ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Usung Android 14, Xiaomi Redmi A3 Telah Rilis Global Seharga Sejutaan

Usung Android 14, Xiaomi Redmi A3 Telah Rilis Global Seharga Sejutaan

Gadgetren – Xiaomi secara global telah merilis handphone kelas pemula terbaru yang bernama Redmi A3. Suksesor dari Redmi A2 ini terinspirasi dari desain Xiaomi 13 Ultra yang mana mengadopsi tampilan modul kamera belakang dengan bumper berbentuk lingkaran besar yang tepat berada di tengah.

Redmi A3 di pasar India dibanderol dengan harga mulai dari kisaran Rp1,3 juta hingga Rp1,7 juta untuk tiga model berdasarkan kapasitas RAM dan penyimpanan yang disediakan. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan mencakup Olive Green, Midnight Black, dan Lake Blue.

Masing-masing warna terdapat ciri khas bahan di bagian modul kamera belakang yang mana Olive Green tampil dengan bahan tekstur menyerupai kulit.  Sedangkan untuk warna Midnight dan Lake Blue menghadirkan bahan Glass atau kaca pada modul kamera belakang.

Performa pacunya ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G36 Octa-Core (12nm) 2.2Ghz yang dipadukan varian RAM dan penyimpanan internal mulai dari RAM 3GB dan penyimpanan 64GB, RAM 4GB dan penyimpanan 128GB, RAM 6GB  dan penyimpanan 128GB.

Untuk menambah kapasitas dan penyimpanan internal lebih lega Redmi A3 menyediakan slot Micro SD dengan kapasitas hingga 1TB. Kini Redmi A3 tak lagi menjalankan Android Go Edition dan berpindah menjadi Android 14.

Dari segi tampilan, ponsel untuk pemula ini tebar pesona dengan ukuran 6,7 inci berpanel LCD yang memiliki HD+ (1650 x 720 piksel) serta mendukung refresh rate 90Hz dan dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Kemudian di sisi kanan bodinya terdapat pemindai sidik jari sebagai sensor fingerprint yang juga menjadi tombol Power. Baterai Redmi A3 memiliki kapasitas sebesar 5.000mAh namun sayangnya tidak tersedia fitur pengisian cepat. Pengguna harus cukup puas dengan 10W.

Soal fotografi, Redmi A3 memiliki kamera belakang beresolusi 8MP dan sensor monochrome. Kamera belakangnya juga dibekali LED flash untuk membantu pencahayaan agar hasil foto dan video lebih terang dalam kondisi malam hari atau ruangan gelap.

Setelah itu kamera depan Redmi A3 memiliki resolusi 5MP. Tak ketinggalan Redmi A3 memiliki port audio jack dan sudah menggunakan port USB-C. Namun belum mendukung fitur Near Field Communication (NFC) sehingga pengguna belum bisa mengecek atau mengisi e-money dengan ponsel ini.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar