ASUS TUF Gaming FX507
Review Laptop / PC

Review Acer Aspire Lite 14 AL14-31P, Laptop Modern Untuk Aktivitas Ringan di Keseharian

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P Intel Watermark

Review Acer Aspire Lite 14 AL14-31P
  • Rating
4

Kesimpulan

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P membawa desain profesional dan modern yang ringan untuk dibawa beraktivitas di keseharian dengan kinerja cukup oke.

Yang Disukai

  • Layar nyaman digunakan
  • Speaker lantang
  • Baterai cukup tahan lama
  • Sudah pakai NVMe SSD
  • Mudah upgrade RAM

Yang Tidak Disukai

  • Keyboard dan touchpad bisa lebih baik

Gadgetren – Acer Aspire sebagai lini laptop yang sudah cukup populer kini memiliki model Lite dengan desain yang ringan dan tipis.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P yang dihargai Rp5.149.000 menawarkan dapur pacu dengan konfigurasi Intel® Processor N100, RAM 8GB DDR5, penyimpanan SSD 512GB, dan sudah langsung menjalankan Windows 11 Home.

Penasaran? Mari kita lihat Acer Aspire Lite 14 AL14-31P secara lebih dekat lagi mulai dari tampilan luar hingga kinerjanya.



Desain

Tampilan Luar

Acer Aspire Lite 14 sesuai namanya yang membawa kata ‘Lite’ menghadirkan desain yang terbilang ringan dan ramping. Sekilas laptop ini bahkan terlihat seperti laptop premium karena memberikan kesan gaya yang profesional dan premium dengan balutan warna perak.

Desain yang disajikan oleh laptop ini cukup kalem dengan hanya ada logo Acer di bagian atas dan Aspire di bagian bawah penutup yang mana sama-sama diembos secara halus sehingga semakin menambah cita rasa profesional.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P (4)

Dimensi bodinya yang secara keseluruhan terbilang ramping ditambah bobot yang hanya sekitar 1,3kg membuat Acer Aspire Lite 14 bakal mudah untuk dibawa kemana saja baik itu ditenteng maupun dimasukkan ke dalam tas.

Yang paling menarik dari laptop ini tentunya kemampuan untuk memutar layar hingga 180 derajat yang mana tidak sering ditemukan pada segmen harga Rp5 jutaan. Salah satu keuntungannya dapat membuat engsel lebih awet buat kamu yang sering kali tidak sengaja membuka terlalu lebar atau berlebihan.

Walaupun ringan, bodinya sendiri menggunakan material plastik yang masih terasa kokoh dengan tekstur permukaan halus yang kembali lagi semakin memberikan kesan modern.

Konektivitas

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P menghadirkan rangkaian port yang cukup lengkap untuk kebutuhan masa kini. Pada sisi kanan tersedia dua buah port USB 3.2, port microSD dan port 3,5mm audio jack sementara pada sisi kiri terdapat port HDMI, port USB 3.2, Kensington lock, USB Type-C Full Function, dan DC-In.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P (6)

Kehadiran port USB Type-C tentunya sangat disambut baik mengingat saat ini sudah banyak perangkat yang menggunakannya. Ditambah lagi port USB Type-C tersebut juga mendukung DC-In yang mana berarti dimungkinkan untuk mengisi daya.

Namun pengisian daya melalui USB Type-C tidak bisa sembarangan karena pada pengujian setidaknya harus menggunakan charger yang mendukung output 20W karena output di bawah itu tidak akan mengaktifkan pengisian daya sama sekali.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P (3)

Sementara untuk konektivitas nirkabel didukung Wi-Fi 5 802.11ac dan Bluetooth 5.0. Bukan generasi yang terbaru memang, namun sudah memadai untuk saat ini dengan cukup baik.

Layar dan Audio

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P menyajikan layar berukuran 14 inci yang sudah mendukung resolusi 1920 x 1200 piksel sehingga mampu memberikan ketajaman gambar yang cukup baik.

Teknologi panelnya pun bahkan menggunakan IPS sehingga tidak ada distorsi warna ketika dilihat dari berbagai sudut serta mampu memberikan warna yang cerah.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P (7)

Aspek rasionya pun sudah 16:10 seperti kebanyakan laptop kelas atas sehingga terlihat lebih luas dan dapat menampilkan konten vertikal lebih banyak. Ditambah lagi teknologi Acer ComfyView tak ketinggalan menemani layarnya.

Kombinasi ini memungkinkan layarnya tetap nyaman di mata setelah dilihat dalam waktu yang lama. Layarnya tidak mendukung touchscreen, tetapi memiliki lapisan anti-glare yang akan mengurangi pantulan cahaya agar konten terlihat jelas dan mata tidak cepat lelah.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P (5)

Menemani layarnya terdapat speaker stereo yang terletak di sisi kiri dan kanan keyboard sehingga suara langsung menyasar ke pengguna. Untuk kualitas audionya sendiri terbilang biasa saja, namun lantang dan suara vokal dapat terdengar dengan jelas.

Keyboard dan Touchpad

Keyboard yang dimiliki oleh Acer Aspire Lite 14 AL14-31P terasa cukup nyaman untuk digunakan mengetik dengan tingkat kestabilan yang baik untuk setiap tuts. Hanya saja dikarenakan material chasisnya, sedikit terasa ada getaran menjalar setiap kali menekan tuts saat mengetik.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P (2)

Sementara untuk touchpad memiliki area permukaan yang lebar sehingga jari dapat menyelusur dengan leluasa. Touchpad pun memiliki deteksi palm rejection yang baik untuk mencegah kursor bergerak tidak sengaja.

Namun sisi kiri dan kanannya mudah tertekan telapak tangan ketika dalam posisi mengetik. Ukurannya yang lebar mengharuskan saya harus sedikit mengubah posisi tangan. Maka jika menggunakan mouse eksternal sebaiknya fungsi touchpad dinonaktifkan sementara saja.

Pengujian Performa

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P pada pusatnya mengandalkan Intel® Processor N100 yang menghadirkan kinerja lewat 4 Core dan 4 Threads yang memiliki kecepatan Turbo Max hingga 3,4GHz. CPU Alder Lake-N ini hanya memiliki TDP 6W saja yang mana terbilang cukup efisien.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P HWiNFO

Intel® Processor N100 sendiri diperuntukkan untuk kegiatan ringan yang tidak terlalu membutuhkan kinerja tinggi seperti internetan maupun konsumsi media. Bersamaan dengan itu, terdapat juga Intel® UHD Graphics terintegrasi yang diandalkan untuk kebutuhan oleh grafis.

Oleh karena itu perlu sedikit menyesuaikan ekspektasi mengenai kinerjanya. Hal ini bisa terlihat dari skor benchmark yang diraih oleh Acer Aspire Lite 14. Pada Cinebench R23 misalnya mendapatkan skor 803 poin untuk Single Core dan 2.600 poin untuk Multi Core. Hasil ini tercatat lebih baik ketimbang Intel Core i3-1005G1 (Gen 10).

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P Cinebench R23

Angka yang bisa dikatakan sangat wajar untuk prosesor di kelas ini yang mana memang hanya untuk aktivitas komputasi ringan saja sehingga perlu menjaga ekspektasi kinerja yang bisa ditawarkannya.

RAM dan Penyimpanan

Kabar baiknya, Acer Aspire Lite 14 sudah menghadirkan solusi penyimpanan NVMe SSD berkapasitas 512GB yang mana tentunya akan sangat memberikan manfaat positif dalam hal tingkat respon untuk sedikit meringankan beban kerja dari CPU.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P CrystalDiskMark

Dalam pengujian menggunakan CrystalDiskMark 8, SSD yang ada di dalam laptop ini memiliki kemampuan sekuensial hingga 3.472 MB/s untuk Baca dan 2.614 MB/s untuk Tulis. Jauh lebih cepat dibandingkan penyimpanan berbasis eMMC maupun HDD konvensional.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P (8)

Ditambah lagi Acer Aspire Lite 14 juga sudah mengandalkan RAM DDR5 8GB yang lebih efisien. Kapasitasnya pun sudah mencukupi kebutuhan minimal penggunaan masa kini. Namun jika ingin ditingkatkan lagi, laptop ini mendukung kapasitas RAM hingga 16GB pada satu slot yang disediakan.

Performa Office

Untuk skenario penggunaan umum seperti dalam keseharian untuk menikmati konten multimedia hingga bekerja, Acer Aspire Lite 14 tergolong sudah mumpuni. Kinerja yang dihadirkan cukup lancar untuk membuka berbagai aplikasi kantoran seperti Word maupun edit foto ringan.

Tentunya laptop ini juga masih sanggup untuk membuka beberapa tab secara bersamaan saat browsing. Secara keseluruhan tidak ada kendala yang mengganggu selama masa pengujian dalam aktivitas sehari-hari.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P PCMark 10

Berdasarkan hasil benchmark menggunakan PCMark 10, Acer Aspire Lite 14 dengan dapur pacu yang dimilikinya mendapatkan skor 2.802 poin yang mana untuk skor produktivitas sebesar 4.287 poin. Pencapaian skor yang cukup bersaing untuk laptop di kelas ini.

Pastinya secara keseluruhan kinerja Acer Aspire Lite 14 sudah mampu memberikan pengalaman penggunaan yang nyaman dan bisa diandalkan. Proses booting Windows pun terbilang cepat berkat adanya SSD. Hanya saja memang perlu sedikit memperhatikan aplikasi yang dibuka supaya tidak terlalu banyak dan akhirnya membebani sistem.

Acer Aspire Lite 14 juga menyediakan aplikasi Office Home Student 2021 di dalamnya yang mana tentunya menjadi nilai tambah buat kamu yang memang fokus ingin menggunakan laptop ini untuk kebutuhan mengetik maupun sejenisnya.

Performa Gaming

Mengingat laptop ini hanya membawa Intel® Processor N100 dengan Intel® UHD terintegrasi, saya tidak berharap terlalu banyak terhadap kemampuan gaming yang ditawarkannya. Pasalnya prosesor tersebut memang untuk aktivitas ringan saja.

Namun tentunya tetap perlu diuji bermain game untuk mengetahui pasti kemampuannya. Selama pengujian, laptop terhubung menggunakan charger bawaan untuk memastikan kinerja maksimal.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P Tomb Raider

Dalam game Shadow of The Tomb Raider, Acer Aspire Lite 14 terlihat hanya mampu meraih rata-rata 15 FPS saja pada resolusi 720p dan kualitas grafis Lowest. Laptop ini jelas sekali cukup kewalahan untuk menjalankan game AAA yang memang memiliki beban kinerja grafis tinggi.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P Genshin

Sementara itu ketika dibawa bermain game populer yang lebih ringan, Genshin Impact, laptop ini terlihat lebih bisa menjalankannya cukup baik dengan FPS yang fluktuatif di antara 40-55 FPS tergantung situasi dan kondisi adegan yang tengah terjadi pada pengaturan grafis Lowest dan resolusi 720p.

Webcam dan Mikrofon

Acer Aspire Lite 14 memiliki kamera beresolusi FHD yang menariknya pada kondisi pencahayaan optimal seperti di luar ruangan mampu menangkap gambar dengan cukup jelas dengan tingkat detail yang tergolong tajam. Namun terkadang warna sering overexpose sehingga menjadi terlalu putih.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P Kamera

Pada saat kondisi pencahayaan menurun seperti menggunakan lampu ruangan, maka mulai muncul banyak noise. Hal ini cukup wajar terjadi khususnya pada webcam laptop, namun setidaknya masih bisa diandalkan selama kondisi pencahayaan ruangan optimal.

Sementara untuk mikrofon internal yang tersedia pada laptop ini terbilang biasa saja. Tidak ada yang spesial tapi sudah mencukupi untuk kebutuhan video call secara umum.

Daya Tahan Baterai

Berbekal prosesor yang hemat dalam konsumsi daya, saya cukup berharap banyak pada kemampuan daya tahan baterai dari Acer Aspire Lite 14. Berbekal kapasitas 45,6Wh, laptop ini mendapatkan skor 4 jam 6 menit ketika diuji menggunakan PCMark 8 mode Work dari baterai 100% dan tingkat kecerahan layar 50%.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P PCMark 8 Baterai

Mengingat laptop ini punya CPU dengan TDP 6W, saya mengira daya tahannya akan lebih tinggi lagi. Walaupun begitu angka tersebut tetap tergolong bersaing untuk laptop di kelas harga Rp 5 jutaan dan bisa melewati satu sesi belajar mengajar atau meeting dengan mudah.

Lalu untuk pengisian dayanya, charger 36W yang tersedia dalam paket penjualan membutuhkan waktu sekitar 2 jam 38 menit untuk mengisi dari yang tadinya tersisa 13% hingga kembali menjadi penuh. Charger dari laptop ini sendiri terbilang ringan dan tidak besar.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Acer Aspire Lite 14 AL14-31P sesuai dengan segmen yang ditargetkannya. Laptop ini mempunyai desain modern dan terlihat profesional yang ringan untuk dibawa bepergian. Dengan harga Rp 5 jutaan, kamu bisa mendapatkan laptop yang terlihat seperti kelas atas. Terdapat juga varian Aspire Lite lainnya dengan memori 8 GB DDR5 dan 256 GB NVMe SSD dengan harga 4,8 jutaan.

Layarnya yang bisa dibuka hingga 180 derajat pun nyaman digunakan berkat sudah didukung panel IPS dengan resolusi WUXGA. Sementara untuk kinerja yang ditawarkan laptop ini cukup untuk kebutuhan sehari-hari, namun perlu meredam ekspektasi jika ingin membawanya bermain game.

Acer Aspire Lite 14 AL14-31P bisa dikatakan sebagai laptop yang seimbang di berbagai sisi tanpa adanya kompromi yang terlalu signifikan di satu sisi. Patut untuk dipertimbangkan jika kamu punya dana terbatas tapi ingin punya laptop yang nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Apalagi saat ini Acer sedang mengadakan program Kejutan 25 Tahun Acer hingga 31 Juli 2024. Setiap pembelian produk Acer, kamu berkesempatan ratusan hadiah menarik seperti mobil listrik, motor listrik dan lainnya, serta hadiah langsung seperti diskon hingga Rp 6 juta, LCD monitor gaming dan banyak lainnya. Untuk detailnya, kamu bisa mengunjungi acerid.com/25tahun.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar