ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Handphone

6 HP Samsung dengan NFC Biar Aktivitas Semakin Mudah!

HP Samsung Dengan NFC - Header

Gadgetren – NFC atau Near Field Communication merupakan salah satu fitur yang dapat dipertimbangkan saat kita memerlukan sebuah ponsel untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman.

Fitur tersebut soalnya akan memberikan beberapa kemudahan dalam melakukan sejumlah hal. Termasuk di antaranya memungkinkan kita melakukan transaksi pembayaran digital secara lebih praktis, menyambungkan aksesori nirkabel, hingga sekadar mengecek saldo e-money.

Seperti kebanyakan manufaktur, Samsung pun ikut mengandalkan NFC sebagai salah fitur unggulan ke dalam sejumlah perangkat buatannya. Berikut ini beberapa perangkat Samsung yang termasuk di dalamnya.

1. Samsung Galaxy A15

HP Samsung dengan NFC - Galaxy A15

Untuk ponsel baru yang dirilis di masa sekarang, Samsung Galaxy A15 versi 4G menjadi perangkat paling murah dari Samsung saat kita memerlukan fitur NFC sebagai pendukung. Kita dalam hal ini secara khusus dapat meminangnya dengan harga mulai Rp 2.899.000 di Samsung Official Store.

Perangkat ini apalagi mempunyai beberapa keunggulan di mana termasuk pada bagian layarnya. Meskipun dibanderol lumayan terjangkau, Galaxy A15 sudah menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi gambar Full HD+ (2340 x 1080 piksel). Refresh rate yang dibawanya pun mendukung pengaturan hingga 90Hz.

Mesin pengolahan datanya juga tergolong mumpuni. Perangkat menengah ke bawah Samsung ini dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G99 (6nm) berkecepatan hingga 2,2GHz yang dikombinasikan bersama RAM 8GB dan penyimpanan mulai dari 128GB.

Kita yang berniat menggunakan perangkat ini untuk pemakaian jangka panjang pun bisa lebih tenang karena dukungan pembaruannya sangat panjang. Galaxy A15 bakalan memperoleh update hingga empat generasi Android dan patch keamanan selama 5 tahun.

2. Samsung Galaxy A15 5G

HP Samsung dengan NFC - Galaxy A15 5G

Samsung Galaxy A15 5G sebagai saudaranya juga dapat menjadi opsi yang tak kalah menggoda. Hanya saja perangkat yang dipasarkan dengan dukungan 5G ini memang dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal di Samsung Official Store, yakni sampai Rp3.599.000.

Spesifikasi maupun dukungan yang ditawarkan sebenarnya hampir mirip dengan versi 4G. Namun secara khusus, Galaxy A15 5G terlihat menggunakan tipe chipset yang sangat berbeda supaya bisa menghadirkan jaringan 5G.

Dalam hal ini, Galaxy A15 5G meluncur dengan MediaTek Dimensity 6100+ (6nm) yang dapat dipacu dengan kecepatan maksimal sampai 2,2GHz. Samsung memadukannya bersama RAM berkapasitas 8GB dan penyimpanan sebesar 256GB.

Sama halnya dengan versi 4G, perangkat ini juga mengandalkan baterai berkapasitas 5.000mAh dengan teknologi 25W Super Fast Charging. Galaxy A15 5G pun mempunyai kamera utama 50MP yang dipasang bersama lensa ultrawide 5MP dan makro 2MP serta kamera depan 13MP.

3. Samsung Galaxy A25 5G

HP Samsung dengan NFC - Galaxy A25 5G

Jika memerlukan dukungan yang lebih baik, Samsung Galaxy A25 5G juga termasuk salah satu ponsel yang bisa dipertimbangkan. Perangkat ini sudah bisa dibeli dengan banderol harga mulai dari Rp3.999.000 di Samsung Official Store.

Dibandingkan dengan dua perangkat sebelumnya, Galaxy A25 5G membawa spesifikasi yang lebih baik. Termasuk di antaranya seperti layar dengan refresh rate hingga 120Hz, lensa ultrawide 8MP, fitur OIS, hingga dukungan perekaman video hingga 4K @30fps.

Chipset yang digunakan oleh Galaxy A25 5G dalam menghadirkan jaringan 5G pun sangat berbeda. Perangkat ini memakai chipset buatan Samsung sendiri, yakni Samsung Exynos 1280 (5nm) yang mana secara teknis bisa beroperasi sampai 2,4GHz.

Fitur-fitur tambahan seperti speaker stereo yang dikombinasikan bersama teknologi Dolby Atmos pun sudah hadir dalam perangkat ini. Dukungan pembaruan yang ditawarkan Samsung untuk Galaxy A25 5G juga panjang seperti seri Galaxy A15.

4. Samsung Galaxy A34 5G

HP Samsung dengan NFC - Galaxy A34 5G

Tampil dengan desain premium, Samsung Galaxy A34 5G juga termasuk perangkat yang dapat dipertimbangkan saat kita sedang memerlukan ponsel dengan fitur NFC untuk beraktivitas. Perangkat ini apalagi dilengkapi dengan spesifikasi yang tak kalah menggoda.

Berdasarkan uji coba pemakaian yang telah tim Gadgetren lakukan, perangkat ini dapat digunakan sehari-hari dengan cukup memuaskan. Galaxy A34 5G setidaknya mempunyai kinerja yang gegas, dukungan kamera mumpuni, maupun layar yang memanjakan mata.

Pada bagian dapur pacu, Galaxy A34 5G soalnya sudah diotaki MediaTek Dimensity 1080 (6nm) yang menjanjikan kecepatan sampai 2,6GHz. Chipset tersebut dikombinasikan bersama RAM berkapasitas 8GB dengan penyimpanan yang dapat dipilih antara 128GB atau 256GB.

Kamera utamanya disokong oleh lensa 48MP yang dilengkapi dengan fitur OIS, lensa ultrawide 8MP, maupun makro 8MP. Sementara kamera depannya mengandalkan sensor beresolusi sampai 13MP.

Dijual di Samsung Official Store dengan banderol harga mulai dari Rp4.999.000, perangkat ini pun mempunyai layar Super AMOLED Full HD+ (2340 x 1080 piksel) berukuran 6,6 inci. Dukungan refresh rate-nya mendukung animasi hingga 120Hz.

5. Samsung Galaxy M54 5G

HP Samsung dengan NFC - Galaxy M54 5G

Saat memerlukan ponsel dengan dukungan NFC, Samsung Galaxy M54 5G pun dapat menjadi salah satu alternatifnya. Perangkat seharga Rp6.499.000 ini (link Samsung Official Store) terlebih lagi juga mempunyai berbagai macam hal yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari.

Tim Gadgetren sendiri sudah pernah menjajal ponsel satu ini. Kami pun menyukai beberapa hal seperti daya tahan baterainya yang lama, layar yang memesona, kinerja lancar, maupun hasil fotonya yang tergolong bagus.

Bagi kamu yang belum tahu, perangkat ini mengusung dukungan baterai sebesar 6.000mAh yang mana lebih besar ketimbang kebanyakan ponsel. Layarnya sudah menggunakan panel Super AMOLED Plus 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dan refresh rate hingga 120Hz.

Dapur pacunya menggunakan Samsung Exynos 1380 (5nm) berkecepatan hingga 2,4 GHz yang kombinasikan bersama RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. Sementara kameranya sudah mengandalkan lensa utama beresolusi 108MP dengan lensa ultrawide 8MP dan makro 2MP sebagai tambahan serta kamera depan 32MP.

6. Samsung Galaxy S23 FE

HP Samsung dengan NFC - Galaxy S23 FE

Sementara di atasnya, kita bisa mempertimbangkan perangkat-perangkat flagship dari Samsung baik dari lini keluarga Samsung Galaxy S, Galaxy Z Fold, atau Galaxy Z Flip. Hanya saja kita memang memerlukan dana yang sangat besar untuk meminangnya.

Hingga artikel diterbitkan, model perangkat paling murah yang kini bisa dipertimbangkan adalah Samsung Galaxy S23 FE. Ponsel flagship terjangkau dari Samsung ini dapat dipinang dengan harga mulai Rp8.999.000 dari Samsung Official Store.

Sebagai ponsel flagship, Galaxy S23 FE juga mengemas berbagai macam keunggulan. Termasuk pada aspek kinerjanya yang mana sudah menggunakan chipset Samsung Exynos 2200 (4nm) berkecepatan hingga 2,8GHz.

Mirip dengan kebanyakan flagship Samsung, perangkat ini juga sudah menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) walaupun ukurannya hanya 6,4 inci. Pengaturan refresh rate-nya pun mampu menangani hingga 120Hz.

Dengan harga yang relatif sangat terjangkau untuk sebuah flagship dari Samsung, perangkat ini juga dilengkapi dengan sistem kamera yang lengkap. Terdapat lensa utama beresolusi 50MP, ultrawide 12MP, telefoto 8MP, serta depan 10MP.

Uji coba pemakaian tim Gadgetren pun menunjukkan bahwa perangkat ini sangat layak dipertimbangkan saat kita memerlukan ponsel flagship dengan banderol harga yang terjangkau. Terutama kita yang membutuhkan perangkat dengan kinerja gegas, layar menarik, hingga kamera mumpuni.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar