ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Ini 4 Fitur Galaxy AI yang Hadir Pada Seri Samsung Galaxy S24, Apa Saja Kehebatannya?

Samsung Galaxy S24 Ultra - Live Translate

Gadgetren – Samsung telah memboyong seri Galaxy S24 yang punya fitur-fitur baru dalam ajang Galaxy Unpacked 2024.

Salah satunya fitur mutakhir Galaxy AI yang mengandalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) sehingga akan membantu pengguna mengerjakan tugas dan melakukan aktivitas lebih mudah dan cepat.

Melalui fitur Galaxy AI, Samsung pun mengungkap memberikan empat fitur andalannya yang tersedia pada Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Adapun empat fitur Galaxy AI tersebut merupakan Circle to Search, Live Translate, Note Assist, dan Photo Assist.

Menariknya keempat fitur tersebut dari Galaxy AI tersebut kabarnya tak hanya hadir pada seri Galaxy S24 saja tetapi juga pada ponsel dan tablet Samsung lainnya. Dilansir dari laporan Android Authority, disebutkan bahwa Samsung akan memberikan fitur Galaxy AI pada seri lainnya beserta pembaruan One UI 6.1 pada kuartal pertama tahun 2024.

Untuk perangkat yang kedapatan Galaxy AI melalui pembaruan One UI 6.1 kemungkinan pada seri Galaxy S23, Galaxy S23 FE, Galaxy Z Fold 5, Galaxy Flip 5, serta seri Galaxy Tab S9. Namun Samsung sendiri tidak detail menyebutkan apakah semua fitur Galaxy AI akan dibawa atau hanya fitur-fitur tertentu saja.

Circle to Search

Galaxy-AI-Circle-to-Search

Seperti namanya, Circle to Search menggunakan gesture jari di layar atau S Pen khusus pada Galaxy S24 Ultra untuk mencari informasi melalui Google Search terkait gambar yang dilingkari. Dengan dukungan Google Search, pengguna dapat melingkari salah satu objek pada foto misalnya sepatu agar Google dapat langsung memberikan hasil pencarian.

Hasil pencarian yang akan tampil dari gambar yang dilingkari tersebut bisa beragam seperti keterangan nama model, harga, e-commerce yang menjual, dan masih banyak lagi. Hadirnya dukungan S Pen pun akan membuat penggunaan fitur Circle to Search lebih mudah lagi.

Live Translate

Galaxy-AI-Live-Translate.

Live Translate memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin menerjemahkan suara dari bahasa asing ketika sedang berbicara dengan orang lain. Kurang lebih ketika menerima panggilan masuk dari bahasa yang tak dikenal, pengguna bisa menerjemahkan dengan fitur ini ke bahasa yang dimengerti secara langsung.

Kemudian pengguna juga bisa membalas dengan suatu bahasa untuk kemudian diterjemahkan secara otomatis menjadi bahasa asing yang digunakan oleh lawan bicaranya. Fitur penerjemah suara ini bekerja secara real time sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan lawan bicara yang berbeda bahasa kapan dan di mana pun.

Note Assist

Galaxy-AI-Note-Assist

Note Assist atau meringkas catatan juga hadir dalam seri Galaxy S24 yang mana berfungsi untuk merangkum catatan pengguna dalam waktu sekejap dengan bantuan AI. Cerita panjang atau catatan panjang yang ada pada aplikasi Note bisa dirangkum lebih mudah dengan fitur ini.

Pada catatan yang diinginkan, pengguna hanya perlu mengetuk ikon AI di bagian bawah dan memilih menu Summarize. Kemudian tunggu sebentar dan AI akan meringkas dalam bentuk poin-poin. Setelah itu bisa memilih Add to untuk memunculkan poin-poin tersebut pada catatan.

Photo Assist

Galaxy-AI-Photo-Asisst

Sementara Photo Assist dapat membantu pengguna untuk mengedit foto secara cepat dengan hasil yang memukau. Salah satunya seperti mengubah letak objek pada foto dari tempat yang berbeda. Untuk menggunakan Photo Assist harus masuk ke dalam galeri dan memilih foto yang ingin diedit.

Kemudian di bagian kiri bawah tinggal memilih ikon Galaxy AI untuk mengedit foto. Kamu bisa mengetuk objek dan memindahkan ke bagian lain. Selanjutnya ketuk tombol Generate di bagian bawah untuk mengubah hasilnya dan ketuk Done saat selesai.

Selain empat fitur di atas, dukungan fitur AI pada seri Galaxy S24 juga menghadirkan fitur-fitur seperti Chat Assist yang memungkinkan pengguna dapat menulis pesan teks dengan AI hingga pratinjau hasil foto dan pembesaran foto dengan AI.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar