ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 9 Fitur Samsung Galaxy A24 yang Penting dan Wajib Kamu Ketahui

Fitur Samsung Galaxy A24 Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga Rp3.499.000, Samsung Galaxy A24 hadir dengan spesifikasi bertenaga dan varian warna unik sebagai ponsel kelas menengah bawah.

Terdapat juga dukungan multi kamera yang memudahkan penggunanya untuk mengabadikan berbagai momen penting yang tidak dapat diulang kembali ketika sedang dalam perjalanan mulai dari lokasi awal hingga ke tujuan.

Perangkat ini sudah dibekali baterai berkapasitas besar agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Jika kamu tertarik meminang Galaxy A24, tim Gadgetren selain telah mengulasnya juga akan membeberkan beragam fitur-fitur menarik yang wajib diketahui oleh para penggunanya.

1. Foto Dalam Berbagai Mode

Dari sektor fotografi, Samsung Galaxy A24 mempunyai dukungan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan OIS (Optical Image Stabilization), ultrawide 5 MP, dan makro 2 MP.

Kamu dapat memanfaatkan kamera utamanya untuk menghasilkan foto yang berkualitas bagus. Terdapat juga fitur Portrait yang dapat membuat foto dengan subjek yang terfokus dan latar belakang memiliki efek bokeh.

Samsung Galaxy A24 - Back Camera

Kamu juga dapat mengaktifkan Night Mode untuk menghasilkan foto malam hari yang lebih terang dan minim noise dibandingkan memotret dengan menggunakan Auto Mode.

Tak kalah pentingnya, terdapat kamera ultrawide yang dapat digunakan untuk menghasilkan foto dengan area yang luas tanpa perlu lagi menggunakan Panorama mode sehingga lebih praktis untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih luas.

2. Game Booster

Samsung Galaxy A24 - Game Booster

Pada saat bermain game di Samsung Galaxy A24, kamu dapat memanfaatkan Game Booster yang tersembunyi di bagian bawah layar. Pada Game Booster terdapat beragam tools yang dapat membuat pengalaman bermain game menjadi lebih imersif.

Salah satunya Priority Mode yang dapat mengatur ponsel untuk memblokir panggilan masuk dan semua notifikasi, kecuali alarm untuk mencegah gangguan ketika bermain game.

Terdapat juga Monitoring Temperature / Monitoring Memory yang dapat mengatur ponsel untuk secara otomatis melakukan penyesuaian untuk mencegah perangkat dari panas berlebih dan menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang saat RAM tidak sudah kurang memadai (gunakan juga RAM Plus sebagai solusinya).

3. Dark Mode

Samsung Galaxy A24 - Dark Mode

Secara bawaan, Samsung Galaxy A24 sudah dilengkapi dengan fitur Dark Mode yang memungkinkan tampilan antarmukanya dan beberapa aplikasi memiliki latar belakang yang gelap atau hitam.

Fitur Dark Mode akan sangat terasa fungsinya ketika sedang menikmati konten di lingkungan redup cahaya atau malam hari. Jadinya layar tidak akan membuat mata cepat lelah karena konten yang ditampilkan menjadi tidak terlalu silau seperti saat tampilan latar belakang berwarna putih.

4. Screenshot dengan Gesture

Samsung Galaxy A24 - Half Bottom Display

Sejak pertama kali dinyalakan, fitur Palm Swipe to Capture sudah langsung aktif pada Samsung Galaxy A24. Fitur yang satu ini memungkinkan kamu untuk dapat mengambil screenshot dengan menyapu layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya menggunakan telapak tangan yang dirapatkan secara tegak lurus seperti pisau.

Berkat hadirnya fitur ini, kamu tidak perlu menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Down yang mana punya fungsi vital lain seperti untuk mematikan dan menyalakan ponsel.

Selain dengan menggunakan fitur Palm Swipe to Capture, kamu sebenarnya juga bisa mengakses tombol Screenshot melalui Quick Settings yang mana tidak kalah praktisnya untuk digunakan.

5. Split Screen dan Floating Windows

Samsung Galaxy A24 - Split Screen

Split Screen merupakan salah satu fitur yang wajib digunakan oleh pengguna Samsung Galaxy A24 karena memungkinkan dua aplikasi dapat berjalan dalam satu layar sekaligus. Misalnya kamu dapat melakukan chat di WhatsApp sambil menonton video di YouTube.

Selain itu, Samsung Galaxy A24 juga dilengkapi dengan fitur Floating Windows yang nantinya dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus pada layarnya dalam bentuk jendela yang mengambang. Jadi kamu dapat mengatur posisi yang sesuai agar penggunaan aplikasi menjadi lebih optimal.

Hadirnya fitur Split Screen dan Floating Windows tentu akan memudahkan kamu dalam melakukan aktivitas multitasking, baik berkomunikasi dengan orang lain hingga melakukan pekerjaan.

6. Video Streaming Berkualitas Full HD

Samsung Galaxy A24 - Netflix

Samsung Galaxy A24 sudah mendapatkan sertifikasi Widevine L1 yang membuat layarnya mampu menampilkan video beresolusi Full HD (1080p) dari aplikasi layanan streaming seperti Netflix, Amazon Prime Video, Disney+ Hotstar, VIU, YouTube, dan lainnya.

Apalagi Samsung Galaxy A24 dilengkapi layar 6,5 inci dengan panel Super AMOLED dan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) sehingga membuat video streaming beresolusi Full HD menjadi terang serta jernih.

Perlu dicatat bahwa apabila sebuah ponsel tidak memiliki sertifikasi Widevine L1, maka aplikasi Netflix dan Amazon Prime Video tidak akan menampilkan video berkualitas Full HD walaupun layarnya sudah mendukung resolusi Full HD+.

7. Scan QR Code

Samsung Galaxy A24 - Scan QR Code

Pada Quick Settings di Samsung Galaxy A24 sudah tersedia tombol Scan QR Code secara langsung yang akan menjalankan aplikasi kamera bawaan untuk digunakan memindai QR Code.

Dengan begitu kamu dapat secara cepat membuka data atau tautan yang terdapat pada QR Code. Untuk mengakses Quick Settings sendiri, kamu hanya perlu menyapu layar dari atas ke bawah menggunakan satu jari. Nantinya pada Quick Settings terdapat beberapa tombol yang mana salah satunya Scan QR Code.

8. NFC (Near Field Communication)

Samsung Galaxy A24 - NFC

Samsung Galaxy A24 sudah dilengkapi dengan fitur NFC yang memungkinkan melakukan pembayaran digital, pengecekan atau pengisian saldo kartu e-money, maupun transfer data dengan cepat.

Untuk menyalakan atau mematikan fitur NFC, kamu dapat menekan kembali tombol NFC yang ada di Quick Settings untuk mengaktifkannya. Selanjutnya hanya dapat mendekatkan kartu e-money atau alat lain ke bagian belakang ponsel yang terdapat sensor NFC.

Setelah kartu e-money terbaca sensor NFC, maka akan ditampilkan informasi mengenai saldo yang ada di dalamnya. Perlu dicatat bahwa untuk melakukan pengecekan atau pengisian saldo dari kartu e-money perlu memasang aplikasi tertentu seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya.

9. Nearby Share

Samsung Galaxy A24 - Nearby Share ok

Nearby Share secara umum sudah tersedia di beragam ponsel berbasis Android masa kini, termasuk Samsung Galaxy A24. Dengan fitur ini kamu dapat mengirim data secara cepat antar ponsel.

Cara menggunakan Nearby Share pun sangat mudah dimana ponsel penerima dan pengirim perlu sama-sama mengaktifkan fitur Nearby Share. Nantinya kedua ponsel dapat langsung saling bertukar data dengan cepat dan praktis.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Terima kasih untuk informasinya tentang a24 super amoled saya setuju untuk tukar tambah dengan hp saya a14 4g kabarnya saya harus menambah uang ampir 2 JT.saya cari uang dulu.secepatnya.