ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Berita Smartphone

Handphone Sharp AQUOS R8 Series Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Jagokan Sensor Kamera 1 Inci

Handphone Sharp AQUOS R8 Series Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Jagokan Sensor Kamera 1 Inci

Gadgetren – Setelah dirilis di pasar Jepang pada bulan Mei 2023 kemarin, Sharp akhirnya secara resmi membawa handphone flagship terbarunya yang bernama Sharp AQUOS R8s Series mencakup dua model yakni AQUOS R8s Pro dan AQUOS R8s.

Berbeda dengan di Jepang, handphone ini untuk pasar Indonesia ditambahkan huruf ‘S’ oleh pihak Sharp. Kedua handphone yang ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 ini sudah bisa dipesan di Indonesia sampai tanggal 12 Desember 2023 mendatang.

Setelah periode pemesanan selesai kedua ponsel baru ini akan dijual secara bebas di pasaran. Adapun untuk masing-masing harganya adalah Rp15.999.000 untuk AQUOS R8s Pro dan Rp12.999.000 utnuk AQUOS R8s.

Selama periode pemesanan, Sharp memberikan sejumlah penawaran menarik yang bisa didapatkan pembeli. Untuk pemesanan AQUOS R8s Pro melalui Erafone dan toko resmi, pembeli akan mendapatkan voucher Traveloka senilai Rp3 juta, voucher GoPay senilai Rp1 juta, dan akan mendapatkan clear case serta filter lensa untuk 100 pembeli pertama.

Sedangkan untuk pemesanan AQUOS R8s Pro secara daring melalui Cocoro life atau e-commerce akan mendapatkan voucher Traveloka senilai Rp3 juta, voucher GoPay senilai Rp500 ribu, dan cashback senilai Rp500 ribu.

Sementara untuk pemesanan AQUOS R8s di Erafone dan toko resmi, pembeli akan mendapatkan voucher Traveloka senilai Rp2 juta dan voucher GoPay senilai Rp500 ribu. Sedangkan pembelian AQUOS R8s melalui Cocoro life dan e-commerce akan mendapatkan voucher GoPay senilai Rp300 ribu dan cashback sejumlah Rp200 ribu.

Sebagai seri tertinggi dari keluarganya, AQUOS R8s Pro menawarkan satu varian warna yakni hitam sedangkan AQUOS R8s memiliki dua pilihan meliputi warna biru dan krem. Kedua handphone ini secara sekilas tampil mirip namun memiliki perbedaan dari segi ukuran layar dan juga jeroannya.

Sharp-Aquos-R8S-Series-1

Mengenai persamaannya, kedua handphone ini sama-sama dibekali pemindai sidik jari di dalam layar dan face unlock pada kamera depannya. Tampilan antarmuka yang digunakan ialah AQUOS UX 13 berbasis Android 13. Kemudian kedua layar handphone ini sama-sama mendukung refresh rate 240Hz, berpanel Pro IGZO OLED, HDR, dan mendapat dukungan Dolby Vision.

Kedua layarnya juga dilindungi anti gores Corning Gorilla Glass 3 dan didukung fitur khusus yang dapat melindungi mata dari paparan cahaya yang dapat membahayakan. Handphone seri AQUOS R8s ini sudah didukung fitur NFC untuk transaksi non tunai, mengecek dan mengisi e-money, dan transfer data.

Tak lupa tersedia port jack audio 3,5mm. Soal audio, keduanya menggunakan speaker HiRes, Dolby Atmos, codec audio LDAC, dan Qualcomm AptX Adaptive. Menariknya, kedua handphone ini sudah mendapatkan sertifikasi IP68 yang bisa dibuktikan perangkat tahan air selama 30 menit di kedalaman 1,5 meter dan sekaligus tahan terhadap lingkungan berdebu.

Bahkan untuk AQUOS R8s disebut telah mendapatkan sertifikasi MIL-STD-810H yang telah diuji melalui beragam pemakaian keras seperti jatuh, suhu tinggi, benturan, dan masih banyak lagi. Pihak Sharp juga menyebutkan bahwa seri AQUOS R8s mendapatkan dukungan pembaruan versi OS maksimal hingga 3 kali update dari waktu peluncuran.

Sharp-Aquos-R8s-Pro

Terkait perbedaannya, AQUOS R8s memiliki ukuran layar yang lebih kecil ketimbang varian Pro. AQUOS R8s mengusung layar berukuran 6,39 inci yang memiliki resolusi Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel) dan tingkat kecerahan 1.300 nit.

Sedangkan untuk AQUOS R8s Pro tebar pesona dengan ukuran layar 6,6 inci yang mempunyai resolusi WUXGA+ (2.730 x 1.260 piksel) dan tingkat kecerahan 2.000 nit.

Selain sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2, keduanya disokong kapasitas RAM dan penyimpanan yang cukup besar. Untuk AQUOS R8s dibekali RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. Sedangkan varian Pro menggunakan RAM sebesar 12GB dan penyimpanan 256GB.  Bila kurang terdapat dukungan microSD hingga 1TB pada seri AQUOS R8s ini.

Bobot AQUOS R8s juga lebih ringan sekitar 179 gram dengan ketebalan 8,7mm dan AQUOS R8s Pro sekitar 203 gram dengan ketebalan 9,3mm. Beralih ke kamera, AQUOS R8s menggunakan dua kamera belakang berupa lensa utama 50MP dengan aperture f/1.9 dan lensa sudut lebar 13MP dengan aperture f/2.3 serta lensa depan 8MP dengan aperture f/2.0.

 Sharp-Aquos-R8s-Pro-animal-detection

Sedangkan untuk varian Pro menggunakan satu kamera belakang dengan sensor berupa lensa utama 47,2MP dengan sensor 1 inci dan aperture f/1.9 dan dukungan sensor jangkauan 1,9MP serta 14 lapisan sensor spektrum untuk menampilkan hasil gambar semakin sama seperti mata melihat aslinya. Lalu lensa depan varian Pro menggunakan resolusi 12,6MP dengan aperture f/2.3.

Terakhir untuk baterai, AQUOS R8s memiliki kapasitas baterai 4.750mAh dan varian Pro mempunyai kapasitas 5.000mAh. Keduanya dilengkapi pengisian cepat 27W. Kedua mendukung fitur wireless charging 15W dan kompatibel dengan charging Qi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar