Berita Smartphone

Lenovo Rilis VIBE K4 Note di Indonesia, Smartphone Berteknologi TheaterMax dan Virtual Reality

Lenovo VIBE K4 Note Feature

Kemarin secara resmi Lenovo merilis smartphone terbarunya di Indonesia, VIBE K4 Note. Dibandingkan smartphone Lenovo yang sudah dirilis di Indonesia, VIBE K4 Note ini menawarkan sesuatu yang berbeda dengan hadirnya teknologi TheaterMax dan Virtual Reality.

Teknologi TheaterMax ini memungkinkan smartphone untuk dapat mengubah konten multimedia apapun menjadi konten berkemampuan Virtual Reality. Menurut pihak Lenovo, dengan adanya teknologi ini nantinya smartphone dapat menghadirkan pengalaman sinematik bagi penggunanya yang menonton konten dengan perangkat Virtual Reality.

Perangkat Virtual Reality (VR) yang dikembangkan untuk smartphone Lenovo VIBE K4 Note ini bekerja sama dengan salah satu vendor pengembang perangkat asal Tiongkok, ANT VR. Berbeda dengan perangkat VR lainnya, ANT VR ini tidak memiliki tombol di perangkat dan memiliki jarak kosong ketika smartphone dipasang dalam perangkat tersebut.

Lenovo VIBE K4 Note Petinggi

Fungsi jarak kosong ini sendiri dirancang untuk memudahkan penggunanya dapat menyentuh layar dalam melakukan navigasi konten VR atau menjalankan beberapa fungsi aplikasi dan game VR. Untuk membuat konten multimedia menjadi konten VR, pengguna smartphone ini dapat menekan tombol Power agak lama dan setelah muncul menu maka dipilih VR Mode.

Ketika VR Mode aktif maka seketika tampilan smartphone akan terbagi menjadi dua layaknya konten VR yang tersedia di Google Play Store. Selanjutnya, ketika pengguna Vibe K4 Note menikmati konten multimedia yang dirubah menjadi konten VR menggunakan perangkat ANT VR maka sudut pandang menjadi 100 derajat yang lebih lebar dibandingkan melihat smartphone tanpa perangkat.

Untuk menambah kemampuan menonton secara sinematik, Lenovo juga menyematkan 2 speaker yang berteknologi Dolby ATMOS sehingga menonton seperti di teater bioskop. Selain itu, 2 speaker ini juga dapat meminimalisir kebisingan dan distorsi suara sekitar.

Smartphone Lenovo Vibe K4 Note

Dari sisi spesifikasi hardware, Lenovo membenamkan prosesor MediaTek MT 6753 Octa-core 64-bit berkecepatan 1,3 GHz, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal berkapasitas 16 GB yang dapat ditambahkan microSD sampai 32 GB. Khusus di Indonesia, Lenovo VIBE K4 Note menggunakan RAM 3 GB.

Sementara layar sentuh memiliki lebar 5,5 inci yang berteknologi IPS dan beresolusi 1920 x 1080 piksel (Full HD). Dengan adanya teknologi IPS ini memungkinkan penggune VIBE K4 Note masih dapat melihat gambar pada layar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar, Lenovo membenamkan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3 pada smartphone yang satu ini. Dari sektor kameranya, VIBE K4 Note memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP dan kamera depan dengan resolusi 5 MP.

Tak ketinggalan, NFC, baterai berkapasitas 3.300 mAh, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, dan sensor pemindai sidik jari ikut disematkan dalam smartphone ini.

Lenovo VIBE K4 Note sendiri telah tersedia di Indonesia mulai dari tanggal 23 Maret 2016. Bagi pembaca yang tertarik dengan smartphone ini dapat langsung melakukan pre-order mulai dari tanggal 23 hingga 31 Maret 2016 melalui beberapa toko online, seperti Blibli, Dinomarket, Lazada, Bhinneka, Matahari mall, dan Erafone.

Harga yang dibandrol oleh Lenovo untuk VIBE K4 Note adalah Rp 2.899.000. Nantinya, jika pembaca membeli smartphone ini pada masa pre-order maka akan mendapatkan bonus perangkat VR dan cash back hingga Rp 500.000 dengan menggunakan kartu kredit.

Selain itu, Lenovo juga menawarkan promo bundling Telkomsel TAU paket internetan 10 GB mulai dari Rp 49.000, BOLT paket kuota 4 GB gratis 14 GB, atau Matrix Super Plan dari Indosat Ooredoo (dapat dipesan di galeri Indosat Ooredoo).

Juara VR Lenovo VIBE K4 Note

Sebagai tambahan, dalam acara peluncuran VIBE K4 Note ini juga turut diumumkan juara Lenovo Virtual Reality Challenge yang diselenggarakan oleh Lenovo dan dicoding. Dalam Lenovo Virtual Reality Challenge ini developer lokal Indonesia ditantang untuk mengembangkan gaime mobile berbasis Virtual Reality yang bisa dimainkan di VIBE K4 Note maupun smartphione lain.

Untuk juara dari kompetisi VR ini terdiri dari Crazy Ojek 3D VR yang dikembangkan Solite Studio, Terkunci: Episode 1 yang dikembangkan Agate Jogja, dan Virtual Stellarity: VR Edugame yang dikembangkan Arsa Kids.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren