ASUS TUF Gaming FX507
Review Handphone

Review Samsung Galaxy M54 5G, Andalkan Baterai Jumbo dan Layar Super AMOLED Plus

Review Samsung Galaxy M54 5G Header

Samsung Galaxy M54 5G
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.3/10

Kesimpulan

Samsung Galaxy M54 5G ini handphone 5G kelas menengah yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari karena mempunyai daya tahan lama, performa lancar, dan layar Super AMOLED Plus yang nyaman di mata.

Yang Disukai

  • Daya Tahan Lama
  • Layar yang Memanjakan Mata
  • Update Software yang Panjang
  • Performa Lancar
  • Hasil Foto Berkualitas OK

Yang Tidak Disukai

  • Tidak Ada IP Rating
  • Speaker Mono
  • Absennya Adaptor Charger Bawaan

Gadgetren – Samsung Galaxy M54 5G merupakan ponsel 5G kelas menengah seri Galaxy M yang hadir di Indonesia dengan dukungan baterai jumbo berkapasitas 6.000mAh.

Tak hanya sampai di situ saja, Samsung Galaxy M54 5G juga dilengkapi dengan juga memiliki kamera utama beresolusi 108 MP. Selain sudah menggunakan teknologi Super AMOLED Plus, layarnya pun dilengkapi dengan refresh rate hingga 120Hz.

Untuk memberikan pilihan pada masyarakat Indonesia, Galaxy M54 5G hadir dengan dua varian warna yang terdiri dari Dark Blue dan Silver. Sementara yang menyenangkan lagi, ponsel ini mendapatkan update sistem operasi Android hingga 4 tahun dan update sistem keamanan hingga 5 tahun.

Dengan begitu, Galaxy M54 5G akan mendapatkan pembaruan hingga Android 17 karena pada saat dinyalakan untuk pertama kalinya sudah mendapatkan OneUI 5.1 berbasiskan Android 13.

Desain

Samsung Galaxy M54 5G - Diagonal Layout Back

Ponsel ini juga menggunakan bahasa desain Samsung kekinian yang simpel, namun menarik ketika dipandang mata. Pada bodi belakangnya terlihat tiga lingkaran menonjol yang disusun secara vertikal beserta LED Flash.

Tiga lingkaran tersebut terdiri dari kamera utama, ultrawide, dan makro. Sementara sebagai identitas mereknya, pada bagian bawah bodi belakangnya pun tetap disematkan logo Samsung.

Kebetulan saya sendiri mencoba Galaxy M54 5G varian Silver. Didominasi dengan warna dasar perak, bodi belakang varian ini mampu menghadirkan banyak warna gradasi mulai dari kuning, merah, oranye, biru, hijau, ungu, dan lainnya yang akan berubah-ubah tergantung dari pantulan cahaya serta arah sudut pandang melihatnya.

Permukaan bodi belakangnya sendiri menggunakan bahan Glastic sehingga membuat Galaxy M54 5G terlihat berkilau, namun terasa tidak terlalu licin ketika digenggam dengan satu tangan dibandingkan yang berbahan kaca.

Meskipun tidak mudah tertempel debu, namun noda sidik jari mudah membekas di bodi belakangnya. Dengan begitu, sebaiknya membeli softcase tambahan agar bagian belakang perangkat ini dapat terlindungi.

Perangkat ini pun tergolong ringan ketika dipegang dengan satu tangan karena memiliki berat yang mencapai 199 gram. Beralih ke bagian bawahnya, terdapat port USB Type-C dan lubang speaker.

Sementara pada sisi kirinya terdapat SIM Tray yang memiliki dua slot kartu SIM hybrid dengan slot kartu microSD. Untuk tombol volume dan power berada tepat di sisi kanannya.

Meskipun tidak di bawah layar, namun sensor fingerprint yang berada di atas tombol Power ini dapat merespon sidik jari saya dengan baik sehingga dapat mempercepat pembukaan kunci layar tanpa perlu memasukkan PIN, Pattern, maupun Password terlebih dulu.

Fitur NFC (Near Field Communication) sudah disematkan pada ponsel ini sehingga memudahkan saya untuk mengecek atau mengisi saldo kartu e-money secara cepat. Hal ini sangat membantu saya pada saat sedang melakukan perjalanan yang susah mengunjungi ATM maupun Supermarket.

Layar

Samsung Galaxy M54 5G - HandsOn Display

Pada bagian depan Galaxy M54 5G dihadirkan layar yang memenuhi bagian depan dengan lebar 6,7 inci, teknologi Super AMOLED Plus, 16 juta warna, dan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) sehingga dapat menampilkan konten dengan area luas secara terang dan jernih.

Hadirnya fitur Vision Booster dapat meningkatkan tingkat kecerahan pada tampilan layarnya. Sementara itu, saya merasa bahwa layar Galaxy M54 5G masih mampu menampilkan konten dengan jelas walaupun kondisinya sedang berada di bawah terik matahari sekalipun.

Berkat refresh rate 120Hz, layar Galaxy M54 5G mampu menampilkan gerakan transisi antar menu dan animasi pada game yang sangat halus sehingga memanjakan mata saya.

Meskipun tidak memiliki fitur Auto Switch untuk refresh rate, namun saya dapat memilih opsi Standar agar refresh rate menjadi 60Hz sehingga konsumsi energi pada perangkat ini menjadi lebih hemat.

Selain itu, sentuhan jari terhadap beragam menu, aplikasi, dan konten di layar terasa responsif sehingga membuat perangkat ini nyaman untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Punya sertifikasi Widevine L1, layar ponsel ini dapat menampilkan video berkualitas Full HD dari aplikasi streaming populer seperti Netflix, VIU, Amazon Prime Video, Disney+ Hotstar, dan YouTube.

Pada perangkat ini tersemat juga Corning Gorilla Glass 5 yang dapat meminimalisir terjadinya goresan di layarnya. Hadirnya punch hole yang menghiasi bagian depan, membuat Galaxy M54 5G terlihat lebih modern.

Software

Samsung Galaxy M54 5G - Split Screen - Feature

Sejak pertama kali dinyalakan, Samsung Galaxy M54 5G sudah dibekali dengan OneUI 5.1 berbasiskan Android 13 yang memiliki tampilan sederhana dengan ikon dan teks proporsional yang membuat navigasi terasa nyaman.

Menjadi ciri khas Samsung, gesture screenshot pada ponsel ini dapat dilakukan dengan menggunakan menyapu layar dari kiri dan tangan atau sebaliknya menggunakan gesture telapak tangan seperti arah pisau.

Selanjutnya, fitur Split Screen juga sering saya gunakan karena membuat dua aplikasi dapat berjalan sekaligus dalam satu layar. Misalnya menonton video di YouTube sekaligus membaca informasi di situs berita melalui browser.

Samsung Galaxy M54 5G - OneUI 5 1 Android 13

Hal yang lebih menariknya, aplikasi yang tidak didukung Split Screen seperti Instagram pun bisa menikmati fitur ini. Tentunya dengan layar yang lebar membuat dua aplikasi yang ditampilkan menjadi terasa luas.

Fitur lainnya yang sering digunakan adalah Dark Mode karena mampu membuat latar belakang dari sistem maupun aplikasi menjadi gelap atau berwarna hitam sehingga memungkinkan mata saya nyaman ketika menikmati konten dalam kondisi redup atau malam hari.

Hadirnya fitur Screen Recording dan Screenshot bawaan memudahkan saya ketika ingin mengabadikan informasi penting yang muncul di layar ponsel ini. Tentunya masih banyak fitur lagi yang dapat dieksplorasi pada Galaxy M54 5G yang dapat diaktifkan atau dimatikan sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Kamera

Samsung Galaxy M54 5G - Half Back Top

Samsung Galaxy M54 5G hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP dengan bukaan f/1.8, ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.2, dan makro 2 MP dengan bukaan f/2.4. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 32 MP dengan bukaan f/2.2.

Kamera utama ponsel ini dapat menghasilkan foto yang berkualitas baik di siang maupun malam hari. Apalagi warna dan kecerahan yang ditampilkan pada hasil fotonya terlihat natural.

Samsung Galaxy M54 5G - Resto - 108 MP

108 MP

Samsung Galaxy M54 5G - MRT - 108 MP

108 MP

Samsung Galaxy M54 5G - Batavia - 108 MP

108 MP

Sementara pada kondisi malam hari, hasil fotonya terlihat sudah terang dan jelas. Namun pada saat fitur Night Mode diaktifkan, maka hasil fotonya akan menjadi lebih terang dan minim noise dibandingkan menggunakan Auto Mode.

Samsung Galaxy M54 5G - Spotlight - Auto

Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Spotlight - Night Mode

Night Mode

Kamera ultrawide pada perangkat ini mampu menghasilkan foto dengan area yang luas sehingga cocok untuk mengabadikan pemandangan alam, perkotaan, maupun lainnya. Untuk warna dan kecerahan pada hasil fotonya pun ditingkatkan secara otomatis, namun masih nyaman ketika dipandang mata.

Samsung Galaxy M54 5G - Gedung - Ultrawide

Ultrawide

Samsung Galaxy M54 5G - Gedung - Auto

Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Subjek - Auto

Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Subjek - Portrait

Portrait

Meskipun beresolusi kecil, namun hasil foto makro dari perangkat ini bisa dibilang sudah cukup baik ketika membidik objek dari dekat. Untuk kamera depannya mampu menghasilkan foto selfie mampu menghasilkan foto dengan wajah yang terlihat natural dengan detail yang cukup tajam. Pada saat fitur Portrait diaktifkan, efek bokeh pada latar belakang dapat terpisah secara rapi dengan subjek.

Samsung Galaxy M54 5G - Selfie - Auto

Selfie – Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Selfie - Portrait

Selfie – Portrait

Samsung Galaxy M54 5G - Selfie - Auto

Selfie – Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Selfie - Night

Selfie – Night

Performa

Samsung Galaxy M54 5G - Half Back Bottom

Mengandalkan chipset buatan sendiri, Samsung Galaxy M54 5G sudah diotaki chipset Exynos 1380 (5nm) Octa-Core 2,4 GHz yang didampingi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Terdapat fitur RAM Plus yang memungkinkan sistem dapat meminjam kapasitas kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual dengan pilihan 2 GB, 4 GB, 6 GB, atau 8 GB.

Di atas kertas, komposisi ini dapat menunjang Galaxy M54 5G untuk menjalankan sistem, game, dan aplikasi dengan lancar. Namun untuk mengetahui kinerja nyatanya, saya pun langsung menjalankan berbagai aplikasi untuk aktivitas sehari-hari seperti media sosial, editor dokumen, chat, email, pemutar lagu, hingga sesekali video streaming.

Samsung Galaxy M54 5G - COD Mobile Settings

Hasilnya, Samsung Galaxy M54 5G mampu menjalankan beragam aplikasi tersebut secara multitasking dengan lancar. Tentunya RAM fisik dan RAM Virtual berkapasitas besar menjadi beberapa faktor yang membuat ponsel dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Pada tahap pengujian tingkat lanjut, saya juga turut memainkan berbagai game populer di ponsel ini seperti Call of Duty Mobile, Mobile Legends, Metal Slug, dan Arena of Valor.

Dengan menggunakan pengaturan grafis Low + frame rate Max atau grafis High + frame rate High, saya masih mampu memainkan game Call of Duty Mobile dengan lancar terutama untuk pergerakan serta grafis karakter, lingkungan, dan visual efek terlihat memanjakan mata.

Samsung Galaxy M54 5G - COD Mobile Game

Tombol virtual arah, tembakan, bidikan, pengisian peluru, pemilihan senjata, dan berbagai menu dapat merespon sentuhan jari saya dengan baik sehingga pertarungan dengan musuh di Call of Duty Mobile dapat berjalan dengan lancar.

Untuk game Mobile Legends dan Arena of Valor mampu dijalankan dengan lancar pada penggunaan grafis dan frame rate tinggi. Bahkan pada saat banyak karakter bertemu dalam satu area, game masih mampu berjalan dengan mulus. Namun perlu dicatat, saya juga menggunakan koneksi internet yang stabil.

Sementara game Metal Slug pun dapat berjalan dengan lancar ketika menggunakan grafis tertinggi alias Ultra. Samsung Galaxy M54 5G juga dilengkapi dengan fitur Game Booster yang dapat meningkatkan performa ketika game sedang berjalan.

Samsung Galaxy M54 5G - Benchmark Performance

Pada pengujian dengan AnTuTu Benchmark V10.1.3, ponsel ini berhasil mendapatkan skor 594.004 poin. Sementara Galaxy M54 5G mendapatkan skor 1.007 poin untuk Single-Core dan 2.887 poin untuk Multi-Core di aplikasi Geekbench 6.2.0.

Dengan rangkaian benchmark di atas, terlihat bahwa Galaxy M54 5G mempunyai performa yang bertenaga untuk bersaing dengan ponsel 5G lainnya di kelas menengah.

Baterai

Samsung Galaxy M54 5G - Half Display Top

Baterai berkapasitas 6.000mAh menjadi salah satu fitur yang diunggulkan oleh Samsung Galaxy M54 5G karena diklaim Samsung mampu bertahan lama ketika digunakan untuk pemakaian normal.

Untuk mengetahui realitas daya tahannya, saya langsung melakukan benchmark menggunakan aplikasi PCMark for Android dengan parameter Work 3.0 battery life, tingkat kecerahan layar di 50%, dan persentase baterai mulai dari 100%.

Samsung Galaxy M54 5G berhasil mendapatkan skor PCMark for Android mencapai 17 jam 34 menit ketika layarnya menggunakan refresh rate 60Hz. Sedangkan pada layar dengan refresh rate 120Hz, perangkat ini mendapatkan skor 14 jam 43 menit.

Tak ketinggalan, saya juga turut menguji daya tahan baterainya ketika digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari dengan beragam aplikasi seperti chat, media sosial, email, pemutar lagu, sesekali video streaming dan editor dokumen.

Pada layar dengan refresh rate 60Hz, AccuBattery memperlihatkan bahwa Galaxy M54 5G mempunyai Screen on Time mencapai 8 jam 44 menit dari kondisi 100% ke 10%. Sedangkan pada refresh rate 120Hz, ponsel ini memiliki Screen on Time 7 jam 11 menit dari kondisi 100% ke 10%.

Dari pengujian di atas, terlihat bahwa layar dengan refresh rate 60Hz memiliki konsumsi energi yang lebih rendah dibandingkan dengan refresh rate 120Hz. Namun tetap saja pemilihan kecepatan refresh rate ini tergantung kebutuhan masing-masing pengguna.

Sayangnya saya tidak sempat melakukan pengujian pengecasan cepatnya karena dalam dus penjualannya tidak disediakan 25W adaptor charger. Untuk itu, kamu harus membeli secara terpisah adaptor tersebut.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M54 5G - HandsOn

Dengan harga Rp6.499.000, Galaxy M54 5G cocok bagi kamu yang menginginkan ponsel 5G dengan daya tahan lama, performa lancar, dan memiliki layar yang memanjakan mata.

Untuk hasil foto dari kamera depan dan belakangnya pun tergolong berkualitas OK. Fitur NFC yang hadir pada perangkat ini dapat membantu untuk pengecekan maupun pengisian saldo kartu e-money secara mudah.

Namun yang perlu dicatat, perangkat ini hanya mempunyai speaker mono dan belum dilengkapi dengan sertifikasi IP Rating. Port jack audio 3,5mm pun tidak dihadirkan pada Galaxy M54 5G sehingga kamu harus menggunakan earphone atau headphone dengan koneksi langsung USB Type-C atau Bluetooth agar tidak perlu repot menggunakan konverter jack audio 3,5mm ke USB Type-C.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M54 5G

Dimensi & Berat164,9mm x 77,3mm x 8,4mm
199 gram
WarnaSilver, Dark Blue
Layar6,7 inci, Super AMOLED Plus, Full HD+ (2400 x 1080 piksel), refresh rate 120Hz, Corning Gorilla Glass 5
Sistem OperasiOneUI 5.1 (Android 13)
MemoriRAM 8 GB / penyimpanan internal 256 GB
ChipsetExynos 1380 (5nm) Octa-Core 2,4 GHz
Kamera BelakangUtama 108 MP (apertur f/1.8)
Ultrawide 8 MP (apertur f/2.2)
Makro 2 MP (apertur f/2.4)
Kamera Depan32 MP (apertur f/2.2)
Baterai6.000mAh, 25W Fast Charging
SensorAkselerometer, pemindai sidik jari, kompas, giroskop, proximity, cahaya, orientasi, geomagnetik
GPSGPS, GLONASS, Galileo, BDS
SpeakerSpeaker Mono
FiturWidevine L1, Face Unlock, RAM Plus hingga 8 GB, NFC
Konektivitas5G, 4G-LTE, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.3
KonektorUSB Type-C
HargaRp6.499.000

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar