ASUS TUF Gaming FX507
Review Laptop / PC

Review Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 – Bertenaga Sambil Tampil Gaya

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 (5)

Review Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1
  • Layar - 10/10
    10/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.8/10

Kesimpulan

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 menawarkan paket lengkap untuk menemani bekerja mulai dari performa Ryzen 7 Pro yang andal, layar memukau, keyboard nyaman, hingga desain berkelas saat bertemu klien.

Yang Disukai

  • Layar OLED memukau
  • Kinerja Ryzen 7 Pro andal untuk kerja
  • Desain elegan kelas bisnis
  • Keyboard dan touchpad nyaman
  • Dukung Windows Hello

Yang Tidak Disukai

  • Hanya tersedia 2 port
  • Harga relatif mahal

Gadgetren – Bekerja di mana saja sudah menjadi hal biasa di masa sekarang, apalagi setelah semakin populernya Work From Home (WFH).

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 pun hadir sebagai laptop kelas bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan para pengguna yang ingin selalu produktif tanpa adanya hambatan.

Bahkan laptop ini juga menghadirkan fitur-fitur canggih yang tidak hanya membuat aktivitas lebih praktis melainkan juga memberikan keamanan lebih. Untuk mengenal lebih jauh akan kemampuannya, berikut pengalaman tim Gadgetren selama menggunakan Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1.

Dalam sekali lihat, Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 langsung memberikan aura yang mengisyaratkan bahwa laptop ini bukan laptop biasa. Pasalnya pada bagian penutup terbalut material kulit vegan yang terlihat berkelas dan premium.

Warna perunggu pun menghiasi pinggirannya dengan cantik yang semakin menambah kesan mewah dari laptop ini. Logo ThinkPad masih tampak pada bagian penutup dengan titik merah yang akan menyala ketika laptop digunakan.

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 (1)

Penutupnya pun sangat ringan dan dapat dibuka hanya menggunakan satu jari dengan halus tanpa adanya resistansi sama sekali. Terdengar sederhana memang, namun hal ini memberikan kenyamanan sendiri terutama tangan sedang penuh memegang benda lain.

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 sendiri tergolong sebagai laptop 13 inci yang mana berarti ukurannya sangat ringkas walaupun membawa tenaga yang mumpuni di dalamnya. Ditambah bobotnya yang hanya sekitar 1,2 Kg saja, laptop bakal sangat mudah untuk dibawa bekerja di mana saja.

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 (6)

Rangkanya sendiri terbuat dari aluminum yang memungkinkannya tetap kokoh dengan bobot yang ringan. Kombinasi desain dan material yang disajikan membuat laptop ini benar-benar menunjukkan kelasnya sehingga bakal sangat cocok untuk digunakan meeting maupun bertemu klien.

Akan tetapi bodinya yang ringkas sayangnya bukan tanpa pengorbanan. Selain port 3,5mm audio jack, laptop ini hanya menyeduakan dua port USB-C 4 di mana yang sisi kiri digunakan juga untuk mengisi daya.

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 (10)

Lenovo pun memberikan dongle Ethernet dan HDMI secara terpisah dalam paket penjualan bagi yang membutuhkannya. Namun, tetap saja port yang tersedia sangat terbatas sekali perangkat yang bisa dihubungkan jika tidak menambah dongle atau USB Hub.

Jika satu port terhubung untuk mengisi daya, berarti hanya sisa satu port saja untuk digunakan. Bagi yang ingin turut menghubungkan mouse eksternal tentu ini akan menjadi kendala yang perlu dipertimbangkan.

Kabar baiknya, Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 punya area touchpad yang sangat luas dan halus sehingga tidak perlalu terlalu bergantung pada mouse eksternal. Tak ketinggalan juga ada TrackPoint berwarna merah yang sudah menjadi ciri khas dari keluarga ThinkPad untuk digunakan menggerakkan kursor.

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 (2)

Dengan begitu ada pilihan untuk melakukan navigasi lebih mudah tanpa perlu memindahkan posisi tangan ketika tengah mengetik atau lainnya. Menyempurnakan hal tersebut, laptop ini juga dibekali keyboard dengan lampu backlit yang sangat nyaman ketika ditekan.

Dipastikan baik keyboard maupun touchpad yang disajikan bakal betah untuk digunakan bekerja khususnya yang berpusat dalam hal mengetik. Tidak hanya itu saja, Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 turut dibekali layar yang sangat memanjakan mata.

Panelnya sudah menggunakan OLED beresolusi 2880 x 1800 piksel dengan lapisan anti-glare untuk mengurangi pantulan cahaya dan anti-smudge yang benar-benar berhasil membuat permukaan layar tetap bersih.

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 (8)

Kehadiran anti-smudge pun sangat membantu apalagi dikarenakan layarnya juga mendukung sentuhan untuk navigasi. Bezel yang mengelilinginya pun cukup tipis sehingga layar terlihat luas walaupun laptop ini berukuran 13 inci.

Kombinasi tersebut membuat layar yang dimiliki oleh laptop ini sangat memuaskan untuk segala aktivitas, apalagi dalam hal mengonsumsi konten visual. Warna yang dihadirkan sangat cerah dengan detail tajam seperti yang terlihat di dunia nyata.

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 Kamera

Pada bagian atas layar tersedia kamera FHD 1080p serta sensor infra merah yang memungkin laptop ini dapat memindai wajah menggunakan fitur Windows Hello untuk proses login lebih praktis. Kualitas dari kameranya sendiri terbilang jelas dan tidak memalukan ketika digunakan meeting. Selain itu terdapat juga E-camera shutter yang dapat diaktifkan dengan menekan tombol F9.

Sebagai pusat kinerja untuk menjalankan seluruh hal tersebut, Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 dibenamkan AMD Ryzen 7 PRO 6850U yang memiliki 8 Cores dan 16 Threads dengan kecepatan Max Boost mencapai 4,75 GHz serta Radeon 680M denga 12 Compute Unit untuk olah grafis.

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 HWiNFO

Prosesor tersebut kemudian ditemani RAM 32GB LPDDR5 serta penyimpanan NVMe SSD dari Micron berkapasitas 512GB yang untuk memenuhi kebutuhan pengguna masa kini dalam menjalankan aplikasi populer maupun menyimpan data-data pribadi.

Performa yang ditawarkan oleh laptop ini pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Sistem berjalan sangat responsif ketika dinavigasikan maupun membuka aplikasi. Berbagai proses seperti booting Windows pun berlangsung sangat singkat sehingga tidak membuang waktu untuk menunggu.

Saat digunakan bekerja, laptop ini tidak terlihat kesulitan sama sekali dalam membuka lebih dari 15 tab browser untuk sambil membuka aplikasi untuk edit foto dan memutar video. Bahkan laptop tetap terasa responsif dalam skenario tersebut yang mana cukup mencerminkan untuk penggunaan umum.

BenchmarkSkor (poin)
Cinebench R23 Multi Core7.826
Cinebench R23 Single Core1.397
PCMark 104.938
PCMark 8 Work4.492
3DMark Time Spy1.956
3DMark Night Raid12.532

Kinerja dari Ryzen 7 PRO 6850U pun dapat terlihat ketika diuji menggunakan Cinebench R23 yang mana memperlihatkan skor 7.826 poin untuk Multi Core dan 1.397 poin untuk Single Core. Sementara untuk sistem secara keseluruhan mendapatkan skor 4.938 poin pada PCMark 10.

Yang menariknya lagi, laptop ini ternyata juga sanggup untuk dibawa bermain game jika diinginkan. Bahkan untuk game sekelas Shadow of Tomb Raider dapat dijalankan dengan cukup lancar karena masih dapat menyentuh lebih dari 30 FPS pada kondisi optimal atau rata-rata di kisaran 28 FPS dengan pengaturan resolusi native dan preset grafis Medium.

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 (7)

Mengingat laptop ini cukup tips dan tidak memiliki GPU diskrit, angka FPS yang didapat tergolong mumpuni. Setidaknya dapat memainkan dengan cukup lancar apalagi untuk game lain yang lebih kasual untuk sekadar menghabiskan waktu luang.

Dengan begitu laptop ini dapat diandalkan dalam berbagai kebutuhan mulai dari bekerja hingga hiburan dengan sangat baik. Apalagi terdapat juga speaker Dolby Atmos yang mampu menghadirkan suara jernih dalam volume tinggi sekalipun.

Satu hal yang menjadi catatan, laptop ini memiliki rangka aluminum yang mana membuat bagian bawah laptop bisa terasa cukup panas ketika beban kinerja berat. Untungnya untuk panas area keyboard masih bisa ditoleransi sehingga seharusnya tidak terlalu mengganggu penggunaan.

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 Baterai

Prosesor yang efisien tersebut pun berimbas pada daya tahan baterai yang dimiliki oleh Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1. Menggunakan PCMark 8 Work dalam kondisi kecerahan layar 50%, laptop ini mendapatkan skor mencapai 4 jam 32 menit yang mana di atas rata-rata laptop mainstream.

Untuk pengisian dayanya pun cukup cepat. Baterai berkapasitas 51,5Wh yang dimilikinya dapat terisi sebanyak 80% dalam waktu 60 menit saja. Charger 65W yang tersedia bawaan pun memiliki dimensi yang tetap ringkas sehingga tidak akan terlalu memakan tempat ketika turut dibawa.

Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1 (11)

Di samping itu semua, laptop bisnis ini tentunya dilengkapi fitur keamanan canggih seperti Windows Hello baik itu pemindai wajah maupun jari. Dengan begitu akses ke Windows dapat lebih praktis dan aman karena membutuhkan otentikasi biometrik.

Selain itu juga ada Discrete Trusted Platform Module (dTPM) yang dapat digunakan untuk enkripsi termasuk Bitlocker yang tersedia pada Windows 11 Pro. Soal konektivitas, laptop ini sudah mendukung WiFi 6E dan Bluetooth 5.2.

Secara keseluruhan laptop yang dihargai Rp38 jutaan ini sangat bisa diandalkan dalam menemani bekerja maupun menikmati berbagai konten hiburan. Kinerja tinggi dalam bodi yang ringkas serta memiliki layar memukau menjadi daya tarik utama laptop ini.

Walaupun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, rasanya masih setimpal dan tertutupi oleh apa yang ditawarkan pada segmen lain. Desainnya yang elegan pun bakal sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai kepentingan.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1

Dimensi & Berat295 x 200 x 13,99 mm & 1,2 Kg
LayarOLED 13,3 inci 2.8K (2880 x 1800) OLED, anti-reflective, anti-smudge, touchscreen, Dolby Vision, 400 nits, low blue-light
Sistem OperasiWindows 11 Pro
Memori 32GB LPDDR5
512GB NVMe SSD PCIe 4
ProsesorAMD Ryzen 7 PRO 6850U 2,70 GHz, up to 4,70 GHz Max Boost, 8 Cores, 16 Threads)
GrafikAMD Radeon 680M Graphics
KameraIR & FHD 1080p dengan E-camera shutter
Baterai51.5Wh
KonektivitasWiFi 6E 802.11AX (2 x 2), Bluetooth 5.2
Port2x USB-C 4
1x 3.5mm Combo Audio Jack

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar