ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Bedanya Redmi A3 dan Redmi A2, Banyak Peningkatannya!

Redmi A3 Vs Redmi A2 - Header

Gadgetren – Redmi A3 memang terlihat seperti perangkat yang sama dengan kulit berbeda jika dibandingkan Redmi A2. Kedua ponsel tersebut soalnya mengemas spesifikasi yang hampir serupa.

Redmi A3 yang baru diluncurkan di antaranya masih mengandalkan MediaTek Helio G36 (12nm) berkecepatan hingga 2,2GHz sebagai dapur pacu. Selain itu, perangkat tersebut juga masih menggunakan konfigurasi kamera, baterai, dan sejumlah dukungan yang sama dengan Redmi A2.

Meskipun begitu, Redmi A3 sebenarnya tetap mempunyai sejumlah peningkatan menarik jika dibandingkan Redmi A2 pendahulunya. Kita dapat melihatnya melalui berbagai perbedaan yang ada di antara kedua ponsel tersebut.

Perbedaan Redmi A3 Vs Redmi A2

Selaras dengan perombakan desain bodi yang dilakukan oleh Xiaomi, Redmi A3 kini di antaranya juga mempunyai ukuran layar yang lebih besar. Perangkat tersebut meluncur dengan panel IPS seluas 6,71 inci saat Redmi A2 sebelumnya hanya 6,52 inci.

Peningkatan pada ukuran layar ini pun diikuti dengan penyesuaian refresh rate. Berbeda dengan Redmi A2 yang sebelumnya hanya mampu menampilkan animasi standar, panel yang digunakan oleh Redmi A3 kini bisa mendukung sampai 90Hz.

Redmi A3 Vs Redmi A2 - 1

Redmi A3

Pihak Xiaomi di sisi lain juga menyematkan dukungan resolusi yang cukup berlainan. Meskipun sama-sama HD+, Redmi A3 kini mampu menampilkan gambar hingga 1650 x 720 piksel sementara Redmi A2 hanya sampai 1600 x 720 piksel.

Meluncur dengan chipset serupa, konfigurasi memori yang digunakan oleh Xiaomi untuk keduanya juga sama sekali berbeda. Redmi A3 tercatat mengusung kapasitas lebih besar di mana sudah memakai RAM 4GB saat Redmi A2 hanya 3GB.

Penyimpanan dari Redmi A3 juga menawarkan kapasitas yang lebih besar. Perangkat tersebut tersedia dalam varian tunggal dengan media internal sebesar 128GB sementara Redmi A2 sebelumnya bisa dipilih antara 32GB atau 64GB.

Redmi A3 Vs Redmi A2 - 2

Redmi A2

Dukungan konektivitas yang ditawarkan oleh Redmi A3 kini juga semakin mutakhir. Keduanya memang sepakat mengandalkan Helio G36 tetapi perangkat tersebut tercatat mengusung WiFi 2.4GHz + 5GHz dan Bluetooth 5.4 saat Redmi A2 hanya WiFi 2.4GHz dan Bluetooth 5.0.

Yang tidak kalah menarik, Redmi A3 kini juga sudah menggunakan konektor USB Type-C untuk media transfer data maupun dayanya. Lebih maju ketimbang Redmi A2 yang sebelumnya masih mengandalkan antarmuka Micro USB.

Fitur pemindai sidik jari yang semula absen pada Redmi A2 pun kini sudah hadir pada perangkat Redmi A3 dengan penempatan di bagian samping seperti ponsel-ponsel kekinian. Jadi kita bisa lebih mudah untuk membuka kunci layar tanpa perlu mengetikkan PIN atau membuat pola.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar