ASUS TUF Gaming FX507
Review Laptop / PC

Review Axioo Hype 7 AMD, Jagoan Baru di Rp6 Jutaan dengan Ryzen 7

 Review Axioo Hype 7 AMD Header

Review Axioo Hype 7 AMD
  • Rating
4.5

Kesimpulan

Axioo Hype 7 AMD merupakan laptop yang sangat menarik karena menawarkan nilai dan performa yang jarang ditemukan pada laptop di kelas ini.

Yang Disukai

  • Bodi solid, ringan, dan ringkas
  • Ryzen 7 5700U bertenaga
  • Baterai tahan lama
  • Keyboard backlit nyaman
  • Dukung RAM hingga 64GB

Yang Tidak Disukai

  • Belum termasuk Microsoft Office
  • Masih ada USB 2.0

Gadgetren – Axioo menjadi salah satu brand lokal yang saat ini semakin gencar meluncurkan deretan laptop yang sangat bersaing di pasaran.

Hal ini terlihat lewat kemunculan Axioo Hype 7 AMD yang tidak hanya punya harga relatif terjangkau melainkan juga spesifikasi tangguh di kelasnya.

Pasalnya laptop ini dipersenjatai AMD Ryzen 7 5700U, RAM 8GB, dan penyimpanan NVMe SSD berkapasitas 512GB dengan harga hanya Rp6.299.000 saja. Penasaran? Yuk kita lihat Axioo Hype 7 AMD lebih jauh.

Desain

Tampilan Utama

Axioo Hype 7 AMD tebar pesona dalam balutan warna abu metalik yang menyelimuti seluruh permukaan bodinya membuat laptop ini terasa jauh lebih premium dan berkualitas dibandingkan kelas harganya.

Axioo Hype 7 AMD (4)

Secara keseluruhan desainnya terbilang minimalis dengan hanya ada logo X berlapis krom di salah satu pojok penutup. Oleh karena itu laptop ini bakal tetap pantas untuk digunakan dalam berbagai kondisi baik itu dalam ruang kelas, meeting, maupun lainnya.

Termasuk sebagai laptop 14 inci, bodinya yang tipis tidak hanya bakal terasa ringan ketika dibawa melainkan juga ringkas ketika disimpan dalam tas. Laptop ini pastinya bakal memberikan kesan yang tidak murahan sama sekali.

Konektivitas

Sebagai laptop yang memang menyasar kaum muda, Axioo Hype 7 AMD menyajikan dukungan port yang lengkap dan kekinian. Pada sisi kanan terdapat USB 3.2 Gen 1, USB 2.0, micro SD card reader, dan 3,5mm audio combo jack. Sementara pada sisi kiri terdapat USB 3.2 Gen 1, HDMI, USB-C, dan DC-in.

Axioo Hype 7 AMD (5)

Untuk USB-C yang ada di laptop ini mendukung fungsi secara penuh yang mana berarti dapat mengalirkan daya, data, dan video. Ragam port yang disediakan tentunya membuat laptop ini siap untuk terhubung dengan perangkat masa kini.

Axioo Hype 7 AMD (6)

Bahkan untuk konektivitas nirkabel, Axioo Hype 7 AMD pun sudah mendukung teknologi WiFi 5 untuk menghadirkan transfer data cepat. Selain itu juga ada Bluetooth 5.1 yang terasa memadai walaupun sudah ada versi di atasnya.

Keyboard dan touchpad

Axioo Hype 7 AMD memiliki keyboard dengan susunan tombol yang sedikit berbeda dari biasanya karena beberapa tombol seperti delete dan home berjejer secara vertikal di samping kanan. Saya perlu membiasakan dengan letaknya karena sering kali salah tekan ketika ingin Enter atau Backspace.

Secara keseluruhan keyboard laptop ini terasa nyaman ketika digunakan mengetik sepanjang hari. Tuts punya kestabilan baik yang dikombinasikan dengan material solid memberikan sensasi mengetik yang konsisten. Hanya saja permukaan keyboard mudah terlihat kotor setelah terkena minyak dari tangan dan jari.

Axioo Hype 7 AMD (8)

Terdapat juga lampu backlit berwarna putih dengan 2 tingkat pencahayaan yang mana tidak sering ditemukan pada laptop di harganya. Sementara untuk touchpad memiliki area yang lebih lebar ke samping.

Touchpad pun mampu merespon gerakan jari secara baik serta memiliki tombol yang renyah ketika ditekan. Ditambah lagi kemampuan deteksi palm rejection dari touchpad juga terbilang sempurna karena saya tidak pernah merasa terganggu bagaimanapun posisi tangan saat mengetik

Layar dan Speaker

Axioo Hype 7 AMD menyajikan layar berukuran 14 inci yang mempunyai resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Panelnya menggunakan teknologi IPS yang dapat menampilkan gambar dengan warna cerah dan punya sudut penglihatan luas sehingga tidak ada distorsi warna ketika dilihat dari segala sisi.

Axioo Hype 7 AMD (9)

Oleh karena itu konten visual yang ditampilkan pun tidak hanya terlihat tajam melainkan juga asik saat digunakan menonton video. Apalagi selain menggunakan lapisan matte, layarnya layar juga dapat dibuka hingga 180 derajat untuk memberikan keleluasaan saat menggunakan laptop.

Axioo Hype 7 AMD (3)

Menemani layarnya terdapat speaker stereo yang ditembakkan dari sisi kiri dan kanan keyboard. Kualitas audio yang dihasilkan tergolong baik dengan suara lantang dan vokal terdengar jelas. Rasanya untuk segi audio, laptop ini mampu menghadirkan suara yang bersaing dengan Acer Aspire Lite 14.

Kombinasi ini membuat Axioo Hype 7 AMD menawarkan pengalaman penggunaan yang cukup optimal apapun aktivitasnya mulai dari belajar, bekerja, maupun mengonsumsi konten hiburan.

Pengujian Performa

Untuk kelas harganya, Axioo Hype 7 AMD membawa spesifikasi yang terbilang sangat kompetitif sekali. Cocok dengan namanya yang berhasil memberikan rasa hype di segmen laptop harga terjangkau.

Axioo Hype 7 AMD Spesifikasi

Bagaimana tidak, sebagai otaknya sudah menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 5700U dengan TDP 15W yang memiliki 8 Cores dan 16 Threads. Prosesor ini pun memiliki kecepatan Boost Max hingga 4,35GHz.

AMD Ryzen 7 5700U tentunya bakal mampu menghadirkan kinerja yang tangguh, pasalnya prosesor ini bukan prosesor yang bisa dianggap remeh. Pastinya untuk kebutuhan sehari-hari sudah sangat memadai seperti digunakan bekerja kantoran.

Axioo Hype 7 AMD Cinebench R23

Kinerjanya pun dapat terlihat dari raihan skor Cinebench R23 yang mencapai 1.252 poin untuk Single Core dan 7.385 untuk Multi Core. Angka tersebut termasuk tinggi, bahkan mendekati Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 yang menggunakan Ryzen 7 PRO 6850U.

Oleh karena itu tidak perlu diragukan lagi akan ketangguhan dari AMD Ryzen 7 5700U yang memang dikhususkan untuk laptop tipis sambil tetap membawa kinerja mumpuni.

RAM dan Penyimpanan

Axioo Hype 7 AMD sudah menggunakan solusi penyimpanan NVMe SSD berkapasitas 512GB untuk menjamin sistem selalu bekerja responsif dan mampu mengikuti kecepatan dari prosesornya.

Axioo Hype 7 AMD SSD Tes

Ketika diuji menggunakan Crystal Disk Mark 8, SSD tersebut memberikan kecepatan Baca 2.574,75 MB/s dan Tulis 920,34 MB/s. Sedikit di bawah rata-rata SSD kebanyakan memang, namun masih jauh lebih cepat dibandingkan HDD dan sistem terasa tetap gesit.

Sementara untuk RAM, pada varian laptop ini menggunakan DDR4 3200MHz berkapasitas 8GB yang mana bisa ditingkatkan hingga 64GB dalam mode Dual Channel. Untuk melakukan upgrade baik RAM maupun SSD perlu membuka seluruh bagian belakang laptop.

Performa Office

Setelah melihat ketangguhan prosesor AMD Ryzen 7 5700U, rasanya tidak perlu khawatir lagi ketika berencana menggunakan laptop ini untuk kebutuhan kerja. Selama masa pengujian dalam sehari-hari, sistem berjalan dengan lancar tanpa ada kendala seperti lagi maupun lainnya.

Membuka banyak tab secara bersamaan untuk melihat referensi saat membuat dokumen sambil mendengarkan musik di Youtube, laptop ini mampu mengatasinya dengan sangat mudah. Selalu terasa responsif saat melakukan multitasking maupun membuka aplikasi kantoran lainnya.

Axioo Hype 7 AMD PCMark10

Oleh karena itu tidak heran juga bahwa Axioo Hype 7 mampu meraih skor PCMark 10 mencapai 4.623 poin dengan nilai produktivitas mencapai 7.911 poin. Skor tersebut lebih unggul dari HP 14-em0014AU yang berada di kelas harga serupa.

Axioo Hype 7 AMD berhasil memberikan pengalaman penggunaan yang nyaman dalam keseharian dan bisa selalu diandalkan. Walaupun sudah menjalankan Windows 11, sayangnya Axioo hanya menyediakan LibreOffice dan Office 365 versi gratis saja di dalam laptop ini.

Performa Gaming

Axioo Hype 7 AMD tidak menghadirkan GPU terdedikasi melainkan mengandalkan RX Vega yang terintegrasi pada Ryzen 7 5700U. Kinerjanya memang sedikit terbatas, namun seharusnya sudah mampu untuk menjalankan game-game kasual dengan cukup baik.

Axioo Hype 7 AMD Genshin Impact

Hal ini pun terlihat ketika diuji bermain Genshin Impact yang dapat dimainkan dengan cukup lancar. Saya bisa mendapatkan FPS yang stabil di kisaran 45 FPS pada resolusi 720p dan grafis Low ketika sedang melawan musuh.

Axioo Hype 7 AMD Shadow of Tomb Raider

Sementara untuk game yang lebih berat seperti Shadow of Tomb Raider, laptop ini kesulitan untuk menjalankannya. Rata-rata FPS yang diraih pun berada di kisaran 25 FPS pada resolusi 720p dan grafis Lowest.

Laptop ini sendiri memang tidak menyasar para gamer sehingga bisa dimaklumi kemampuan olah grafis yang dihadirkannya. Namun selama game yang ingin dimainkan tergolong ringan, laptop ini masih bisa sedikit melepas dahaga saat ingin mengisi waktu luang.

Selama pengujian bermain game suhu CPU terdeteksi maksimal mencapai kisaran 85 °C, namun untuk permukaan laptop sendiri khususnya bagian keyboard masih terasa adem dengan suara kipas dapat terdengar berputar kencang.

Webcam dan Mikrofon

Axioo Hype 7 AMD memiliki kamera HD 720p yang tersemat di bezel bagian atas layarnya. Kualitas gambar yang dihasilkan secara mengejutkan tergolong baik untuk apa yang memang ditawarkannya.

Axioo Hype 7 AMD (7)

Gambar memang buram dan detail kurang tajam akibat resolusi yang hanya 720p. Namun warna tertangkap dengan baik dengan eksposur yang tidak berlebihan serta noise yang tidak terlalu tampak bahkan ketika berada di dalam ruangan membuat kameranya masih bisa diandalkan untuk video call.

Axioo Hype 7 AMD Webcam

Sementara untuk mikrofon internal yang disediakan terbilang biasa saja dan menangkap suara dari sekitar secara penuh. Oleh karena itu perlu memperhatikan kondisi lingkungan saat video call karena suara-suara lain akan ikut tertangkap.

Daya Tahan Baterai

Dengan bodi laptop yang ringkas dan tipis, Axioo Hype 7 menariknya tetap dapat menghadirkan daya tahan baterai yang bisa diandalkan dalam keseharian. Laptop ini pun diuji menggunakan PCMark 8 dengan parameter mode Work, kecerahan 50%, baterai dari 100%, dan backlit keyboard mati.

Hasilnya, laptop ini berhasil mendapatkan skor mencapai 6 jam 32 menit yang mana di atas rata-rata laptop mainstream terutama di kelasnya. Angka tersebut bahkan termasuk dalam golongan atas dari laptop-laptop yang sebelumnya pernah tim Gadgetren ulas.

Axioo Hype 7 AMD Tes Baterai

Hal ini tentunya membuat Axioo Hype 7 AMD bakal bisa menemani aktivitas keseharian dengan mudah. Sementara untuk pengisian dayanya sendiri membutuhkan waktu sekitar 1 jam 43 menit untuk kembali terisi penuh dari yang tadinya tersisa 19%.

Charger 64 Watt bawaan yang disediakan pun memiliki ukuran yang masih tergolong ringkas sehingga mudah untuk ikut dibawa. Pengisian daya pun bisa melalui USB-C selama charger yang digunakan sanggup memberikan arus daya yang mencukupi.

Kesimpulan

Axioo Hype 7 AMD merupakan laptop yang sangat menarik karena menawarkan nilai dan performa yang jarang ditemukan pada laptop di kelas ini. Hanya dengan merogoh kocek Rp6 jutaan sudah bisa mendapatkan kinerja mumpuni dari Ryzen 7 5700U.

Ditambah lagi layar IPS dan keyboard backlit memberikan pengalaman penggunaan yang nyaman dalam keseharian. Axioo sebagai vendor laptop lokal berhasil menawarkan sebuah produk yang wajib untuk dilirik oleh siapa pun yang ingin mencari laptop di rentang harga ini.

Axioo Hype 7 AMD (2)

Khususnya bagi pelajar maupun pekerja kantoran yang ingin punya laptop ringan dan ringkas dengan performa yang bisa diandalkan untuk mengerjakan tugas. Desain yang dihadirkan pun minimalis sehingga bakal cocok untuk segala kondisi baik itu formal maupun informal.

Munculnya Axioo Hype 7 AMD menjadi bukti bahwa laptop lokal bisa bersaing dengan brand ternama dari luar. Performa dan nilai yang ditawarkan oleh Axioo Hype 7 AMD membuat saya optimis terhadap lini Axioo Hype generasi selanjutnya.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar