Tips dan Trik Handphone

Cara Update One UI 5 Berbasis Android 13 di Handphone Samsung Buat Jajal Fitur Baru

Cara Update Android 13 Samsung - Header

Gadgetren – Perusahaan Samsung Electronics sudah meluncurkan secara resmi pembaruan Android 13 untuk perangkat-perangkat buatan mereka melalui antarmuka sistem One UI generasi ke-5.

Antarmuka baru dengan Android 13 tersebut menawarkan implementasi desain Material You yang lebih baik, penyempurnaan Widget Stacking, penambahan Smart Suggestion, penyegaran notifikasi, hingga pengaturan layar kunci yang praktis.

Tak hanya menawarkan tampilan yang lebih segar, antarmuka sistem baru Samsung tersebut membawa sejumlah penyesuaian yang lebih cerdas dan personal. Misalnya termasuk kehadiran Text Recognition di Gallery, peningkatan Modes and Routines, dan penambahan fitur multi-pengguna.

Dengan berbagai macam pemutakhiran ini, antarmuka sistem One UI 5 pun banyak dinantikan oleh para pengguna handphone buatan Samsung. Sebagian di antara kita kabar baiknya sudah bisa menjajalnya jika penasaran.

Sama seperti generasi sebelum-sebelumnya, pembaruan antarmuka One UI 5 pun tersedia lewat OTA (Over-The-Air) Update. Jadi kita bisa mengunduh dan memasangnya langsung lewat handphone secara langsung tanpa bantuan perangkat lain.

Cara Update One UI 5 Android 13 di Handphone Samsung

  • Buka halaman Settings di handphone Samsung
  • Cari dan buka Software update
  • Ketuk opsi Download and install
  • Jika pembaruan sudah tersedia, klik Download now
  • Apabila unduhan sudah selesai, klik Install now

Pembaruan antarmuka sistem One UI 5 kabarnya akan digelontorkan untuk lebih dari 80 model perangkat Samsung baik itu handphone maupun tablet. Hanya saja distribusinya akan dilakukan secara bertahap hingga bulan April 2023 mendatang.

Jadi sampai pada saat artikel ini diterbitkan, pembaruan sistem One UI 5 masih tersedia secara terbatas untuk sejumlah model perangkat. Terutama handphone-handphone di jajaran lini flagship seperti Galaxy S, Galaxy Z, maupun Galaxy Tab S terbaru.

Meskipun dimulai dari perangkat-perangkat flagship Samsung, kita pun tak perlu khawatir karena pembaruan One UI 5 nanti juga akan tersedia untuk kelas menengah ke bawah. Misalnya untuk Galaxy A13 maupun Galaxy M12.

Tak hanya berdasarkan model handphone atau tablet, ketersediaan pembaruan sistem One UI 5 juga bisa berbeda-beda untuk setiap wilayah. Sebagian pengguna di Indonesia pun harus sedikit bersabar sebelum dapat kesempatan.

Tinggalkan Komentar