ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 10 Kelebihan dan Kekurangan Sharp AQUOS R8s, Ngebut Performanya!

Kelebihan dan Kekurangan Sharp AQUOS R8s Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga Rp12.999.000, Sharp AQUOS R8s telah menjadi ponsel kelas atas yang hadir di pasar Indonesia.

Apabila ponsel dengan harga di atas Rp10 juta rata-rata sudah menghilangkan jack audio 3,5mm, justru Sharp AQUOS R8s masih menghadirkannya agar memudahkan pengguna dalam menghubungkan earphone atau headphone kabel.

Fitur NFC (Near Field Communication) pun sudah dihadirkan sehingga memudahkan pengecekan dan pengisian saldo kartu emoney secara cepat. Face Unlock dan sensor fingerprint pun memungkinkan pembukaan kunci layar dengan wajah maupun sidik jari tanpa perlu repot.

Kelebihan Sharp AQUOS R8s

1. Desain Menawan

Sharp AQUOS R8s - Back Body

Sharp AQOUS R8s menggunakan desain kotak klasik dengan lengkungan di empat sisinya yang membuat ponsel ini terlihat menawan. Bodi belakangnya menghadirkan tekstur matte sehingga tidak licin ketika digenggam dengan satu tangan.

Pada bagian pinggirnya sudah menggunakan rangka aluminium dengan desain datar sehingga membuatnya terlihat premium sekaligus kokoh. Untuk menambah kecantikannya, bagian belakang ponsel ini memiliki pilihan warna biru dan krem.

Pihak Sharp mengungkapkan bahwa desain ponsel ini memadukan nuansa performa, keindahan, kecanggihan, dan ukuran yang compact. Dengan begitu, cocok digunakan untuk di segala kondisi.

Terdapat juga lingkaran besar di bagian belakangnya yang ingin memperlihatkan bahwa kamera utama yang dimiliki oleh Sharp AQUOS R8s mampu menghasilkan foto dengan kualitas bagus. Lalu pendampingan ada kamera ultrawide yang dapat menghasilkan foto dengan area yang luas.

2. Layar Memanjakan Mata

Sharp AQUOS R8s - Display

Sharp AQUOS R8s sudah menggunakan layar penuh 6,4 inci dengan teknologi IGZO OLED, resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), HDR, dan Dolby Vision yang mampu menampilkan konten dengan terang dan jernih.

Corning Gorilla Glass 3 dipercaya untuk mengurangi terjadinya goresan pada layar ponsel ini. Berkat refresh rate 240Hz, layarnya mampu menampilkan gerakan transisi dan animasi game dengan sangat halus.

Sertifikasi Widevine L1 membuat ponsel ini dapat menampilkan video berkualitas Full HD (High Definition) dari beragam aplikasi streaming seperti Netflix, VIU, Amazon Prime Video, Vidio, dan lainnya.

3. Performa Ngebut

Sharp AQUOS R8s - Gaming

Meskipun bukan yang terbaru, namun Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) Octa-Core 3,2 GHz masih mempunyai performa yang ganas sehingga mampu menjalankan game dan aplikasi berat dengan lancar.

Ponsel ini diklaim mengalami peningkatan 32% performa CPU dan 24% kinerja GPU dibandingkan dengan Sharp AQUOS R7s yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm) Octa-Core 3 GHz.

Hadirnya fitur Snapdragon Elite Gaming membuat performa Sharp AQUOS R8s dapat meningkat ketika game dijalankan. Apalagi terdapat Snapdragon Sound juga yang dapat membuat suara yang dihasilkan ponsel ini menjadi realistis ketika menikmati video maupun bermain game.

RAM LPDDR5X berkapasitas 8 GB didaulat untuk menangani aktivitas multitasking dari banyak aplikasi yang berjalan dengan lancar. Sementara penyimpanan internal UFS 4.0 pada ponsel ini berkapasitas 256 GB yang mampu menampung banyak file, aplikasi, dan game sekaligus.

4. Daya Tahan Baterai Lama

Sharp AQUOS R8s - Video Call

Walaupun menggunakan baterai berkapasitas 4.750mAh, namun pihak Sharp mengklaim bahwa ponsel ini dapat bertahan lama ketika digunakan untuk pemakaian normal.

Terdapat juga fitur hemat baterai yang dapat membuat daya tahannya menjadi lebih lama ketika persentase baterai dalam kondisi kritis antara 5% hingga 15% sehingga dapat digunakan untuk beberapa aktivitas, seperti chat maupun bermain media sosial.

5. Kamera Utama 50 MP

Sharp AQUOS R8s - Back Camera

Perangkat ini hadir dengan dukungan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan apertur f/1.9 dan sensor 1/1.55 inci serta kamera ultrawide 13 MP dengan apertur f/2.3.

Dengan kombinasi resolusi besar dan teknologi kecerdasan buatan dari Sharp, kamera utamanya mampu menghasilkan foto berkualitas bagus. Apalagi terdapat fitur Fireworks Mode dan Stary Sky Mode yang dapat mengabadikan pemandangan malam hari dengan indah.

Sharp mengklaim bahwa kamera utamanya juga dapat melakukan pelacakan subjek dan Autofocus dengan baik sehingga dapat mengenali seluruh tubuh, wajah, dan mata hewan peliharaan dengan mudah.

Kamera utama dari ponsel ini juga diklaim dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh yang mirip seperti kamera profesional. Sementara untuk kamera ultrawide dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto dengan bagus.

6. Tahan Banting

Sharp AQUOS R8s - MiL Standar

Selain menggunakan bingkai aluminium dan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3, ponsel ini juga telah dilengkapi dengan sertifikasi MIL-STD-810H yang membuktikannya telah tahan dan berhasil melewati pengujian standar militer.

Pengujian standar militer ini sendiri terdiri dari ketahanan air, ketahanan hujan, bantingan, ketahanan getaran, suhu ekstrem (panas dan dingin), kelembaban, dan lainnya.

Tidak ketinggalan, sertifikasi IP68 juga turut dibenamkan pada produk ini yang membuktikannya telah tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dengan waktu maksimal 30 menit.

Kekurangan Sharp AQUOS R8s

1. Tidak Ada Kamera Telefoto

Sharp AQUOS R8s - Model

Untuk di kelasnya, Sharp AQUOS R8s justru hanya menawarkan kamera utama dan ultrawide saja. Padahal seharusnya Sharp mampu juga menghadirkan kamera telefoto pada perangkat yang satu ini.

Kamera telefoto memiliki keunggulan dalam memungkinkan pengguna ponsel untuk membidik objek dari jarak yang sangat jauh dengan 2x Optical Zoom, 3x Optical Zoom, bahkan 5x Optical Zoom. Bahkan rata-rata ponsel kelas atas merek kompetitor sudah banyak yang menggunakan kamera jenis ini.

2. Fitur Fast Charging di bawah 30W

Sharp AQUOS R8s - Wear Women

Dengan harga yang lebih dari Rp10 juta, justru ponsel ini hanya menawarkan fitur 15W Fast Charging yang sudah banyak dimiliki oleh ponsel kelas menengah dan entry-level.

Bisa dibilang seharusnya Sharp mampu menawarkan fitur Fast Charging yang lebih cepat lagi. Apalagi sekarang sudah banyak ponsel kelas atas yang menawarkan fitur 80W Fast Charging hingga 120W Fast Charging yang sangat cepat.

3. Kamera Depan Beresolusi Kecil

Sharp AQUOS R8s - Selfie CAmz

Untuk ponsel dengan harga yang tinggi, Sharp AQUOS R8s justru hanya mempunyai kamera depan beresolusi kecil 8 MP saja. Padahal ponsel kompetitor lain dengan harga yang sama sudah mempunyai resolusi 32 MP hingga 50 MP.

Bahkan ponsel merek lain juga sudah memiliki dua kamera depan yang membuat hasil foto selfie menjadi lebih menarik. Meskipun begitu, hasil foto selfie dari kamera depan Sharp Aquos R8s cukup lumayan baik dalam menghasilkan foto selfie.

4. Harganya Mahal

Sharp AQUOS R8s - Selfie Cam

Bisa dibilang Sharp membanderol AQUOS R8s cukup mahal karena masih menggunakan chipset flagship yang populer di tahun lalu, tidak mempunyai kamera telefoto, dan fitur fast charging yang hanya 15W.

Seharusnya Sharp bisa menghadirkan ponsel dengan chipset generasi terbaru ketika meluncurkannya pada tahun 2023. Bahkan perangkat kompetitor dengan harga Rp10.999.000 mampu menghadirkan chipset Snapdragon 8 Gen 3, kamera telefoto periskop, dan fitur 120W Fast Charging.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar