ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Bedanya Sharp AQUOS R8s dan AQUOS R8s Pro, Apa Jauh?

Sharp AQUOS R8s Vs AQUOS R8s Pro Header

Gadgetren – Bersaing pada segmen ponsel flagship, Sharp telah meluncurkan dua produk terbarunya yang terdiri dari Sharp AQUOS R8s dan AQUOS R8s Pro di Indonesia.

Kedua ponsel ini sama-sama telah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) Octa-Core 3,2 GHz yang mampu melahap game dan aplikasi berat sekalipun.

Modem-RF System Snapdragon X70 5G di dalam chipset ini juga membuat Sharp AQUOS R8s dan R8s Pro dapat mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download hingga 10 Gbps dan upload hingga 3,5 Gbps.

Sertifikasi IP68 yang dihadirkan membuktikan bahwa kedua ponsel ini dapat tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dengan waktu maksimal 30 menit. Sensor NFC (Near Field Communication) pun hadir untuk memudahkan mengisi atau mengecek saldo kartu e-money.

Meskipun termasuk ponsel flagship, namun keduanya masih menyematkan port jack audio 3,5mm. Tak ketinggalan ada dukungan dua kartu SIM, WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint, port USB Type-C 3.0, dan AQUOS UX 13 berbasiskan Android 13.

Perbedaan Sharp AQUOS R8s dan AQUOS R8s Pro

AQUOS R8s Pro mempunyai dimensi 161mm x 77mm x 9,3mm dan berat 203 gram. Sementara AQUOS R8s ini memiliki ukuran yang lebih kecil dengan dimensi 159mm x 74,8mm x 8,7mm dan berat 179 gram.

Pada bagian depannya, AQUOS R8s Pro dilengkapi layar 6,6 inci dengan teknologi Pro IGZO OLED, resolusi WUXGA+ (2730 x 1260 piksel), tingkat kecerahan hingga 2.000 nits, dan Corning Gorilla Glass Victus yang mampu menampilkan konten lebih terang dan jernih. Sementara AQUOS R8s dengan layar 6,4 inci yang memiliki teknologi IGZO OLED, resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), tingkat kecerahan hingga 1.300 nits, dan Corning Gorilla Glass 3.

Berkat refresh rate 240Hz, layar dari kedua ponsel ini mampu menampilkan gerakan transisi dan animasi game yang mulus. Terdapat juga fitur Dolby Vision dan HDR yang memungkinkan pengguna dapat menikmati hiburan dengan kualitas yang bagus.

Sharp-Aquos-R8s-Pro

Sharp AQUOS R8s Pro memiliki RAM 12 GB sehingga mampu menjalankan lebih banyak aplikasi dengan lancar dibandingkan AQUOS R8s dengan RAM 8 GB. Keduanya sudah dilengkapi dengan penyimpanan internal 256 GB sehingga dapat menampung banyak aplikasi, game, dan file sekaligus.

Dari sektor fotografi, AQUOS R8s Pro hadir dengan dukungan satu kamera utama 47,2 inci (apertur f/1.9) bersensor 1 inci yang didampingi sensor jangkauan 1,9 MP serta 14 lapisan sensor spektrum untuk menampilkan hasil gambar yang menyerupai aslinya.

Sementara AQUOS R8s hadir dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (apertur f/1.9) dan ultrawide 13 MP (apertur f/2.3). Di atas kertas, kamera utama AQUOS R8s Pro mampu menghasilkan foto yang jauh lebih tajam dan jernih dibandingkan milik AQUOS R8s.

Sharp Aquos R8s vs R8s Pro kamera

Namun dengan resolusi yang sudah sangat besar, tentunya kamera utama dari kedua ponsel ini dapat menghasilkan foto yang bagus. Sementara AQUOS R8s cukup menarik karena dilengkapi dengan kamera ultrawide yang dapat menghasilkan foto dengan area yang sangat luas.

Sayangnya dengan harga yang di atas Rp10 juta, justru kedua ponsel ini belum dilengkapi dengan kamera telefoto untuk membidik objek dari jarak jauh. Padahal kamera jenis ini sudah banyak digunakan oleh ponsel kelas menengah hingga atas masa kini.

Sementara untuk foto selfie, AQUOS R8s Pro sudah dilengkapi dengan kamera depan 12,6 MP (apertur f/2.3) yang mana resolusinya lebih besar dibandingkan dengan kamera depan 8 MP (apertur f/2.0) milik AQUOS R8s Pro.

Sharp Aquos R8s Pro belakang

Selain itu, Sharp AQUOS R8s sudah dilengkapi dengan sertifikasi MIL-STD-810H yang membuktikannya telah berhasil melewati beragam pengujian standar militer mulai dari penjatuhan, benturan, suhu ekstrem, kelembaban, dan lainnya.

Sharp AQUOS R8s Pro mempunyai baterai 5.000mAh dan fitur 27W Fast Charging yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan AQUOS R8s dengan baterai 4.750mAh dan fitur 15W Fast Charging. Keduanya mendukung fitur wireless charging 15W dan kompatibel dengan charging Qi.

AQUOS R8s Pro dijual dengan harga Rp15.999.000 dan AQUOS R8s dibanderol Rp12.999.000 di Indonesia. Dengan beberapa fitur yang lebih unggul, menjadi hal yang wajar ketika AQUOS R8s Pro memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan AQUOS R8s.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar