ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Apa yang Baru dari One UI 6.0? Ini 9 Fitur yang Dibawa

Apa yang Baru One UI 6.0 - Header

Gadgetren – Guna memberikan dukungan yang lebih baik ke dalam perangkat-perangkat buatannya, Samsung pada Tahun 2023 ini kembali mengerjakan pembaruan mayor untuk antarmuka sistem One UI.

Disebut dengan One UI 6.0, pengembangan antarmuka generasi baru dari Samsung tersebut pun secara khusus didasarkan pada Android 14. Jadi bakalan ikut membawa berbagai macam dukungan dari sistem Android yang paling mutakhir.

Namun tentu saja, antarmuka sistem tersebut tak hanya menawarkan Android 14 sebagai keunggulan. One UI 6.0 juga tercatat membawa sejumlah hal baru yang bakal menyempurnakan formulasi sistem ramah pengguna milik Samsung.

1. Quick Panel Anyar

Pembaruan antarmuka sistem One UI 6.0 salah satu di antaranya membawa perombakan besar-besaran pada bagian Quick Panel. Samsung dalam hal ini mengubah tata letak berbagai macam tombol pintasannya sehingga bisa lebih mudah untuk mengakses fungsi yang paling sering digunakan.

Samsung misalnya meletakkan tombol WiFi dan Bluetooth di baris paling atas. Kemudian mengelompokkan pintasan untuk eye comfort mode maupun dark mode menjadi satu dengan pengaturan tingkat kecerahan dan menempatkannya di bagian bawah. Sementara sisanya bisa diatur di tengah.

Selain tata letaknya, kita kini pun bisa mengakses halaman Quick Panel dalam tampilan penuh secara lebih mudah. Samsung soalnya juga menambahkan gesture baru untuk mengaksesnya dengan usapan ke bawah tunggal di pojok kanan atas layar.

2. Penyesuaian Notification Panel

Selaras dengan perombakan di bagian Quick Panel, One UI 6.0 pun membawa sejumlah penyesuaian untuk Notification Panel. Setiap pemberitahuan yang diterima perangkat pada pembaruan tersebut akan ditampilkan dalam kartu-kartu terpisah dengan ikon yang lebih jelas.

One UI 6 - Quick Panel

Latar belakang tampilan dari pengontrol media untuk pemutaran musik atau video di Notifications Panel juga ikut berubah. Kini akan menyesuaikan gambar dari Album cover art dari konten apabila aplikasi yang digunakan mendukungnya.

Kini juga terdapat sebuah opsi yang bisa digunakan untuk mengubah pengaturan urutan notifikasi berdasarkan waktu alih-alih prioritas jika diperlukan. Dengan begitu, pemberitahuan-pemberitahuan terbaru akan berada di bagian paling atas.

Sama seperti Quick Panel, halaman Notifications Panel pada pembaruan One UI 6.0 juga bisa diakses dengan gesture baru. Kita kini secara khusus hanya perlu mengusap ke bawah dari sisi kiri atas layar jika ingin menampilkannya.

3. Tambahan Kostumisasi untuk Lockscreen

Dengan hadirnya One UI 6.0, para pengguna Samsung kini pun dapat menyesuaikan tampilan halaman layar kunci atau lockscreen secara lebih personal. Pembaruan tersebut pasalnya juga tercatat membawa beberapa opsi baru untuk pengaturannya.

Adapun di antaranya termasuk dukungan untuk mengubah ukuran atau posisi dari jam untuk halaman layar kunci. Selain itu, juga terdapat berbagai macam jenis gaya maupun Font baru yang bisa kita gunakan untuk mengatur tampilan jam sesuai selera.

Fungsi Modes dan Routines kini juga dapat diintegrasikan dengan tampilan layar kunci. Kita dalam hal ini dapat mengaturnya secara berbeda-beda mirip seperti apa yang ditawarkan oleh Focus Mode iOS 16.

4. Tampilan Lebih Segar

Ketika sudah memasang pembaruan One UI 6.0, kita nantinya juga akan disajikan dengan antarmuka tampilan yang sedikit lebih segar. Samsung soalnya menggunakan pengaturan font baru dan label ikon aplikasi yang lebih sederhana.

Lewat pembaruan tersebut, Samsung pun menghadirkan beberapa widget baru di mana termasuk Weather yang kini dapat memberikan lebih banyak informasi tentang kondisi cuaca lokal. Ada juga Camera untuk menyediakan sejumlah pintasan ke sejumlah mode pengambilan gambar.

Pada app drawer atau halaman daftar aplikasi, Samsung pun tercatat menambahkan kemampuan baru untuk fitur pencarian. Kita kini dapat melakukan penelusuran untuk sejumlah fungsi dari aplikasi sehingga kita bisa mengaksesnya secara lebih cepat.

5. Emoji Baru

Melengkapi berbagai macam fitur barunya, One UI 6.0 pun membawa desain emoji yang baru untuk mendukung Samsung Keyboard. Perubahan tampilannya akan diterapkan baik untuk pesan, unggahan media sosial, maupun aplikasi-aplikasi lainnya.

6. Peningkatan Aplikasi Kamera

Alih-alih melakukan perombakan total, Samsung juga memberikan sejumlah peningkatan pada aplikasi kamera bawaan One UI. Kita di antaranya kini dapat menjumpai pintasan untuk mengatur resolusi baik untuk foto maupun video sehingga bisa lebih cepat untuk digunakan.

Pengaturan watermark untuk tanggal dan jam pada aplikasi kamera One UI 6.0 pun dipisahkan sehingga dapat digunakan baik hanya satu saja atau keduanya secara bersamaan. Selain itu, kini juga tersedia setelan khusus untuk mengatur penempatannya.

Fungsi pemindai dokumen kini juga mempunyai pengaturan terpisah dari fitur Scene Optimizer. Jadi tetap bisa dipakai untuk melakukan pemindaian meskipun fitur itu dimatikan dan bisa bekerja secara lebih cepat. Kemampuannya apalagi ditambah dengan opsi Auto scan yang akan langsung mengenali dokumen.

Khusus untuk perekaman video, terdapat fungsi FPS otomatis yang memungkinkan kamera menyesuaikan pengaturannya berdasarkan kondisi cahaya di mana bisa dimatikan, diatur hanya 30fs, atau memakai 30fps dan 60fps. Sementara fungsi pengoptimalan kualitas untuk foto kini bisa disesuaikan dari tinggi, menengah, atau rendah.

7. Peningkatan Aplikasi Gallery

Masih berhubungan dengan foto dan video, aplikasi Gallery di One UI 6.0 juga membawa beberapa penyesuaian. Di antaranya termasuk gesture usap ke atas untuk membuka tampilan mendetail yang kini mempunyai akses cepat ke efek dan fitur pengeditan sehingga bisa segera diterapkan.

Aplikasi Gallery juga mendapatkan dukungan yang disebut two-handed drag-and-drop. Kita dapat memakainya untuk memindahkan foto atau video dengan dua tangan di mana satu berfungsi menahan berkas sementara lainnya untuk navigasi.

8. Peningkatan Photo Editor

Fitur undo dan redo juga turut hadir untuk Photo Editor di One UI 6.0. Jadi sekarang kita bisa lebih mudah untuk membatalkan atau mengulangi transformasi, filter, dan warna. Kita makanya tidak perlu takut lagi saat bereksperimen dalam mengedit foto.

Saat menambahkan teks ke dalam foto, kita kini pun dapat menggunakan berbagai macam gaya dan bentuk. Kita juga bisa memilih latar belakang pada tulisan secara lebih leluasa dalam menyempurnakan tampilannya.

9. Auto Blocker

Bersama distribusi One UI 6.0, Samsung juga memperkenalkan sebuah fitur baru yang disebut dengan Auto Blocker. Fungsinya untuk memblokir pemasangan aplikasi-aplikasi dari sumber tak resmi atau yang biasa dikenal sebagai sideloading.

Auto Blocker juga akan memastikan perangkat benar-benar aman saat menggunakan fasilitas pengisian daya umum, tersambung ke komputer, atau perangkat lainnya. Fitur ini juga mempunyai fungsi untuk memblokir perintah-perintah berbahaya melalui kabel USB.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar