ASUS TUF Gaming FX507
Review Laptop / PC

Review HP 14-em0014AU, Kinerja Gegas Cocok Untuk Ngerjain Tugas

Review HP 14-em0014AU Header

Review HP 14-em0014AU
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.2/10

Kesimpulan

HP 14-em0014AU yang sudah dibekali dengan prosesor Ryzen 7000 Series cocok untuk menunjang keperluan belajar maupun mengerjakan tugas dengan lancar.

Yang Disukai

  • Bodi ringan dan ringkas
  • Performa gegas untuk tugas
  • Baterai cukup tahan lama
  • Kamera ada shutter fisik
  • Keyboard nyaman dan backlit

Yang Tidak Disukai

  • Layar masih ada distorsi warna
  • Desain mulai monoton

Gadgetren – Saat ini banyak sekali pilihan laptop dengan harga terjangkau dengan spesifikasi yang sudah cukup memadai dalam penggunaan sehari-hari.

HP 14 menjadi salah satunya karena dengan harga Rp6 jutaan sudah dibekali dengan prosesor Ryzen 7000 Series untuk menunjang berbagai aktivitas dengan lancar.

Laptop ini sendiri memang menyasar para pelajar atau mahasiswa masa kini yang mulai membutuhkan perangkat untuk mengerjakan tugas. Tim Gadgetren pun berkesempatan untuk merasakan bagaimana pengalaman menggunakan HP 14.

Dari segi desain, HP 14 masih membawa karakteristik yang tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Tampilan luarnya masih terlihat minimalis dan sederhana dengan balutan warna perak tanpa ada banyak pernak pernik menghiasi selain logo HP di bagian punggung.

Hal ini membuat laptop ini bakal pantas untuk digunakan dalam berbagai suasana formal seperti melakukan presentasi di sekolah maupun belajar mengajar. Ditambah lagi laptop ini pun tergolong cukup ramping dan ringan untuk dibawa ke mana saja.

Dengan bobot di kisaran 1,4 kg, bodinya yang ringan masih terasa cukup kokoh dengan konstruksi yang terasa berkualitas dengan pinggiran yang sedikit membulat. Tekstur permukaan dari seluruh bodinya pun terasa halus di tangan.

HP 14-em0014AU (4)

Untuk memudahkan penggunanya, deretan port yang tersedia pada HP 14 pun beragam mulai dari dua buah USB-A, USB-C, HDMI, dan 3.5mm audio jack. Hanya saja berbeda dari laptop pada umumnya, DC-in untuk daya berada di sisi kanan yang mana jadi sedikit terasa mengganggu.

Apalagi ketika menggunakan mouse tambahan, kabel daya yang melintang perlu diatur agar tidak menghalangi gerakan. Jadi sedikit perlu ada penyesuaian jika sebelumnya menggunakan laptop dengan port daya di sisi kiri.

Ketika penutup laptop ini dibuka akan langsung disajikan layar 14 inci dengan bezel micro-edge yang membuatnya terlihat lebih luas. Layarnya sudah memiliki resolusi FHD 1080p dengan tingkat kecerahan mencapai 250 nits.

HP 14-em0014AU (2)

Ditambah dengan lapisan anti-glare, konten yang tampil di layar tetap dapat terlihat jelas saat digunakan di luar maupun dalam ruangan yang banyak sumber cahaya. Berkat resolusi yang sudah FHD, gambar dan teks terlihat tajam.

Hanya saja panelnya belum IPS sehingga akan ada distorsi warna ketika layar tidak dilihat dari sudut yang benar-benar lurus. Jika dilihat dari sudut lain, warna dari konten akan berubah menjadi sedikit gelap atau terang sehingga mengurangi pengalaman visual yang bisa dinikmati.

Yang cukup menarik, HP 14 memiliki webcam True Vision FHD 1080p dengan kualitas yang oke dan bakal sangat berguna bagi yang sering melakukan telekonferensi maupun video call. Selain itu webcam tersebut juga memiliki shutter fisik yang dapat dibuka dan tutup untuk menjaga privasi lebih aman.

HP 14-em0014AU (3)

Beralih di bawah layarnya tersedia keyboard dengan desain yang sudah menjadi andalan dari laptop HP. Selain sudah memiliki lampu backlit, setiap tuts memiliki kestabilan yang baik dan jarak yang optimal sehingga membuatnya sangat nyaman sekali dan mengetik pun jadi akurat.

Dikarenakan menyasar kaula muda, pada keyboard juga tersedia pintasan di tombol F1 untuk mengirimkan emoji dengan instan. Hanya saja tombol power berada di antara tombol prt sc dan delete yang mana perlu berhati-hati agar tidak salah tekan atau setidaknya mengatur fungsi daya agar laptop tidak mati secara tiba-tiba.

Dengan seluruh hal tersebut. bisa dikatakan keyboard miliki HP 14 menjadi salah satu yang paling nyaman yang pernah diuji untuk kelas harganya terutama ketika digunakan untuk mengetik dokumen. Tidak hanya itu saja, area touchpad pun kini lebih lebar sehingga menavigasikan kursor jadi lebih leluasa.

HP 14 em0014AU HWiNFO

Di dalam HP 14-em0014AU terdapat prosesor Ryzen 3 7320U sebagai pusat dapur pacunya. Prosesor tersebut memiliki 4 Core dan 8 Threads dengan kecepatan maksimal 4,1GHz yang mana sangat kompetitif untuk kelas harganya.

Untuk menunjang multitasking lebih baik, laptop ini pun sudah dibekali RAM 8GB untuk menjalankan berbagai program secara bersamaan. Selain itu juga ada penyimpanan SSD berkapasitas 512GB yang tidak hanya luas melainkan juga memiliki kecepatan tinggi.

Kombinasi tersebut membuat laptop ini terasa responsif ketika digunakan dalam keseharian. Mulai dari proses booting Windows 11 hingga membuka program berlangsung dengan singkat. Membuka banyak tab di browser maupun beberapa program secara bersamaan pun masih terbilang lancar.

HP 14 em0014AU PCMark 10

Ketika diuji menggunakan PC Mark 10, laptop ini pun terlihat berhasil mendapatkan skor mencapai 3.690 poin. Sementara untuk kemampuan dari prosesornya sendiri mendapatkan skor 1.096 poin untuk Single Core dan 4.435 poin untuk Multi Core ketika diuji dengan Cinebench R23.

Hasil yang sangat bersaing sehingga tidak heran jika laptop ini dapat memberikan pengalaman penggunaan yang mulus. Berbagai konten multimedia pun dapat diputar dengan lancar tanpa ada kendala.

HP 14 em0014AU Cinebench R23

Namun dikarenakan laptop ini hanya memiliki GPU AMD Radeon Graphics yang sudah terintegrasi dengan CPU, maka sedikit terbatas opsi yang bisa dipilih jika ingin bermain game untuk mengisi waktu luang. Hanya game-game kasual saja yang dapat dijalankan.

Di samping performa yang memadai, salah satu keunggulan HP 14 lainnya terletak di masa penggunaannya. Berbekal baterai 3-cell 41Whr yang dikombinasikan dengan prosesor yang efisien, laptop ini berhasil memberikan masa penggunaan yang cukup lama dalam sekali pengisian daya.

Berdasarkan pengujian menggunakan PC Mark 8 dengan tingkat kecerahan layar 50% dan backlit keyboard mati, laptop ini mampu mendapatkan skor hingga 5 jam 49 menit yang mana tergolong lama dibandingkan laptop mainstream pada umumnya yang kerap hanya di kisaran 2 jam saja.

HP 14 em0014AU PCMark 8 Baterai

Sementara untuk pengisian dayanya mengandalkan adapter 45W yang membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 132 menit untuk mengisi kembali baterainya hingga penuh dari yang tadinya hanya tersisa 19% saja.

Secara keseluruhan HP 14-em0014AU menawarkan nilai yang cukup kompetitif berkat kinerja gegas dan daya tahan baterai yang lama. Dengan begitu laptop ini dapat melalui beberapa sesi belajar maupun mengerjakan tugas tanpa perlu harus selalu mencari colokan listrik.

Layarnya memang masih bisa lebih baik lagi agar bisa melihat konten dengan optimal, namun untungnya laptop ini mempunyai keyboard dan touchpad yang sangat nyaman sebagai gantinya. Pastinya HP 14 memang bakal cocok untuk penggunaan ringan seperti keperluan belajar maupun mengerjakan tugas.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar