ASUS TUF Gaming FX507
Review Handphone

Review Samsung Galaxy A34 5G – Tampil Lebih Premium namun Terjangkau

Samsung Galaxy A34 5G

Samsung Galaxy A34 5G
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.2/10

Ringkasan

Samsung Galaxy A34 5G bisa dibilang adalah handphone kelas menengah yang bisa jadi pilihan menarik. Performanya gegas, layar Super AMOLED yang memanjakan mata, dan hasil jepretan kameranya pun memuaskan.

Yang Disukai

  • Performa gegas
  • Kamera mumpuni
  • Layar cerah berefresh rate 120Hz
  • Desain menarik

Yang Tidak Disukai

  • Tidak ada charger
  • Masih menggunakan model layar berponi

Gadgetren – Galaxy A34 5G sebagai handphone kelas menengah terbaru dari Samsung di tahun 2023 mengusung desain baru dengan layar yang lebih baik dan performa yang lebih gegas dibanding pendahulunya.

Layaknya seri Galaxy A, handphone ini dibanderol dengan harga yang terjangkau namun menyajikan fitur-fitur dan spesifikasi yang mumpuni.

Pada ulasan ini, kita akan menelusuri lebih dalam seputar Galaxy A34 5G mulai dari tampilannya hingga bagian dalamnya yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari.

Desain

Kalau kamu sudah pernah melihat Galaxy S23 mungkin akan melihat ada yang familiar pada desain Galaxy A34 5G. Bagian depan dan belakang handphone ini terlihat datar dengan bagian sisi yang agak melengkung.

Kamera belakangnya pun tidak mengusung area tonjolan khusus di mana tiap lensa hanya terlihat mencuat ke atas. Tiap lensa kamera ini juga terlindungi berkat bagian sisinya yang agak sedikit menonjol.

Samsung Galaxy A34 5G

Tersedia empat varian warna Galaxy A34 5G yang bisa dipilih yakni Awesome Silver, Awesome Lime, Awesome Violet, dan Awesome Graphite. Warna Awesome Graphite yang digunakan pada ulasan ini terlihat hitam doff dengan sedikit mengkilap di tiap sisinya yang terlihat menawan.

Galaxy A34 5G menggunakan polikarbonat yang menyelimuti keseluruhan handphone dan terasa kokoh walau bagian belakangnya terasa agak kopong ketika diketuk.

Untuk pengoperasian handphone ini, terdapat tombol power dan pengatur volume di sisi kanan dan port USB Type-C dan lubang speaker di sisi bawah. Sedangkan untuk slot kartu SIM ditempatkan di bagian atas handphone yang mengusung model hybrid dual SIM / microSD.

Layar

Samsung Galaxy A34 5G

Layar datar pada Galaxy A34 5G memiliki ukuran 6,6″ yang mana tergolong agak besar namun memuaskan ketika digunakan untuk menonton film maupun bermain game. Ditambah lagi layarnya menggunakan teknologi Super AMOLED yang mana dapat menghasilkan tampilan yang cerah dengan warna menonjol bahkan di bawah terik matahari.

Selain itu layar Galaxy A34 5G juga mendukung refresh rate 120Hz yang dapat menampilkan animasi dengan sangat mulus. Refresh rate ini hanya bisa disetel di mode 60Hz atau 120Hz tanpa opsi untuk refresh rate dinamis yang dapat menyesuaikan tergantung konten yang ditampilkan.

Di dalam layar ini terdapat pemindai sidik jari optikal yang dapat mendeteksi sidik jari saya untuk mempermudah masuk ke dalam handphone maupun aplikasi-aplikasi tertentu. Proses pemindaiannya sebetulnya tidak begitu cepat namun masih bisa ditolerir.

Desain layar datar yang sedang populer saat ini menurut saya tidak terlihat sepremium layar 2,5D namun memiliki keunggulan dalam mempermudah pemasangan screen protector agar layar tidak mudah baret. Tapi bagi yang tidak ingin menggunakan screen protector, kabar baiknya layar handphone ini sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 5.

Satu hal lain yang menarik dari layar Galaxy A34 5G adalah bezel di tiap sisi layar yang kini tampaknya lebih seragam sehingga terlihat lebih menarik. Memang untuk bezel bagian dagu masih terlihat sedikit lebih besar namun ini sudah meningkat dari generasi sebelumnya.

Yang disayangkan adalah Samsung belum menggunakan punch hole untuk penempatan kamera depan pada handphone ini, masih menggunakan model poni ala tetesan air yang mana menurut saya kurang modern.

Performa

Samsung Galaxy A34 5G - Genshin Impact

Di sektor performa, Galaxy A34 5G menggunakan chipset Mediatek Dimensity 1080 yang dipadukan dengan RAM 8GB dan pilihan penyimpanan internal 128/256GB. Untuk penggunaan sehari-hari saya performanya terasa gegas baik itu berselancar di web, berjejaring sosial, hingga bekerja dengan multi tasking.

Bagi yang senang bermain game, handphone ini dapat melibas game sekelas Genshin Impact dengan lancar di setelan grafis Low. Jika diinginkan setelan grafiknya bisa ditingkatkan ke level High dengan performa yang masih cukup baik namun tentu tidak selancar di setelan yang lebih rendah.

Galaxy A34 5G juga dapat saya gunakan untuk memainkan game lain seperti Mobile Legends dengan lancar di setelan High baik untuk grafis maupun refresh ratenya.

Hasil benchmark

    • AnTuTu: 469.634
    • Geekbench 6: 1.031 (single-core), 2.529 (multi-core)

Selama saya gunakan untuk pekerjaan berat termasuk bermain game, panas yang dihasilkan Galaxy A34 5G hanya terasa agak hangat di bagian belakang bodi handphone yang mana masih tergolong wajar dan tidak mengganggu.

Menemani performanya yang gegas, terdapat speaker stereo yang disematkan di sisi atas dan bawah handphone dengan keluaran suara yang tergolong baik dan tinggi volumenya.

Kamera

Samsung Galaxy A34 5G

Galaxy A34 5G mengusung konfigurasi kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48MP dengan OIS, lensa ultrawide 8MP, dan lensa macro 8MP. Tidak ada lagi lensa Depth seperti generasi sebelumnya yang mana saya juga merasa lensa tersebut tidak diperlukan. Untuk kamera depannya sendiri menggunakan lensa 13MP.

Soal kualitas fotonya tergolong cukup baik di kelasnya baik untuk lensa utama maupun ultrawide-nya. Namun saya melihat kedua lensa ini menonjolkan temperatur warna yang berbeda di mana lensa utama terlihat lebih dingin sedangkan lensa ultrawide lebih hangat.

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Ultrawide

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Ultrawide

Lensa makro yang ada pada Galaxy A34 5G dapat memfoto objek berjarak dekat dengan baik dan cepat. Sedangkan untuk kamera depannya dapat merekam detail wajah saya secara memuaskan.

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Macro

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Selfie Portrait

Di malam hari kamera Galaxy A34 5G akan otomatis mengaktifkan mode malam untuk hasil yang lebih tajam dan cerah. Mode malam ini juga dapat diaktifkan secara manual jika diinginkan.

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Ultrawide

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Portrait

Samsung Galaxy A34 5G - Hasil Kamera

Selfie Portrait

Baterai

Samsung Galaxy A34 5G

Daya tahan baterai Galaxy A34 5G tergolong tangguh untuk di kelas menengah dengan kapasitas baterai 5.000 mAh. Saya bisa menggunakan handphone ini dengan screen on time selama hampir 6 jam sebelum handphonenya perlu saya cas.

Ketika saya uji coba baterainya lebih lanjut menggunakan PCMark dengan setelan kecerahan layar 50%, refresh rate 120Hz, dan level baterai dari 100% menghasilkan skor 12 jam 12 menit. Tes yang sama namun di refresh rate 60Hz hasilnya 14 jam 56 menit.

Sayangnya Samsung tidak menyertakan charger bawaan untuk mengisi daya baterai handphone ini. Galaxy A34 5G sebetulnya mendukung pengisian daya cepat 25W jadi perlu menggunakan charger yang kompatibel atau membelinya.

Pengisian daya baterainya menggunakan charger 25W Samsung yang saya miliki membutuhkan waktu sekitar 1 jam 29 menit dari level baterai 10% ke 100%.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A34 5G

Dengan harga Rp4.999.000 untuk varian penyimpanan internal 128GB dan Rp5.399.000 untuk varian 256GB, Samsung Galaxy A34 5G bisa dibilang adalah handphone kelas menengah yang bisa jadi pilihan menarik. Performanya gegas, layar Super AMOLED yang memanjakan mata, dan hasil jepretan kameranya pun memuaskan.

Yang saya kurang suka dari handphone ini adalah penempatan kamera depan yang masih menggunakan model poni dan tidak adanya charger bawaan dalam boks penjualan handphone.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A34 5G

Dimensi & Berat161,3 x 78,1 x 8,2mm; 199g
WarnaAwesome Silver, Awesome Graphite, Awesome Violet
LayarSuper AMOLED 6,6″
2340 x 1080 piksel, 120Hz, Corning Gorilla Glass 5
Sistem OperasiOne UI 5.1 (Android 13)
Memori RAM 8GB, ROM 128/256GB
ChipsetMediatek Dimensity 1080
Kamera Belakang48MP wide-angle, f1.8, OIS
8MP ultrawide, f/2.2
5MP macro, f/2.4
Kamera Depan13MP, f/2.2
Baterai5.000mAh, pengisian daya 25W
Konektivitas5G, LTE, 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, NFC, Bluetooth 5.3
KonektorUSB Type-C
SensorAkselerometer, pemindai sidik jari optikal, giroskop, geomagnetik, hall sensor, sensor cahaya, sensor kedekatan
GPSGPS, GLONASS, Galileo, Beidou, QZSS
SpeakerSpeaker stereo
FiturIP67
HargaRp4.999.000 (128GB)
Rp5.399.000 (256GB)

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar