Featured Review Smartphone

Review Lenovo VIBE K4 Note, Smartphone Berteknologi TheaterMax dengan Perangkat ANT VR

Beberapa minggu lalu, Lenovo membawa ponsel pintar andalan terbarunya ke Indonesia, yakni VIBE K4 Note. Ponsel pintar ini membawa fitur andalannya yang bernama TheaterMax. Dengan adanya fitur ini memungkinkan konten video, Youtube, atau Netflix dapat diubah menjadi konten virtual reality (VR) dan dapat dinikmati secara sinematik.

Lenovo juga menyediakan perangkat ANT VR yang dibuat khusus untuk menikmati fitur TheaterMax yang dimiliki Lenovo VIBE K4 Note ini dalam paket penjualannya. Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk mencoba secara langsung Lenovo VIBE K4 Note lengkap dengan perangkat ANT VR.

Untuk mengetahui fitur unggulan, spesifikasi, dan performa yang ditawarkan oleh ponsel pintar ini maka pembaca dapat melihat ulasannya pada artikel berikut ini.

Desain Ponsel

Lenovo VIBE K4 Note ini memiliki casing yang melengkung pada bagian belakangnya mirip seperti Motorola. Mungkin saja, hal ini karena Motorola telah dibeli oleh Lenovo sehingga unsur desain yang bagus dari Motorola diterapkan dalam ponsel pintar Lenovo terbaru.

Casing dari Lenovo ini memiliki bahan plastik polikarbonat dan pinggiran dari aluminium. Ketika saya memegang ponsel pintar ini, tidak terasa licin dan nyaman untuk digenggam karena lengkungan yang terdapat pada bagian belakang. Selain itu, bagian atas dan bawah dari Lenovo Vibe K4 Note ini memiliki desain yang melengkung.

Untuk bagian kanan dari ponsel pintar ini tersemat tombol power dan volume yang tentunya memudahkan juga ketika mengoperasikan dengan satu tangan atau melakukan kombinasi screenshot pada ponsel.

Lenovo menyematkan kamera depan beresolusi 5 MP dan kamera belakang beresolusi 13 MP ditambah lampu dual-tone LED. Sementara itu, terdapat pemindai sidik jari tepat di bawah kamera belakang Lenovo VIBE K4 Note.

 

Lenovo VIBE K4 Note case

Pada bagian atas ponsel pintar ini terdapat port untuk jack audio yang berfungsi untuk menghubungkan earphone atau headphone. Sedangkan bagian bawah diisi oleh port microUSB yang dapat berfungsi untuk mengisi daya baterai ponsel pintar maupun mentrasfer data.

Tombol navigasi yang dimiliki ponsel pintar ini masih bebentuk fisik yang terdiri dari “recent”, “home”, dan “back”. Sayangnya tombol navigasi ini tidak memiliki cahaya sehingga akan agak sulit apabila melakukan navigasi di tempat gelap atau minim cahaya.

Selain itu, Lenovo telah menyematkan dua speaker berteknologi Dolby ATMOS yang terdapat pada bagian atas dan bawah pada permukaan VIBE K4 Note. Terakhir, pembaca dapat melepas casing belakang untuk memasukkan satu atau dua kartu SIM yang mendukung 4G-LTE. Namun baterai 3.300 mAh yang disematkan tidak dapat dilepas.

TheaterMax dan VR

VIBE K4 Note TheaterMax

Fitur TheaterMax ini memungkinkan Lenovo VIBE K4 Note bisa mengubah layarnya menjadi layar dengan pengalaman sinematik yang dapat dinikmati dengan perangkat virtual reality (VR), ANT VR, yang telah dibuat khusus untuk Lenovo VIBE K4 Note ini.

Berbeda dengan Google Cardboard, ANT VR ini tidak memiliki tombol dan memiliki jarak kosong ketika ponsel pintar terpasang di dalam perangkat ini. Hal ini dimaksudkan agar penggunanya dapat menikmati pengalaman menonton sinematik dengan sudut pandang hingga 100 derajat.

Untuk mengaktifkan fitur TheaterMax ini penggunanya cukup menahan tombol power pada ponsel pintar agak lama dan setelah muncul menu maka dapat memililih VR Mode. Ketika modus ini aktif maka layar ponsel pintar akan terbagi dua layaknya menjalankan konten VR yang telah tersedia di Google Play Store

Bisa dibilang fitur ini jarang dimiliki ponsel lain karena VIBE K4 Note yang justru merubah konten di dalamnnya agar dapat digunakan pada perangkat VR. Konten dalam ponsel pintar yang dapat dirubah untuk menjadi konten Virtual Reality ini terdiri dari video, Youtube, Netflix, maupun game. Namun sayangnya beberapa game agak sulit dimainkan karena tidak tersedia tombol di ANT VR.

Supaya konten video, Youtube, maupun Netflix yang telah dirubah dengan TheaterMax menjadi lebih sinematik, Lenovo menyematkan juga 2 speaker dengan teknologi Dolby ATMOS di bagian depan atas dan bawah sehingga dapat membuat pengalaman menonton menjadi lebih hidup.

Ketika saya menikmati konten video maupun Youtube pada VIBE K4 Note yang telah dimasukkan perangkat ANT VR terasa pengalaman menonton baru hingga sudut 100 derajat. Namun karena ini tidak 100 persen konten VR dengan video 360 derajat sehingga saya tidak melihat video lain ketika berputar ke belakang maupun samping.

Selain itu, saya cukup nyaman untuk bermain game VR yang menggunakan stick Bluetooth atau tidak memerlukan tombol pada perangkat VR. Namun apabila game yang dimainkan harus memerlukan tombol pada perangkat VR maka permainan hanya bergerak tanpa bisa berinteraksi.

Pemindai Sidik Jari

Lenovo VIBE K4 Note Fingerprint

VIBE K4 Note ini merupakan salah satu ponsel pintar Lenovo yang disematkan dengan pemindai sidik jari. Fungsi dari pemindai sidik jari ini hanya untuk membuka kunci ketika layar dikunci menggunakan password.

Hampir sama dengan beberapa smartphone saat ini, seperti Redmi Note 3, Redmi 3 Pro, atau ZTE Blade A711. Lenovo menyematkan pemindai sidik jari pada bagian belakang ponsel pintar. Berdasarkan pengalaman saya, letak penempatakan pemindai sidik jari ini pas karena bisa diakses menggunakan jari tengah atau telunjuk.

Dari segi akurasi, presisi sidik jari yang dimiliki oleh Lenovo VIBE K4 Note ini bisa dikatakan baik karena dapat merespon dengan cepat ketika saya menempelkan jari tengah maupun telunjuk untuk membuka kunci layar. Bahkan dalam keadaan layar istirahat pun pemindai dapat bekerja dan langsung membuka kunci layar.

Untuk mengaktifkan fitur ini pembaca maupun pengguna ponsel pintar ini cukup mengunjungi aplikasi Settings dan langsung memilih menu “Fingerprint”. Selanjutnya, pembaca dapat memilih penggunaan pemindai sidik jari untuk “Unlock Screen”.

Nantinya ponsel akan memberikan instruksi untuk mengisi password yang digunakan pada kunci layar dan sidik jari untuk diberikan pada pemindai. VIBE K4 Note akan meminta kalibrasi sidik jari beberapa kali yang akan terlihat dengan zona sidik jari yang telah dipindai.

Ponsel akan melakukan pemindaian secara bertahap mulai dari bagian tengah, atas, bawah, hingga seluruh sidik jari terpindai. Ketika proses selesai maka pembaca dapat mencobanya dengan mengunci layar dan menempelkan sidik jarinya pada pemindai yang terdapat di bagian belakang ponsel pintar.

Pembaca bisa mendaftarkan maksimal 2 sidik jari dalam ponsel pintar ini sehingga harus menghapus salah satunya apabila ingin mendaftarkan sidik jari baru.

Performa

Performa Game VIBE K4 Note

Lenovo VIBE K4 Note ini ditenagai prosesor MediaTek MT 6753 Octa-core 64-bit berkecepatan 1,3 GHz. Bisa dibilang hal ini menarik karena Lenovo menyematkan prosesor kelas menengah untuk ponsel pintar dengan harga sebesar Rp. 2.899.000.

Dalam mengimbangi kemampuan prosesornya, Lenovo menyematkan RAM berkapasitas 3 GB. Sementara, untuk penyimpanan internalnya memiliki kapasitas sebesar 16 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Untuk menguji proses multitasking, saya mencoba untuk menjalankan sekaligus aplikasi, seperti email, SMS, browser, utilitas, dan telepon pada menu tabulasi yang berada di menu “Recent”, bisa dibilang ponsel pintar ini dapat menjalankannya dengan mulus. Sementara itu, sistem operasi yang digunakan adalah Android 5.1 Lollipop dengan tampilan antarmuka buatan Lenovo sendiri yakni VIBE UI.

Untuk menguji kemampuannya dalam menjalankan aplikasi yang berat maka saya memainkan game berat Need For Speed No Limits pada Lenovo VIBE K4 Note. Hasilnya game dapat berjalan dengan mulus ketika sedang dimainkan. Meskipun game ini melakukan load data yang memakan waktu tergantung koneksi internet.

Pada bagian akhir, saya menguji nilai Antutu Benchmark 6.0.1 yang dimiliki oleh Lenovo VIBE K4 Note dan berhasil mendapatkan skor sebesar 38676. Bisa dibilang hal ini sudah bagus untuk ponsel pintar dengan kisaran harga tersebut.

Kamera

Untuk kameranya sendiri, Lenovo VIBE K4 Note ini dapat menghasilkan foto yang bisa dibilang standar dengan menggunakan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP. Sementara itu, fitur yang dimiliki aplikasi kamera dari Lenovo VIBE K4 Note ini terbilang minim.

Fitur-fitur aplikasi pada kamera belakangnya hanya terdiri dari panorama dan filter. Sedangkan filter aplikasi pada kamera depannya hanya disediakan mode Beauty. Untuk melihat kualitas dari kamera belakang dan depan dari Lenovo VIBE K4 Note ini pembaca dapat melihat hasil foto di bawah ini.

Foto Macro

Hasil Foto Macro

Foto Kamera Belakang Luar Ruangan

Hasil Foto Kamera Belakang Luar Ruangan

Foto Kamera Belakang Dalam Ruangan

Hasil Foto Kamera Belakang Dalam Ruangan

Foto Selfie dengan Mode Beauty

Hasil Foto Selfie dengan Mode Beauty

Foto Kamera Belakang dengan Filter

Hasil Foto Kamera Belakang dengan Efek

Lainnya

Layar

Lenovo VIBE K4 Note UI

Ponsel pintar yang satu ini menggunakan layar sentuh berteknologi IPS LCD yang memungkinkan penggunanya masih bisa melihat gambar pada layar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Layar sentuh dari Lenovo VIBE K4 Note ini memiliki lebar 5,5 inci yang memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel dan kerapatan piksel sampai 401 ppi (pixel-per-inch). Dengan resolusi sebesar ini membuat saya nyaman dalam melihat gambar maupun video pada ponsel pintar  ini.

Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar, Lenovo menyematkan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3 pada VIBE K4 Note. Tak hanya itu, Lenovo juga menyematkan pelindung anti gores tambahan dalam paket ponsel pintar ini untuk meminimalisir goresan lebih lanjut pada layar.

Namun apabila pembaca ingin melindungi kaca dan layar ponsel pintar dari terjadinya retakan atau pecah maka menyematkan Tempered Glass bisa menjadi salah satu alternatif yang terpercaya. Dengan mengeluarkan kocek mulai dari 100 hingga 200 ribu, saya rasa pembaca bisa mendapatkan Tempered Glass yang bagus.

Daya Tahan Baterai

Untuk menguji ketahanan baterai dari Lenovo VIBE K4 Note, saya menjalankan beberapa aplikasi, seperti Twitter, Facebook, Instagram, Path, LINE, email, dan browser ntuk penggunaan biasa sehari-hari. Hal ini saya lakukan selama satu minggu.

Berdasarkan pengujian selama seminggu, hasilnya menyatakan bahwa Lenovo VIBE K4 Note mampu bertahan dengan waktu rata-rata sekitar 8 jam 05 menit dengan baterai yang dimulai pada 100% sampai berada di titik kritis 15% dengan layar menyala selama 3 jam 30 menit.

Bila dilihat dari harga dan ketahanan baterai yang dimiliki oleh Lenovo VIBE K4 Note ini bisa dibilang memiliki ketahanan baterai yang standar hampir sama dengan ponsel pintar umumnya di kisaran harga tersebut.

NFC

Dengan harga Rp 2.899.000, Lenovo VIBE K4 Note sudah disematkan juga dengan teknologi NFC (Near Field Communication). Dengan adanya teknologi ini memungkinkan pengguna VIBE K4 Note dapat mentransfer data, video, maupun musik hanya dengan saling menyentuhkan bagian belakang kedua ponsel pintar.

NFC ini dapat juga untuk membaca dan memproses data pada perangkat yang memiliki teknologi NFC juga. Contohnya mengecek saldo kartu e-money langsung dengan menempelkannya pada bagian belakang VIBE K4 Note dan bahkan dengan otoritas tertentu dapat juga mengisi saldo kartu e-money.

Spesifikasi Teknis

Layar : Layar sentuh IPS LCD 5,5 inci beresolusi 1920 x 1080 piksel, dan kepadatan pixel 401 ppi

Prosesor : MediaTek MT 6753 Octa-core 64-bit berkecepatan 1,3 GHz

Memori : RAM sebesar 3 GB, Penyimpanan internal 16  GB (hanya 10,64  GB yang dapat digunakan oleh pengguna)

Jaringan Seluler : 2G, 3G, 4G-LTE

SIM : Dua Kartu SIM

Kamera : Kamera belakang 13 MP + aperture f/2.2 + Phase Detection Autofocus (PDAF) dan kamera depan 5 MP + aperture f/2.2

Baterai : Berkapasitas 3.300 mAh

Lainnya : GPS, NFC, microUSB, Bluetooth, dan Wi-Fi

Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di situs inponsel.co.id

Kesimpulan

Selama penggunaan Lenovo VIBE K4 Note dalam seminggu, hasillnya menunjukkan bahwa ponsel pintar ini nyaman untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Terutama teknologi TheaterMax dan pemindai sidik jari yang tersemat di belakang casing.

Nah apabila pembaca sedang mencari ponsel pintar di kisaran harga Rp 2.899.000 (bisa dibeli di Lazada) yang memiliki beberapa fitur menarik maka Lenovo VIBE K4 Note ini bisa menjadi salah satu pilihannya.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment

2 Comments