ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone

Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan Sharp AQUOS R8s Pro, Cocok Buat Fotografi?

Kelebihan dan Kekurangan Sharp AQUOS R8s Pro - Header

Gadgetren – Sharp AQUOS R8s Pro sudah diperkenalkan secara resmi di Indonesia. Perangkat ini secara khusus mencoba peruntungan di pasar flagship dengan banderol harga normal Rp15.999.000.

Seperti ponsel flagship pada umumnya, perangkat satu ini juga menawarkan spesifikasi yang tak kalah menggoda. AQUOS R8s Pro pun tercatat membawa berbagai macam dukungan menarik yang bisa dirangkum sebagai keunggulannya.

Namun, apakah perangkat ini benar-benar layak dipertimbangkan saat kita sedang mencari ponsel baru? Kamu yang penasaran dengan jawabannya tentu bisa melihat kelebihan dan kekurangan dari AQUOS R8s Pro dalam mempertimbangkannya.

Kelebihan Sharp AQUOS R8s Pro

1. Bawa Kamera Utama yang Menjanjikan

Salah satu keunggulan dari AQUOS R8s Pro adalah sektor kamera utamanya. Perangkat ini diklaim sudah menggunakan sistem lensa yang dikembangkan bersama merek kamera terkemuka. Jika sama dengan model Sharp AQUOS R8 Pro yang meluncur di Jepang, merek yang dimaksud kemungkinan adalah Leica.

Kamera utama AQUOS R8s Pro secara khusus sudah mengusung sensor berukuran besar bertipe 1 inci. Resolusinya mencapai 47,2MP dengan lensa super wide-angle 19mm yang mendukung bukaan rana besar hingga f/1.9.

Dengan spesifikasi kamera tersebut, AQUOS R8s Pro tentu mampu menghasilkan gambar yang konsisten dalam berbagai macam kondisi cahaya. Perangkat ini apalagi juga membawa Sensor spektrum 14 saluran yang mampu mendeteksi pencahayaan sekitar secara lebih baik.

Sharp sendiri tampaknya ingin membuat AQUOS R8s Pro sebagai ponsel fotografi. Mereka soalnya juga secara khusus mengembangkan case yang bisa digunakan untuk memasang berbagai macam filter berukuran 49mm seperti CPL, ND, hingga DHG Cross.

Kelebihan dan Kekurangan Sharp AQUOS R8s Pro - Filter

Kita berkesempatan memperoleh case khusus tersebut secara cuma-cuma jika menjadi salah satu dari seratus pembeli AQUOS R8s Pro pertama. Selebihnya, kita perlu membelinya secara terpisah dari paket penjualan yang diberikan.

2. Dilengkapi Layar Menawan

Keunggulan selanjutnya terletak pada bagian layar. AQUOS R8s Pro soalnya meluncur dengan menggunakan panel yang disebut Pro IGZO OLED. Teknologi buatan Sharp tersebut diklaim mampu menayangkan konten dengan gambar dan animasi yang menawan.

Panel Pro IGZO OLED yang dibawa oleh AQUOS R8s Pro secara teknis mempunyai tingkat kecerahan maksimal sampai 2.000nits. Ukurannya membentang hingga seluas 6,6 inci dengan resolusi gambar WUXGA+ (2730 x 1260 piksel).

Yang menarik dari panel Pro IGZO OLED milik AQUOS R8s Pro tersebut, pengaturan refresh rate-nya mendukung rentang yang sangat luas. Sharp sendiri bahkan menulis dalam spesifikasi produknya bahwa perangkat ini mampu menangani animasi mulai dari 1 sampai 240Hz.

Di samping itu, panel Pro IGZO OLED AQUOS R8s Pro juga disebut-sebut menggunakan material baru yang dapat mengurangi paparan cahaya biru hingga 50 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Layar tersebut pun diklaim mampu menampilkan warna yang lebih hidup.

Pengalaman menikmati hiburan dengan panel Pro IGZO OLED juga akan terasa lebih menyenangkan karena perangkat AQUOS R8s Pro dilengkapi Dolby Vision. Teknologi tersebut memungkinkan gambar-gambar HDR dapat ditayangkan secara lebih baik.

3. Baterai Siap Diajak Beraktivitas

Mengusung baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh, AQUOS R8s Pro siap diajak untuk beraktivitas dengan nyaman meskipun jauh dari terminal listrik. Kita tidak perlu khawatir perangkat ini bakal cepat kehabisan daya saat dipakai bekerja, berburu foto, hingga menikmati hiburan.

Kapasitas baterai yang besar tersebut bahkan bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya perangkat lain. AQUOS R8s Pro sudah dilengkapi teknologi wireless reverse charging dengan protokol Qi yang banyak digunakan di masa sekarang.

4. Dukungan Memori yang Unggulan

Guna melengkapi kemampuan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang menjadi dapur pacunya, AQUOS R8s Pro mempunyai dukungan memori yang sangat baik. Perangkat ini sudah menggunakan RAM LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0 berkapasitas besar.

Perangkat flagship dari Sharp ini secara khusus sudah menggunakan RAM berkapasitas sebesar 16GB. Jadi di atas kertas, AQUOS R8s Pro dapat digunakan untuk menangani berbagai macam tugas bahkan ketika dilakukan secara multitasking.

Sementara untuk media internalnya, perangkat ini mempunyai penyimpanan berkapasitas hingga 256GB. Kita pun dapat menyimpan data maupun memasang aplikasi dan game dengan lebih tenang tanpa khawatir akan cepat kehabisan ruang.

5. Tahan Banting

Hadirnya AQUOS R8s Pro pun menambah daftar ponsel tahan banting yang tersedia di masa sekarang. Perangkat ini bahkan sudah mengusung standar militer MIL-STD-810H selain lapisan Corning Gorilla Glass Victus di bagian layar serta sertifikasi IP68 untuk percikan air dan debu.

Kelebihan dan Kekurangan Sharp AQUOS R8s Pro - Bodi

Sedikit informasi buat kamu yang belum tahu, standar militer MIL-STD-810H umumnya akan diberikan kepada perangkat-perangkat yang berhasil melewati 29 jenis rangkaian uji ketahanan di lingkungan ekstrem. Adapun di antaranya termasuk tekanan rendah, perubahan suhu, kontaminasi cairan, getaran, hingga guncangan.

6. Masih Ada Slot Micro SD dan Jack Audio

Berbeda dengan kebanyakan ponsel flagship di masa sekarang, AQUOS R8s Pro menariknya masih dilengkapi dengan slot kartu media eksternal di mana mendukung hingga sebesar 1TB. Jadi kita masih bisa mengekspansi penyimpanan perangkat dengan mudah saat memerlukan kapasitas yang lebih besar.

Selain itu, perangkat satu ini juga masih membawa jack audio 3,5mm sebagai salah satu fitur tambahan. Kita pun bisa menggunakan perangkat suara kabel dengan lebih mudah. Kita setidaknya tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli kabel konverter.

Kekurangan Sharp AQUOS R8s Pro

1. Kamera Kurang Lengkap

Meluncur sebagai perangkat flagship yang dibanderol dengan harga lebih dari Rp10 juta, sistem kamera yang dibawa AQUOS R8s Pro masih kurang lengkap. Ponsel ini hanya dilengkapi dengan kamera utama dengan sensor kedalaman saja.

Padahal jika melihat berbagai macam perangkat yang meluncur di rentang harganya, banyak ponsel yang sudah menggunakan tambahan lensa ultrawide maupun telefoto. Jadi cukup disayangkan meskipun kamera utamanya memang sudah mumpuni.

2. Pengisian Daya Kalah Cepat

Dalam melengkapi dukungan baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh miliknya, AQUOS R8s Pro juga hanya menggunakan teknologi pengisian berdaya 27W. Jauh lebih rendah jika dibandingkan kebanyakan ponsel di kelasnya.

Oleh karenanya, AQUOS R8s Pro secara teknis memerlukan durasi waktu pengisian daya yang lebih lama untuk membuat baterai terisi penuh. Kita yang berencana membeli perangkat ini sebaiknya menyiapkan waktu khusus untuk melakukan isi ulang supaya aktivitas tidak tergantung.

3. Material Bodi Polikarbonat

Pada saat kebanyakan ponsel menengah ke atas mulai menghadirkan kesan premium dengan menggunakan material seperti kaca, aluminum, hingga kulit, AQUOS R8s Pro justru hanya memakai bahan polikarbonat. Sharp untungnya menggunakan tekstur yang mirip seperti pada kamera profesional.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar