ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

Hands-On TECNO POVA 6: Punya Desain Futuristik dan Performa Lancar

Hands-On TECNO POVA 6: Punya Desain Futuristik dan Performa Lancar

Gadgetren – TECNO segera akan meluncurkan handphone terbarunya yang bernama TECNO POVA 6 pada tanggal 13 Juni 2024 ke Indonesia. Sebelum waktu perilisannya tiba, TECNO terlebih dulu mengajak tim Gadgetren untuk hands-on TECNO POVA 6.

Secara kasat mata, bagian belakang handphone ini mengusung desain futuristik yang memperlihatkan seperti perangkat gaming. TECNO POVA 6 ini menggunakan Dynamic-Tech Design yang terinspirasi dengan desain mecha yang futuristik pada setiap ornamen-ornamen di bagian belakangnya ditambah Dynamic-MiniLED Light Effect yang merupakan garis-garis cahaya.

Lebih lengkapnya, Dynamic-MiniLED Light Effect ini merupakan lampu LED khas seri POVA dengan tiga puluh pilihan cahaya untuk berbagai skenario, termasuk panggilan telepon, notifikasi, pemutaran musik, pengisian daya, dan pesta.

TECNO POVA 6 - Menyala

Masih pada bagian belakangnya, terdapat tiga lingkaran besar yang terdiri dari dua lingkaran untuk kamera dan satu lingkaran untuk LED Flash. Untuk kamera utama perangkat ini pun akan beresolusi besar mencapai 108 MP.

Beralih ke bagian depan, saya melihat layar penuh 6,78 inci dengan teknologi AMOLED, resolusi Full HD+ (2460 x 1080 piksel), tingkat kecerahan puncak 1.300 nits, dan refresh rate 120Hz yang mampu menampilkan konten dengan terang serta jernih. Bisa dibilang ini peningkatan teknologi layar dibandingkan TECNO POVA 5 yang menggunakan IPS LCD.

TECNO POVA 6 - Layar

Menariknya, TECNO POVA 6 ini mendukung pengalaman bermain game dengan dukungan hingga 90fps pada dua game populer yang hadir di Indonesia, seperti Mobile Legends dan Free Fire, sehingga animasi pada game terlihat halus yang memanjakan mata.

Menuju sisi bawah handphone ini terdapat port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan lubang speaker. Sementara pada sisi kanannya terdapat tombol Volume dan Power yang disusun secara vertikal.

Untuk sisi atasnya terdapat lubang speaker, mikrofon, dan sensor Inframerah. Sedangkan sisi kirinya terdapat SIM Tray yang terdiri dari dua slot kartu SIM sekaligus satu slot microSD.

TECNO POVA 6 - All Side

Sensor Inframerah memungkinkan TECNO POVA 6 bisa menjadi remote control bagi perangkat elektronik lainnya, seperti TV, AC, kipas angin, DVD Player, dan masih banyak lagi. Untuk sensor fingerprint terdapat di bagian bawah layarnya.

Kebetulan saya melakukan hands-on terhadap TECNO POVA 6 dengan komposisi chipset MediaTek Helio G99 Ultimate (6nm) Octa-Core 2,2 GHz, RAM 8 GB, RAM Virtual 8 GB, dan penyimpanan internal 256 GB.

Menurut saya kombinasi hardware tersebut, sudah mampu menjalankan berbagai game dengan lancar. Terdapat juga fitur POVA SuperCooled System 1.0 yang dapat membuat suhu tetap stabil walaupun menjalankan game dalam waktu yang lama.

TECNO POVA 6 - Camera

Untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya dalam memainkan game atau menikmati hiburan dalam waktu lama, TECNO POVA 6 sudah dibekali baterai 6.000mAh. Sementara terdapat juga fitur 70W Ultra Charge yang diklaim mampu mengecas daya baterai dari 1% ke 50% hanya 20 menit saja.

Hadirnya Battery Life Protection membuat penggunaan baterai perangkat ini tetap aman walaupun sudah digunakan selama 5 tahun. Handphone ini juga sudah memiliki fitur NFC, WiFi, Bluetooth, dan HiOS 14 berbasiskan Android 14.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai spesifikasi dan harga dari TECNO POVA 6 ini, kamu harus menunggunya hingga waktu peluncuran resminya diselenggarakan minggu depan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar