ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan Redmi A3, Cocok Dibeli!

Xiaomi-Redmi-A3-1.

Gadgetren – Xiaomi Indonesia telah merilis sebuah ponsel yang bernama Redmi A3. Perangkat tersebut dirancang untuk menyasar pasar entri dengan banderol harga yang benar-benar terjangkau.

Kita secara khusus sudah dapat meminangnya dengan harga Rp1.199.000. Perangkat tersebut bakalan cocok bagi kita yang memerlukan ponsel baru untuk sekadar berkomunikasi, berjejaring di media sosial, hingga berselancar di dunia maya.

Meskipun dibanderol dengan harga terjangkau, Redmi A3 apalagi membawa spesifikasi yang lumayan menarik. Perangkat tersebut bahkan mempunyai sejumlah kelebihan yang membuatnya layak dipertimbangkan di balik kekurangan-kekurangannya.

Kelebihan Redmi A3

1. Layar Luas Beranimasi Tinggi

Salah satu kelebihan dari Redmi A3 adalah layarnya yang berukuran sangat besar. Perangkat tersebut tercatat membawa panel IPS LCD yang membentang hingga 6,71 inci. Tentunya sudah cukup untuk menampilkan konten dengan area lebih luas.

Selain mempunyai ukuran yang besar, panel yang digunakan Redmi A3 menariknya juga sudah mendukung pengaturan refresh rate yang tinggi. Kita dapat memakainya untuk menayangkan game atau video dengan animasi sampai 90Hz selama konten mendukungnya.

Yang tak kalah menarik, layar Redmi A3 bakalan menjadi salah satu yang paling tangguh di kelas entri. Xiaomi soalnya sudah melapisinya dengan kaca proteksi Corning Gorilla Glass yang terkenal dengan ketangguhannya.

Di sisi lain, layar Redmi A3 sudah membawa spesifikasi standar kelas entri. Perangkat tersebut misalnya ditunjang panel dengan tingkat kecerahan hingga 500nits. Resolusinya pun dapat mengakomodasi gambar sampai HD+ (1650 x 720 piksel).

2. Memori Cukup Longgar

Konfigurasi memori yang disematkan oleh Xiaomi ke dalam Redmi A3 juga termasuk lumayan besar untuk perangkat kelas entri. Perangkat tersebut mempunyai RAM berkapasitas 4GB yang dikombinasikan bersama penyimpanan sebesar 128GB.

Untuk pemakaian kasual yang tidak memerlukan multitasking tinggi, RAM 4GB tentu saja sudah sangat mumpuni. Sudah dapat diandalkan untuk menangani berbagai macam aplikasi yang umumnya diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kalaupun dirasa masih kurang lancar, kita pun dapat memperluasnya dengan fitur Memory Extension. Kita nanti setidaknya akan memperoleh tambahan RAM sebesar 4GB dengan meminjam ruang kosong dari media penyimpanan internal.

Media internal berkapasitas 128GB yang ditawarkan oleh Redmi A3 juga termasuk sangat luas untuk menyimpan data atau memasang banyak aplikasi. Kita apalagi juga dapat memperluasnya dengan menambahkan kartu eksternal hingga sebesar 1TB.

3. Baterai Besar

Menyusul berbagai macam perangkat masa kini, Redmi A3 juga sudah dilengkapi dengan baterai yang tergolong sangat besar. Adapun dalam hal ini secara teknis bahkan mampu menampung daya dengan kapasitas sampai 5.000mAh.

Maka dari itu selama menggunakan Redmi A3, kita tidak perlu takut bakalan kehabisan daya saat beraktivitas. Kita bahkan dapat memakainya untuk menonton video hingga 17 jam, menelepon 29 jam, atau memutar musik 130 jam jika selaras dengan klaim pihak Xiaomi.

4. Standar Pengembangan Tinggi

Standar pengembangan yang diterapkan oleh Xiaomi untuk Redmi A3 juga lumayan tinggi. Sebelum perangkat tersebut meluncur ke pasaran, mereka sudah melakukan berbagai pengujian yang sangat ketat sampai tercapai kualitasnya.

Adapun berdasarkan klaim laboratorium pihak Xiaomi, perangkat Redmi A3 di antaranya akan menjalani hingga 500.000 kali tes tombol daya, 300 kali uji jatuh, 28.000 kali percobaan jatuh mikro, maupun 10.000 kali copot-pasang konektor USB.

5. Fitur Lengkap untuk Kelas Entri

Hadir sebagai alternatif di kelas entri, Redmi A3 tercatat mengusung fitur yang lengkap. Perangkat tersebut kini bahkan di antaranya sudah menggunakan konektor USB Type-C sebagai media transfer daya maupun datanya.

Pada sektor keamanan, Redmi A3 pun sudah dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari yang secara khusus disematkan di sisi samping bersama tombol Power. Terdapat juga fungsi AI Face Unlock yang turut hadir bersamanya.

Perangkat Redmi A3 di sisi lain juga masih mempertahankan beberapa fitur standar khas ponsel entri. Kita misalnya masih dapat menjumpai jack audio 3,5mm untuk memasang perangkat suara kabel, dukungan SIM ganda, Bluetooth, hingga WiFi.

Kekurangan Redmi A3

1. Masih Menggunakan Chipset Redmi A2

Sayangnya, Redmi A3 tampak seperti perangkat Redmi A2 yang berganti kulit saja. Perangkat tersebut pasalnya masih mengandalkan chipset yang serupa dengan pendahulunya walaupun ada beberapa penyesuaian di sejumlah aspek lain.

Bagi kamu yang belum tahu, Redmi A3 kembali menggunakan MediaTek Helio G36 (12nm) yang secara teknis mampu berjalan dengan frekuensi maksimal hingga 2,2GHz. Chipset entri ini tentu mempunyai kemampuan yang sangat terbatas untuk menangani tugas berat.

Untungnya selaras dengan hal itu, Xiaomi juga kembali menggunakan Android Go Edition tetapi dengan generasi lebih baru. Sistem ringan ini tentu dapat membuat Redmi A3 tetap bisa digunakan secara lancar walaupun memang ada beberapa yang dihilangkan.

2. Pengisian Daya Lambat

Dukungan pengisian daya yang ditawarkan oleh Redmi A3 pun tergolong sangat lambat. Berbanding lurus dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang mampu bertahan lama, kita pun kemungkinan perlu menunggu berjam-jam untuk membuat perangkat terisi penuh.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar