ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

MSI Rilis Claw A1M, Perangkat Gaming Handheld Baru yang ditenagai Intel Core Ultra

MSI Rilis Claw A1M, Perangkat Gaming Handheld Baru yang ditenagai Intel Core Ultra

Gadgetren – Tak ketinggalan meramaikan pasar gaming handheld, MSI memperkenalkan perangkat Claw A1M yang ditenagai prosesor Intel Core Ultra dengan Neural Processing Unit untuk pemrosesan Artificial Intelligence (AI).

Prosesor tersebut juga dilengkapi dengan teknologi Intel Xe Super Sampling (XeSS) yang disebut dapat mengakselerasi FPS untuk tampilan permainan yang halus dan memanjakan mata baik itu untuk game aksi-petualangan, pertarungan, RPG, olahraga, atau menembak.

Dengan varian prosesor hingga Intel Core Ultra 7, MSI Claw juga ditemani prosesor grafis Intel Arc dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 16GB. Kemudian penyimpanan internal yang disediakan menggunakan SSD PCle NVMe M.2 Gen 4 x4 hingga 1TB.

Mengenai ketersediaannya, dilansir dari laporan The Verge menyebutkan MSI Claw rencananya akan dijual dalam tiga model varian namun yang baru diungkap hanya dua varian saja.

Harganya mulai $699 atau Rp10,8 jutaan untuk RAM 16GB dan penyimpanan 512GB dengan Core Ultra 5. Kemudian RAM 16GB dan penyimpanan 1TB  seharga $799 atau setara Rp12,3 jutaan dengan Core Ultra 7. Keduanya akan tersedia pada kuartal pertama tahun 2024.

Ada satu pilihan warna yang tersedia untuk MSI Claw yakni hitam. Gaming handheld ini tidak seperti Lenovo Legion Go yang bisa dilepas pasang melainkan layar menyatu dengan pegangan konsol.

Selain mengandalkan hardware baru, gaming handheld ini didukung sistem pendinginan dengan teknologi termal MSI Cooler Boost Hyperflow yang disebut apat mengalihkan aliran udara untuk mendinginkan komponen internal sehingga memastikan kinerja gaming yang optimal untuk waktu yang lama tanpa menunggu terlalu panas.

Baterainya berkapasitas 53Whr yang diklaim menawarkan ketahanan masa pakai baterai hingga 2 jam dalam kondisi beban kerja penuh. Berkat sistem operasi Windows 11, membuat gaming handheld MSI Claw dapat memainkan beragam game PC dari berbagai platform seperti Xbox dan Steam.

MSI-Claw-2

Di MSI APP Player, MSI Claw tidak hanya menawarkan game Windows saja tetapi juga akses ke game seluler Android.  Selain itu menyediakan software MSI Center M sebuah platform intuitif untuk dapat mengakses dengan mudah ke fitur dan pengaturan penting. Semua game yang telah dimainkan atau diunduh maupun belum dapat kamu lihat di software tersebut.

Lebih jauh secara fisik, MSI Claw tampil dengan layar berukuran 7 inci yang memiliki resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) berpanel IPS Level serta mendukung refresh rate hingga 120Hz dan dapat dioperasikan dengan sentuhan jari. Kemudian menyediakan dukungan  100% sRGB dan tingkat kecerahan hingga 500nits.

Gaming handheld baru ini turut memiliki sensor 6-Axis IMU Vibration Motor sehingga permainan tembak-tembakan dapat terasa lebih nyata. Terdapat dua speaker dan 1x audio combo jack yang didukung fitur Hi-Res Audio serta tersedia koneksi port 1 x Thunderbolt 4 yang juga sebagai pengisian daya, 1x microSD Card Reader. dan pemindai sidik jari pada tombol power button.

 MSI-Claw-3

Secara teknis tombol MSI Claw memiliki kemiripan dengan ASUS ROG Ally. Dimulai dari sebelah kiri konsol yang menghadirkan tombol analog, direction pad (d-pad), dan tombol fungsi View Button serta MSI Center M Button. Di sebelah kanan konsol terdapat tombol ABXY, tombol analog, tombol fungsi Menu Button serta Quick Settings Button, dan lubang kipas.

Sementara warna tombol ABXY dan tombol analog bisa diatur sesuka hati penggunanya melalui efek pencahayaan Mystic Light RGB. Selanjutnya pada bagian atas terdapat tombol bumper, trigger, dan volume. Di bagian belakang, tersedia dua tombol makro, lubang kipas, dan logo MSI di tengah lubang kipas tersebut.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar