ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

MSI Rilis Gaming Handheld dengan Intel Core Ultra Pertama di Indonesia, MSI Claw

MSI Rilis Gaming Handheld dengan Intel Core Ultra Pertama di Indonesia, MSI Claw

Gadgetren – Dalam ajang MSIology 2024, MSI secara khusus memamerkan perangkat-perangkat terbarunya yang mencakup rangkaian laptop gaming dan juga gaming handheld MSI Claw yang kini bisa dipesan di Indonesia sampai tanggal 31 Maret 2024.

Ada tiga varian MSI Claw yang bisa dibeli yang mencakup dengan prosesor Intel Ultra 7-155H yang memiliki penyimpanan internal 512GB dan dengan penyimpanan 1TB. Yang paling murah MSI Claw dijual seharga Rp11.349.000 yang ditenagai prosesor Intel Ultra 5-135H dengan penyimpanan 512GB.

Pembeli dapat memesan MSI melalui e-commerce yang menjadi partner resmi MSI di Tokopedia, Shopee, dan Blibli di mana turut diberikan langganan Xbox Game Pass selama satu bulan secara gratis. Selama periode pemesanannya, MSI Claw memberikan harga promo Early Bird dengan diskon hingga Rp1,5 juta.

Gaming handheld ini menjalankan sistem operasi Windows 11 untuk memainkan beragam game PC. MSI Claw sendiri menjadi pembeda atas kehadiran gaming handheld yang sebelumnya sudah beredar di pasaran seperti Steam Deck atau ROG Ally yang menggunakan prosesor AMD Ryzen Z1 dan Z1 Extreme.

MSI Claw menjadi gaming handheld pertama yang ditenagai prosesor seri Intel Core Ultra yang menariknya secara bawaan menyediakan prosesor grafis Intel Arc yang diklaim mampu menunjukkan kemampuan AI untuk dapat menghadirkan pengalaman bermain game yang semakin canggih.

Meskipun terlihat sama dengan ROG Ally yang memiliki warna putih dan pola pada pegangannya, MSI Claw justru tampil dengan warna hitam dan memiliki pegangan polos.

MSI Claw lebih menonjolkan pegangan di bagian belakang dengan lekukan yang disesuaikan oleh tangan penggunanya. Sedangkan ROG Ally lebih cenderung memiliki pegangan flat grip atau datar.

 MSI-Claw-tombol

Bobot MSI Claw sekitar 675 gram yang di atas kertas lebih berat ketimbang ROG Ally dengan berat 608 gram. Menariknya MSI Claw memiliki tombol ABXY yang dapat memancarkan cahaya warna yang tidak terlalu terang yang dapat diatur sesuka hati penggunanya melalui efek pencahayaan Mystic Light RGB.

Mengenai penggunaan dayanya dan kinerja performa, pengguna pun dapat memilih setelan sebelum launching ke menu utamanya melalui software khusus berupa MSI Center M mulai dari super battery, mode balanced, extreme perfomance, hingga memilih untuk mengoptimalkan sistem pendinginan atau cooler boost.

Sistem pendinginan di dalam jeroannya sendiri menggunakan dua kipas dan dua heat pipe disebut dapat mengalihkan aliran udara untuk mendinginkan komponen internal sehingga memastikan kinerja gaming yang optimal untuk waktu lama.

Selain dapat menyetel penggunaan sistem yang diinginkan, kamu juga dapat menggunakan software MSI Center M untuk menyimpan beragam game yang sudah diunduh melalui menu Game Library.

Kemudian dalam software ini juga menampilkan platform game lainnya selain Xbox seperti Steam, EA, Epic Games, dan juga mendukung game Android melalui MSI App Player.

MSI-Claw-1

Beralih ke layarnya, MSI Claw mengusung ukuran 7 inci yang mempunyai resolusi Full HD (1920×1080 piksel), mendukung refresh rate 120Hz, berpanel IPS-Level yang bisa dioperasikan dengan sentuhan, 100% sRGB, dan tingkat kecerahan hingga 500nits.

Tersedia pemindai sidik jari yang juga terletak pada bagian tombol power-nya. Baterai mempunyai kapasitas 53WHr yang dilengkapi pengisian cepat 65W yang dapat mengisi daya lebih cepat dan baterai dalam kondisi penuh disebut dapat digunakan hingga 2 jam.

Selain MSI Claw, MSIology 2024 juga memamerkan enam laptop terbarunya yang telah resmi hadir di Indonesia meliputi
Titan 18 HX, Stealth 16 AI Studio, Vector 16 HX, Cyborg 15 AI, Cyborg 14 A13V, dan Prestige 13 AI Evo. Adapun untuk lini laptop gaming yang bertenaga Intel Core Ultra yakni Stealth 16 AI Studio dan Cyborg 15 AI.

Sementara untuk bermain game berat, MSI kembali menghadirkan seri Titan sebagai laptop flagship dengan performa pacu Intel Core Generasi ke-14 seri HX dan layar 18 inci melalui laptop Titan 18 HX.

Selain peningkatan prosesor, laptop seri Vector dan Cyborg juga hadir dengan versi terbarunya yakni Vector 16 HX yang kini sudah menggunakan prosesor Intel Core i9 seri HX.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar