ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan nubia Neo 2 5G, Fitur Gaming Lebih Lengkap!

Kelebihan dan Kekurangan ZTE nubia Neo 2 5G - Header

Gadgetren – Ponsel gaming yang bisa dibeli dengan harga terjangkau kini semakin banyak di pasaran. Termasuk salah satunya nubia Neo 2 5G yang belum lama ini diluncurkan.

Ponsel buatan ZTE tersebut sudah bisa dibawa pulang dengan dana Rp2.999.000. Selama masa promo, kita bahkan bisa mendapatkannya hanya dengan Rp2.799.000 di mana sudah termasuk aksesori cooler dan finger sleeve sebagai bonus.

Dengan harga yang lumayan terjangkau, nubia Neo 2 5G menawarkan berbagai keunggulan yang dapat membuat pengalaman bermain game terasa lebih sempurna. Setidaknya lebih dari cukup untuk menikmati permainan yang ditawarkan.

Kelebihan nubia Neo 2 5G

1. Bisa Diandalkan untuk Bermain Game

Dapur pacu yang digunakan oleh nubia Neo 2 5G sebenarnya tidak banyak berubah dari pendahulunya. Perangkat tersebut masih menggunakan chipset Unisoc T820 yang menjadi andalan nubia Neo 5G generasi pertama.

Meskipun begitu, kemampuan nubia Neo 2 5G dianggap lebih mumpuni. Hasil pengujian yang dilakukan oleh nubia labs dengan menggunakan AnTuTu mengalami peningkatan signifikan dari semula 422.384 poin menjadi 556.529 poin.

Bersama dengan chipset ini, nubia Neo 2 5G juga masih tersedia dalam satu varian memori dengan RAM berkapasitas 8GB yang dikonfigurasikan bersama media penyimpanan internal sebesar 256GB.

Namun sedikit berbeda dari generasi sebelumnya, kapasitas RAM pada nubia Neo 2 5G kini dapat diperluas dengan tambahan memori sebesar 12GB. Jadi totalnya nanti bisa menjadi sebesar 20GB.

Media penyimpanan internal yang dipakainya kini juga telah menggunakan teknologi UFS 3.1. Memang bukan yang paling mutakhir untuk sekarang ini, tetapi tergolong sangat tinggi untuk sebuah ponsel yang meluncur di rentang harga Rp2 jutaan.

Sebagai penunjang, perangkat tersebut dilengkapi dengan sistem termal multi-lapisan yang diklaim mampu secara efektif membuang panas. ZTE secara khusus mengadopsi beberapa bahan yang dapat menghantarkan kalor dengan material superkonduktor sebagai lapisan utama.

2. Bawa Sejumlah Fitur yang Menyenangkan

Perangkat tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game. Yang paling menggoda adalah dukungan shoulder trigger yang tersedia untuk pertama kalinya di lini ponsel menengah.

Kelebihan dan Kekurangan ZTE nubia Neo 2 5G - Shoulder Button

Shoulder trigger merupakan dua buah tombol tambahan yang disematkan di sisi samping bodi perangkat tersebut. Kita dapat memfungsikannya sebagai pemicu aksi tertentu seperti tombol L dan R di pengontrol game.

Tombol tambahan ini bisa sangat berguna untuk memainkan berbagai judul dengan kontrol yang kompleks seperti game tembak-menembak. Juga akan sangat membantu saat kita memerlukan aksi cepat seperti pada game balapan.

Yang tak kalah menarik, teknologi Bypass Charging juga turut hadir pada perangkat tersebut. Dukungan ini sangat spesial untuk bermain game karena memungkinkan pengisian daya disambungkan langsung ke mesin utama.

Bypass Charging nantinya dapat mengurangi produksi panas yang terjadi di ponsel sehingga kinerjanya akan tetap stabil untuk bermain game. Selain itu, dukungan ini juga dapat membuat kesehatan baterai nubia Neo 2 5G bisa tetap terjaga.

Untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih lengkap, nubia Neo 2 5G kini juga dilengkapi dengan speaker ganda yang dapat menghasilkan suara stereo. Kualitas audionya pun tak boleh dipandang sebelah mata karena sudah disetel dengan teknologi DTS:X ULTRA.

Fitur Game Space pada nubia Neo 2 5G juga sudah ditingkatkan. Dengan versi bernomor 2.0, dukungan tersebut kini memuat tata letak gaya permainan profesional, plugin tingkat pemain, serta berbagai fungsi praktis lainnya.

3. Layar Beranimasi Tinggi

Hadir sebagai sebuah ponsel gaming, nubia Neo 2 5G tak lupa membawa dukungan pengaturan refresh rate yang tinggi di mana sampai 120Hz. Layar perangkat tersebut bakal mampu menampilkan animasi yang benar-benar halus untuk konten-konten yang mendukungnya.

Kelebihan dan Kekurangan ZTE nubia Neo 2 5G - Layar

Pengaturan pada nubia Neo 2 5G dapat menyesuaikan animasi secara otomatis terhadap konten-konten yang ditayangkan. Terdapat fungsi Smart Adaptive Refresh Rate yang mampu mengatur layar ke setelan terbaiknya.

Di sisi lain, layar nubia Neo 2 5G juga berukuran sangat besar. Perangkat tersebut mempunyai panel yang membentang hingga seluas 6,72 inci dengan resolusi gambar sampai Full HD+ (2400 x 1080 piksel).

4. Baterai Besar dengan Pengisi Daya Mumpuni

Karena bermain game memerlukan dukungan daya yang sangat baik, nubia Neo 2 5G kini hadir dengan baterai yang lebih besar. Perangkat tersebut kini mendukung kapasitas penyimpanan daya sampai 6.000mAh.

Kapasitas baterai yang sangat besar ini memungkinkan perangkat menyala dengan durasi lebih lama. Main bareng atau mabar hingga push rank dapat dilakukan dengan lebih tenang tanpa khawatir nubia Neo 2 5G akan kehabisan daya di tengah-tengah aktivitas.

Menemani baterainya yang semakin besar, nubia Neo 2 5G kini juga menggunakan dukungan pengisian daya lebih cepat. Perangkat gaming tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi 33W Fast Charging.

Penggunaan teknologi 33W Fast Charging ini tentunya menjadi salah satu kabar baik. Kita tidak perlu menunggu lama saat kehabisan baterai karena proses transfer daya bisa berjalan lebih singkat. Kita bahkan hanya memerlukan sekitar 30 menit untuk mencapai kapasitas 50 persen.

5. Sudah Mendukung Jaringan 5G

Berbekal chipset Unisoc T820, nubia Neo 2 5G juga membawa jaringan 5G sebagai salah satu keunggulannya. Teknologi mutakhir ini memang sudah banyak diadopsi di masa sekarang tetapi masih jarang untuk kelas Rp2 jutaan.

Teknologi jaringan 5G memungkinkan akses internet di dalam perangkat berlangsung lebih cepat. Bakal sangat cocok untuk memainkan berbagai game daring, terutama permainan yang bersifat kompetitif dan memerlukan konektivitas lebih baik.

Kekurangan nubia Neo 2 5G

1. Resolusi Kamera yang Sangat Standar

Menawarkan berbagai macam dukungan untuk meningkatkan pengalaman bermain game, sektor kamera pada nubia Neo 2 5G tampaknya sedikit terlewatkan. Perangkat tersebut hanya mempunyai konfigurasi lensa yang tergolong sangat standar.

Kelebihan dan Kekurangan ZTE nubia Neo 2 5G - Kamera

Kamera utamanya terdiri dari lensa 50MP yang dikombinasikan bersama sensor kedalaman 2MP sementara kamera depannya hanya 16MP. Selain tercatat mempunyai resolusi lebih rendah, konfigurasi ini juga kalah lengkap jika dibandingkan beberapa perangkat lain di kelasnya.

2. Tidak Mendukung Penyimpanan Eksternal

Absennya dukungan untuk memperluas media penyimpanan dengan kartu memori eksternal juga cukup disayangkan. Untuk sebuah perangkat yang menyasar kelas menengah, fitur ini padahal bisa menjadi salah satu keunggulan.

Untungnya, media internal nubia Neo 2 5G berkapasitas sangat besar seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya. Perangkat tersebut mempunyai ruang penyimpanan sebesar 256GB yang secara teknis seharusnya sudah sangat cukup untuk pemakaian di masa sekarang.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar