ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

13 Fitur One UI 6.1 dan Daftar HP yang Kebagian!

Fitur One UI 6.1 dan Daftar HP Kebagian - Header

Gadgetren – Bersamaan dengan peluncuran seri perangkat Galaxy S24, Samsung secara tidak langsung turut memperlihatkan kebolehan dari antarmuka sistem One UI 6.1 terbaru mereka.

Versi antarmuka sistem tersebut tentu tidak hanya akan tersedia secara eksklusif untuk lini perangkat Galaxy S24 yang baru diperkenalkan. Sejumlah perangkat lawas dari Samsung pun akan memperoleh berbagai macam peningkatan yang dibawanya.

One UI 6.1 memang tidak membawa banyak perubahan jika dibandingkan dengan One UI 6 yang sudah diperkenalkan sebelumnya. Hanya saja perusahaan Samsung lewat lini Galaxy S24 telah mengonfirmasi beberapa fitur baru yang dibawa sebagai peningkatannya di mana kebanyakan terbungkus rapi dalam Galaxy AI.

Fitur Baru One UI 6.1

1. Circle to Search

Fitur One UI 6.1 dan Daftar HP Kebagian - Circle to Search

Salah satu fitur yang cukup menarik dari One UI 6.1 adalah Circle to Search. Dengan adanya dukungan ini, kita kini dapat lebih mudah untuk mencari informasi dari sebuah obyek di dalam gambar. Kita bahkan hanya perlu membuat lingkaran yang dibuat mengitarinya.

2. Live Translate

Antarmuka sistem One UI 6.1 juga memperkenalkan Live Translate yang memungkinkan kita bercakap-cakap dengan lebih mudah bersama orang dari negara lain melalui panggilan telepon. Fitur ini akan menerjemahkan bahasa dari kedua belah pihak sehingga nanti bisa saling mengerti.

3. Interpreter

Fitur One UI 6.1 dan Daftar HP Kebagian - Live Translate

Terdapat juga dukungan bernama Interpreter yang dapat membantu penerjemahan bahasa dengan tampilan split-screen atau layar terpisah pada perangkat. Hal ini akan memudahkan kita untuk memahami hasil transkripsi yang dilakukan.

4. Chat Assist

Hadir juga di dalamnya sebuah fungsi yang disebut dengan Chat Assist. Fitur yang terintegrasi dengan Samsung Keyboard ini bakal membatu pengguna dalam memperbaiki intonasi dalam sebuah teks sehingga bisa sesuai dengan apa yang kita maksud atau menerjemahkan pesan maupun email.

5. Transcript Assist

Bersama dengan One UI 6, Samsung juga turut menghadirkan fungsi Transcript Assist yang mengintegrasikan sistem kecerdasan ke dalam teknologi Speech-to-Text. Kita pun dapat memakainya untuk mengetik, merangkum, dan menerjemahkan sebuah hasil rekaman suara.

6. Note Assist

Perangkat dengan One UI 6.1 kemungkinan juga akan mempunyai aplikasi Samsung Note yang lebih cerdas. Di dalamnya akan tersedia fungsi Note Assist yang dapat membuat ringkasan, menyederhanakan catatan, hingga menghadirkan pratinjau singkat dengan memanfaatkan sistem kecerdasan buatan.

7. Super HDR

Untuk memudahkan pengambilan gambar HDR, One UI 6.1 juga meluncur dengan tambahan fitur bernama Super HDR. Fungsinya untuk menampilkan gambar pratinjau sesuai dengan bagaimana hasil foto yang seharusnya sebelum kita menekan tombol Shutter.

8. Generative Edit

Diperkuat dengan teknologi Generative AI, pembaruan antarmuka One UI 6.1 juga menawarkan fitur Generative Edit. Fungsi penyuntingan gambar di dalam perangkat pun dapat semakin cerdas di mana memungkinkan kita menghapus obyek, memindahkannya, atau mengisi latar belakangnya.

9. Photo Expansion

Penyuntingan yang terdapat di dalam aplikasi Samsung Gallery juga memungkinkan kita mengekspansi gambar hingga keluar bingkai dengan memanfaatkan Photo Expansion. Sistem kecerdasan buatan akan membantu kita mengisi bagian barunya.

10. AI-generated Wallpapers

Berkat kecanggihan sistem kecerdasan buatan, One UI 6.1 turut mengusung fungsi pembuatan wallpaper secara cerdas yang disebut AI-generated Wallpapers. Kita dapat memanfaatkannya untuk membuat gambar unik untuk latar belakang perangkat.

11. Battery Protection

Lewat pembaruan antarmuka One UI 6.1, Samsung menyematkan level pengaturan baru untuk sistem Battery Protection. Kita kini makanya dapat mengatur setelannya sesuai keperluan di mana meliputi opsi Basic, Adaptive, dan Maximum.

Basic untuk melakukan pengisian ketika kapasitas kurang dari 95 persen lalu memutus arus setelah 100 persen. Adaptive untuk menjeda prosesnya di angka 80 persen dan baru akan dilanjutkan tepat sebelum kita mencabut adaptor. Maximum untuk membatasi pengisian hingga 80 persen saja.

12. Lock Screen Widgets

Pembaruan antarmuka One UI 6.1 juga membawa kembali dukungan untuk memasang widget di layar kunci. Adapun sebelumnya sudah ada tetapi sempat dihapus oleh Samsung beberapa tahun yang lalu tanpa keterangan apa pun.

13. Quick Share

Bermitra dengan Google, Samsung lewat One UI 6.1 pun mengintegrasikan dukungan Quick Share dengan Nearby Share. Jadi para pengguna kini dapat dengan mudah untuk berbagi ke semua perangkat Android tidak hanya dari lini keluarga Samsung Galaxy saja.

Daftar HP yang Kebagian

  • Samsung Galaxy S23
  • Samsung Galaxy S23+
  • Samsung Galaxy S23 Ultra
  • Samsung Galaxy S23 FE
  • Samsung Galaxy Tab S9
  • Samsung Galaxy Tab S9+
  • Samsung Galaxy Tab S9 Ultra
  • Samsung Galaxy Z Fold 5
  • Samsung Galaxy Z Flip 5

Samsung sudah mengonfirmasi bahwa antarmuka sistem One UI 6.1 akan turut digunakan pada beberapa perangkat baru maupun lawas mereka di masa mendatang. Hanya saja model yang akan mendapatkan pembaruan belum diungkapkan semuanya.

Deretan perangkat di atas termasuk sebagian yang disebut-sebut akan memperoleh pembaruan. Jumlahnya kemungkinan akan semakin bertambah meskipun harus menunggu sampai akhir tahun 2024. Saya pribadi berharap semua ponsel yang mendukung One UI 6 akan kebagian antarmuka sistem tersebut.

Selain memerlukan waktu distribusi yang lama, ketersediaan fitur One UI 6.1 sayangnya juga bisa berbeda-beda untuk setiap model. Beberapa fungsi Galaxy AI kemungkinan akan tersedia secara eksklusif untuk kelas flagship atau bahkan bisa hanya pada keluarga Galaxy S24 saja.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar