.1.0 Xiaomi tidak meperbolehkan dan
      mengunci downgrade lewat updater untuk beberapa model. Jadi harus lewat fastboot atau recovery

  • Gan mau tanya reno3 saya setelah up miui 8.1.1. Kok banyak apk yg gak jalan atau fc kususnya game itu problem nya di mana yak udah otak atik sana sini tetep gk jalan. Tolong pencerahannya.

  • maaf gan numbang tanya hape ane kan redmi 3s pro,kemarin pake miui 7 versi berapa lupa, nah diupgrade ke 8, kok buka galeri ngga bisa ya?harus buka satu2 lewat WA, cara nya gimana ya?terima kasih

  • saya mencoba downgrade MIUI 8 ke 7 tanpa menggunakan PC, tapi waktu d pilih file update handphone muncul notif yg blg ga bisa upgrade ke versi yg lebih lama, cara mengatasi ny gimana? trimakasih

    • Redmi 3 kah? Kalo iya, Redmi 3 mulai dari MIUI 8.1.0 tidak boleh dan dikunci downgrade lewat updater. Jadi harus lewat fastboot atau recovery

  • Gan, saya abis upgrade MIUI 8.1.7.0 trus muncul notif google play service has stopped, buka play store ngblank putih. enaknya di downgrade apa emang masalah di googlenya? mohon bantu gan, makasih

    • Masalah Google Play Service Has Stopped sebenernya masalah umum kok, biasanya karena versi yang ada ga sama dengan yang terbaru. Coba di force stop terus clear data

      • Sama kayak hp aq, mi4i ada notif google play service has stop , di clear data g mau, force stop g mau, bluetooth g mau transfer data, kabel data jg g ngedetect.. Playstorenya jg g bisa dibuka ngeblank gt.. Mohon pencerahan donk gan, makasiih…

  • Gan ane,pengguna xiaomi redmi note 3 pro ane mau nanya nih…ane kan memperbaharui rom jdi miui 8 tp 4G nya ilang trus di root oleh konter udah bisa 4G nya tp ko kalau dual sim jdi gx ada sinyalan duaduanya .mohon bantuannya gan

  • gan kan ane abis upgrade k miui 8.1 nah 4G nya ilang , padahal waktu d miui 8.0 masih bisa pake cara yang*#*#4636#*#* . nah trus biar bisa nongol lagi 4G nya gmna gan?

  • bro, hp ane redmi 3 pro, udah update ke miui 8.0.2.0 global stable (awal beli masih miui 7 tapi lupa yg versi brp), sebelom ada notif dari update miui baru, 4g masih bisa diakalin pake cara yg colok pasang sim card, tapi setelah notif update itu, 4g ane ga bisa lg, padahal belom update ke miui 8.1.3.0, itu kenapa ya?

  • Gan nanya dong. Kenapa setelah di downgrade dr 8.1.3 ke 8.0.2 hape saya jadj suka restart2 sendiri ya? Mohon pencerhaannya. Makasih

  • gan ane abis upgrade ke miui 8 tpi kok malah gabisa charger ya? lampu indikatornya juga ganyala, divcoba charger pas hp mati malah logo terus isi daya balik lagi ke logo gitugitu terus.. kalau mau downgrade gimana ya? ane coba flash tp gabisa2 udah di factory reset juga. btw hp ane xiaomi redmi 3. mohon di bantu gan terimakasih

    • factory reset hanya untuk menghapus data aja, ga downgrade
      kalau mau downgrade bisa pake cara di atas atau lewat Mi Updater

      • udah ikutin cara yang diatas tapi eror eror terus ya.. terus cari yang .tgz itu yang mana? dicoba donlod yang keluar .zip semua –a
        saya bingung gan.. mohon solusinya terimakasih

          • link resmi saya ga nemu .tgz zip semua pas di donlod, seklainya ada V8.0.2.0 pas di coba malah ga jalan bar nya, udah ditunggu malah eror
            saya cari yang versi lainnya .zip
            link forum ga ada buat redmi 3 .

          • Keliatannya yang .tgz untuk Redmi 3 emang udah dihapus, kalu gitu pake yang .zip aja lewat updater

          • kalau cara updater piye gan? ada link? biar di coba. sedih bet ngecharge mesti mode fastboot dulu 🙁

          • lewat aplikasi Mi Updater kaya update biasa aja cuma pilih menu Choose from update package. Catatan device harus di wipe dulu lewat Recovery, kalo engga nanti suka bentrok

          • cara ngewipe nya? sedangkan di recovery mesti connect usb kan? nah itu ga bisa gan. ga masuk usbnya. bukan karna kabelnya tp gatau kenapa emg gabisa, tp kalo mode fastboot kebaca

          • saat mode yang pencet vol up + power kan ada keterangan tuh di bawah kayak test anu = success
            nah itu semua tuh success kecuali batery
            jadi saat mode itu fail semua karna ada 1 yaitu battery yang fail

          • seriusan itu fail testnya? siap2 ganti batere atau ke service center. Biasanya kalo udah test fail gitu emang yang rusak dari devicenya

          • seriusan, semua success kecuali battery
            tp kenapa pas fastboot dia ngecharge? masuk daya nya
            ah pusing saya.. mohon bersabar ini ujian –“

          • makannya saya bilang siap2 aja, belum pasti juga. Langkah terakhir emang harus flash ulang ke versi lain, kalo masih sama berarti emang ada yang rusak kalo hasil tes emang fail. Temen saya ada yang begitu juga soalnya, mau ngecas kalo mat, Salah satu penyakit MIUI itu bugnya ga tentu di setiap device

          • Itu ada pilihannya loh untuk wipe, Recovery ga harus konek ke USB. Beda sama fastboot yang di atas

  • bang saya tadi download rom nya v8.1.3.0 saya download 2 format, zip sama tar .. decompress nya gimana ya? sama cara cari file rom nya pas udah masuk xiaomiflash nya gimana ya bang? mohon bantuannya bang

  • Cara biar filenya jadi tgz itu langsung ganti aja tipe filenya yg tadinya zip jadi ke tgz pas mau download atau harus pake software?

  • bang kemarin abs ada upgrade sistem, nah upgradenya jadi 8.1.3.0 (LAIMIDI) nah abs selesai di download ngga bisa ke detect kalau nyolok headset.. duh kacau banget, bisa kasih pencerahan kah bang? makasssiii sebelumnya

  • Bangg hp saya baru dua minggu nih terus ada notiff pembaharuan sistem,hpnya jadi miui 8 versi 5.1.1 terus saya pengen ke versi sebelumnya lagi?gmn caranya yaa?kalau dibawa ketempat garansi nya disana bisa dikesemulanya lagi ga?yang tau mohon bantuan ya

  • Mohon bantuannya kak, untuk setting 4G di redmi 3 pro miui 8.1.3.0 LAIMIDI itu gimana ya? Bingung nih kak mohon pencerahannya

  • Bang mau tnya dong. Mi4i ane gagal update.zipnya trus direboot balik2 ke mode recovery lg. Trus make pc suite gak ke detect nah pas make miflash sukses sih tp gak reboot otomatis. Btw knp yah? (Miui 8.1.5) mohon pencerahannya gan

  • mas mau tanya ini mau nyari rom dengan format TGZ yang buat xiaomi redmi note 3
    saya cari cari enggak nemu bisa mintak saran mas?
    saya mohon fast respown min

    • beda itu, bukan .zip harusnya .tgz
      itu file untuk MIUI Updater atau Recovery Mode, bisa aja dicoba juga kalau mau downgrade

      • Caranya sama? trus yg di ambil buat downgrade file yg mana.. minta linknya dong om, yang asli downgrade saya di miui 8.0.2.0 mau ke 7 aja tpi yg Dev China..

  • Gan, saya mau konsul nih, stelah up ke miui 8.1.4.0, charging hp butuh 4-5 jam ke 100% , hp ane remi note 3 pro.. ada saran gan? Udh coba reset factory tp sama aja..

  • min alasan saya mau downgrade kan karena lemot, gerakan agak patah patah dan aplikasi suka hilang, saya anggap adalah bug pada 8.0. pokonya pas saya baru beli buat istri saya sudah begitu, nah jadi saya mau down ke 7.0 tapi saya liat di situsnya ko ga ada 7.0 ya, dan adakah saran lainnya min? terima kasih

    • kalo ada bug kaya gitu udah coba factory reset atau reset lewat recovery? biasanya karena sisa2 data update yang ga beres masih ada

  • ane pake redmi 2 sebelumnya ane salah pake miui punyanya redmi 2 prime jadi ane pengen downgrade ke miui versi aslinya trapi yg developer. tapi ane pake cara diatas gabisa bro malah error gitu di mi flash tool. ane noba pake pc suite juga gabisa. bisa bantuin ane gak bro:(

    • Jaringan 4G di Redmi Note 3 Pro dimatiin oleh Xiaomi, ada beberappa cara buat balikinnya bisa downgrade, patch lewat TWRP, atau pake kode USSD

  • gan. ketika di klik refresh kok ga kedetec perangkatnya gan? tulisan specified not valid. mohon pencerahan.
    terus decomperss ROM nya di taruh pc atau hp? thanks

    • devicenya ke detect di pc kan? kalo iya coba pake Mi Flash tool versi sebelumnya, kabarnya yang baru ada bug

      decompress ROMnya di PC

      • Device kebaca, yg buat transfer file kan. Sudah jd pengembang jg. Debuging usb sudah on, mi flashnya yg terbaru sih. Decompress itu mksdnya di ekstrak ? Maaf masih awan?

  • Gan kalo buat redmi 2 pro ekor 19 work gak tuh . Seenggak nya bertanya dulu sama ahlinya sebelum mengeksekusi . makasih ??

  • Gan, redmi 2 ane tiba-tiba lost vibrate gitu, apa mesti ane downgrade ke miui 7 biar vibratenya ada lagi?
    Mohon pencerahan gan.

  • Gan setelah gue upgrade ke miui 8 jaringan 4G d hp gue redmi 3 pro hilang. Gmn caranya ngembalikan jaringan 4G kembali??
    Thanks before

  • Dikirain 4G nya awet pas di perbaharui ke MIUI 8 4G nya malah hilang..
    jadi nyesel..
    cara yg ditulis di atas udah saya coba tapi kagak bisa2.. solusinya gimana lagi ya,,?

    • karena hpnya ga lulus TKDN, kalo hp Xiaomi yang lulus TKDN sih 4Gnya tetep ada

      laporan dari beberapa user sih bisa balik lagi dengan cara ganti region ke Malaysia atau Singapore

  • Gan,,ane pake redmi note dengan MIUI 8 tapi kok sinyal H+ nya gak suport ya?? Padahal pake telkomsel,dan biasanya d tempat saya suport H+…mohon bantuannya gan

    • biasanya kalo kaya gini lebih ke masalah pengaturan, coba cek dulu di tentang ponsel > informasi telepon apa jaringan LTE, GSM/WCDMA aktif atau engga

  • gan ane pakai redmi 3 pro,, udah pakai miui 8 dan 4G nya hilang,, blh tau rom apa yg bisa setting 4G nya yg bagus gan,,, ane download rom yg resmi,, malah g sama dengan yg ane lihat di youtube

    • bisa pake ROM MIUI 7, tapi sebelum flash rom bisa coba reset hp trus ganti region ke Malaysia atau Singapore. Soalnya masalah 4G hilang itu karena TKDN ga terpenuhi makannya dimatikan

          • penyebabnya banyak sih, berhubung cara balikinnya rada ribet dijelasin
            bisa juga flash ulang pake ROM lain, karena ada kemungkinan masalah baseband sinyal yang ga cocok aja

          • boleh minta kontak LINE nya gak mas? kalo gak ketemu langsung saya pengen minta tolong buat downgrade ke miui 7 lagi. mas soalnya udah paham banget nih keliatannya

      • mas saya juga pake redmi 3 pro saya juga update ke miui8 eh malah ilang juga 4G nya, saya gangerti saya main download aja. ini hp xiaomi pertama saya jd msh bener2 buta.
        saya udah nyoba ganti locale ke singapore terus saya reboot tapi tetep aja 4G nya gaada. imana ya caranya, saya pengen nyoba fastboot gitu (downgrade) tapi saya ga ngerti saya ngeri hp nya nanti butlup. ada saran ga mas? saya jg benci nih sm miui 8 mendingan yang 7 aja deh kalo tau bakal serumit ini. ribet banget.

    • Kalo pake fastboot devices di command prompt ke detect?
      Pastiin juga bootloader udah unlock, kalo belum ga akan ke detect

    • bisa aja mungkin
      lebih bagus kalo masalah 4G ilang coba reset aja dulu trus ganti region ke Malaysia atau Singapur, asal jangan Indonesia

  • Saya pake xiaomi note nih gan. Sejak update miui jd miui 8 kadang setiap buka aplikasi seperti youtube dsb, handphonenya tiba2 kayak refresh gitu, langsung balik ke home screen dan keluar dari aplikasi. Apa perlu saya downgrade miui jadi miui 7 atau karena ram handphone tidak cukup? Saya cek sih biasanya ram masih ada free space sekitar 1gb. Thanks

    • lebih tepat itu namanya crash, lebih masalah ke kompabilitas sih bisa karena aplikasi atau sistem operasinya masih belum optimal

      atau kalau mau coba bersih2 cache dan instal ulang aplikasi yang sering crash

      • gan saya juga pke xiaomi note. Habis di upgrade ke MIUI 8 tiba-tiba g bisa rotate layar gitu. Mesti downgrade ga ya… Klo downgrade pke rom yg mana

        • ada laporan tentang auto rotation memang
          coba pastiin sensornya bener2 jalan lewat kalibrasi ulang
          caranya dial ke * # * # 64663 # * # * >>> trus pilih kalibrasi

          kalo misalnya masih idup baru coba flash ulang

    • link-nya udah dikasih kok di atas, dari halaman resmi Xiaomi

      kalo ga bisa sinyal 4G itu karena TKDN makannya dimatiin
      bisa coba factory reset HPnya trus pilih region selain Indonesia, laporan dari beberapa user sih sukses

  • gan ane make xiaomi note 3 pro. dari awal udah versi 7.3.6.0 | miui global 7.3
    Mau diturunin ke 7.0. bisa ga ya? soalnya di hp temen ane yg xiaomi note 3 biasa itu ada prefer 4g