ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24 – Masih Cocok Untuk Harian

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24 Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga Rp3.499.000, Samsung Galaxy A24 telah menjadi amunisi tambah Samsung untuk segmen kelas menengah di Indonesia.

Ponsel yang satu ini hadir dengan satu varian menggunakan konfigurasi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Adapun kapasitas baterainya termasuk besar karena mencapai 5.000mAh.

Tidak ketinggalan, Samsung Galaxy A24 telah hadir dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication) yang memudahkan pengecekan atau pengisian saldo kartu e-money.

Meskipun sudah dapat dibeli secara online melalui samsung.com/id, Blibli, maupun Akulaku, namun kamu juga perlu mempertimbangkan sebelum membeli ponsel ini terlebih dulu. Sebelumnya tim Gadgetren pun sudah membuat ulasan Samsung Gaalxy A24, namun kamu dapat melihat ringkasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A24 sebagai berikut.

Kelebihan Samsung Galaxy A24



1. Desain Menarik

Samsung Galaxy A24 - Feature Secondary

Untuk membuat ponsel ini terlihat menawan, Samsung telah menghadirkan desain Glastic berbahan polikarbonat yang dibuat menyerupai kaca. Sementara pada varian Silver memungkinkan warnanya bisa berubah menjadi beraneka ragam lewat gradasi hijau, biru, merah, hingga oranye tergantung dari pantulan cahaya serta sudut pandang.

Apabila kamu memiliki case yang menutupi bodinya tentu akan mengurangi keindahannya. Jadi mungkin sebaiknya menggunakan case transparan agar warna asli dari Samsung Galaxy A24 yang cantik tetap terlihat.

2. Layar yang Nyaman di Mata

Samsung Galaxy A24 - HandsOn Display

Samsung Galaxy A24 mempunyai layar penuh dengan lebar 6,5 inci yang dapat membuat pengguna leluasa ketika menikmati film maupun game karena terasa mempunyai area yang luas.

Dukungan teknologi Super AMOLED dan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) akan memberikan kualitas visual yang jernih dan warna memukau. Sementara layarnya pun mempunyai tingkat kecerahan puncak hingga 1.000nits, dimana konten mampu terlihat dengan jelas walaupun pengguna sedang berada di bawah terik matahari.

Berkat refresh rate 90Hz, layar Samsung Galaxy A24 mampu menampilkan gerakan transisi menu maupun animasi game secara halus. Terdapat sertifikasi Widevine L1 yang membuatnya dapat menampilkan video beresolusi Full HD (1080p) pada aplikasi streaming seperti Netflix, Amazon Prime Video, Disney+ Hotstar, dan lainnya.

3. Sudah Pakai OneUI 5.1

Samsung Galaxy A24 - Half Bottom Display

Di sisi software, Samsung Galaxy A24 secara bawaan sudah menggunakan OneUI 5.1 berbasiskan Android 13 yang mana merupakan versi Android terbaru saat ini pada tahun 2023. Tampilan antarmukanya terlihat sederhana dengan ukuran ikon cukup besar sehingga memudahkan dalam proses navigasi antar menu maupun aplikasi.

Beragam fitur seperti Dark Mode, Secure Folder, Split Screen, Scan QR Code, dan lainnya pun sudah tersedia langsung pada OneUI 5.1 untuk memudahkan pengguna menjalani rutinitas harian.

4. Kamera Utama 50 MP

Samsung Galaxy A24 - Back Camera

Di sektor fotografi, Samsung Galax A24 sudah dilengkapi dengan kamera utama 50 MP dengan OIS (Optical Image Stabilization) sehingga pengguna dapat menghasilkan foto jelas dan tajam walaupun tidak sengaja bergerak.

Secara bawaan, kamera utama ponsel ini menggunakan teknologi 4-in-pixel binning yang mampu menyerap cahaya lebih banyak, meningkatan kualitas gambar, dan warna yang lebih dinamis. Namun apabila ingin kamera utamanya mengambil foto dengan resolusi yang lebih besar, maka dapat mengaktifkan fitur 50 MP pada aplikasi kamera bawaan ponsel.

Hadirnya fitur Night Mode dapat membantu untuk menghasilkan foto malam hari yang terang, tajam, dan minim noise. Sementara fitur Portrait dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto dengan subjek yang fokus dengan latar belakang buram.

5. Performa Lancar untuk Gaming

Samsung Galaxy A24 - Diagonal Display withBox

Untuk dapur pacunya, Samsung Galaxy A24 sudah menggunakan chipset MediaTek Helio G99 (6nm) Octa-Core 2,2 GHz yang sudah umum digunakan oleh berbagai ponsel di kelas menengah.

Chipset ini sudah didampingi fitur MediaTek HyperEngine 2.0 Lite Gaming Technologies yang dapat meningkatkan performa ketika game sedang berjalan. Untuk memainkan game lebih imersif, tersedia pula fitur Game Booster yang dapat ditemukan ketika bermain game.

RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB didaulat untuk mendampingi dari kinerja dari MediaTek Helio G99. Apalagi terdapat fitur RAM Plus yang mampu meminjam ruang kosong penyimpanan internal untuk menghadirkan RAM tambahan hingga 8 GB untuk meningkatkan kinerja multitasking dari Galaxy A24.

Kekurangan Samsung Galaxy A24

1. Noda dan Debu Sidik Jari Mudah Menempel

Samsung Galaxy A24 - HalfBack Samsung Logo

Walaupun bodi belakang terlihat menarik dengan menggunakan warna yang variatif dan desain Glastic, namun debu dan noda sidik jari jadi mudah menempel pada Samsung Galaxy A24. Pada saat terkena pantulan cahaya, nodanya akan terlihat semakin jelas yang tentu mengurangi estetikanya.

2. Tidak Tersedia Case Bawaan

Samsung Galaxy A24 - Back with Box

Pada dus penjualan ponsel ini tidak tersedia case bawaan yang padahal ponsel di kelas harga sama sudah memberikannya. Dengan begitu, pengguna harus membeli case secara terpisah agar bisa melindungi bodi belakangnya dari noda maupun goresan yang tidak sengaja.

3. Masih Menggunakan Poni Berbentuk U

Samsung Galaxy A24 - Half Top Display

Meskipun mempunyai harga di kisaran Rp3 jutaan, justru layar Galaxy A24 masih menggunakan poni berbentuk huruf U kecil di bagian atas layar. Padahal akan terasa lebih modern jika menggunakan desain punch hole untuk rumah kamera depannya.

Selain itu, biasanya punch hole akan memperkecil ukuran bezel bagian atas, yang tentunya membuat layar terlihat semakin memenuhi bagian depan.

4. Tidak Terdapat Fitur Refresh Rate Dinamis

Samsung Galaxy A24 - HandsOn Display

Sayangnya terdapat kekurangan pada bagian layar ponsel ini dimana fitur refresh rate dinamis tidak tersedia sehingga hanya dapat mengunci refresh rate pada kecepatan High (90Hz) atau Standard (60Hz).

Oleh sebab itu, apabila ingin lebih hemat baterai harus mengunci kecepatan refresh rate menjadi Standar dan jika lebih mementingkan animasi yang halus dapat disetel ke High. Jadi sedikit merepotkan untuk ganti-ganti mode refresh rate.

5. Tidak Menyertakan Charger Bawaan 25W

Samsung Galaxy A24 - Feature

Meskipun telah menghadirkan fitur 25W Fast Charging, namun Samsung tidak menyediakan charger bawaan di dalam dus penjualannya sehingga kurang dapat memaksimal kecepatan pengisian daya baterainya.

Pihak Samsung menjanjikan akan memberikan 15W Travel Adaptor Charger dalam paket penjualan Galaxy A24 di Indonesia. Namun tetap saja kecepatan pengisian daya jadi belum terasa optimal karena fitur 25W Fast Charging tidak dapat aktif.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar