ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

WhatsApp Kini Ada Fitur Baru, Bisa Menyematkan Pesan

WhatsApp Kini Ada Fitur Baru, Bisa Menyematkan Pesan

Gadgetren – WhatsApp resmi telah merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa menyematkan chat pada percakapan pribadi maupun grup mereka.

Melalui fitur menyematkan chat ini, pengguna WhatsApp bisa menandai chat yang dipilih agar dapat secara otomatis muncul ketika mereka membuka halaman percakapan personal maupun grup. Fitur ini akan berguna untuk pengguna yang ingin mudah melihat alamat pada saat dibutuhkan di percakapan personal atau grup.

Disisi lain penyematan chat ini juga bisa membantu pengguna untuk mengetahui rincian acara beserta waktu dan tempat pada sebuah event yang dibagikan di dalam grup tertentu yang akan dikunjungi pengguna dalam waktu dekat sehingga pada saat pelaksanaan mereka bisa mencari rinciannya dengan waktu yang singkat.

Selain chat atau berupa teks, pihak WhatsApp seperti dilansir melalui laporan Tech Crunch, juga bisa menyematkan jenis percakapan lainnya seperti polling, foto dan emoji.  Namun begitu, pengguna kabarnya hanya dapat menyematkan chat sekali saja pada percakapan personal dan grup.

Terkait langkah-langkah menyematkan chat, WhatsApp mengungkapkan bahwa pengguna bisa memilih chat yang ingin disematkan dengan mengetuk agak lama. Kemudian memilih ikon menu Pin dan memilih durasi penyematan yang diinginkan mulai dari 24 jam, 7 hari, hingga 30 hari.

Baik handphone Android dan iOS memiliki cara menyematkan chat yang sama. Sedangkan untuk WhatsApp Web menurut situs Pusat Bantuan WhatsApp, pengguna dapat menyematkan chat dengan mengetuk mouse sebelah kanan dan kemudian memilih ikon arah panah ke bawah.

Sementara itu, untuk percakapan grup disebut bahwa admin juga bisa memilih siapa saja anggota grup yang dapat menyematkan pesan maupun memilih hanya khusus admin saja yang bisa melakukan penyematan chat. Menurut pantauan tim Gadgetren fitur ini belum tersedia pada pengguna WhatsApp di Indonesia sehingga kemungkinan fitur ini akan bisa dinikmati secara bertahap.

Pin-WA.

Jika kamu sudah penasaran ingin merasakan fitur penyematan chat ini kamu harus melakukan pengecekan pada App Store untuk melakukan pembaruan. Sebelumnya aplikasi Telegram dan iMessage diketahui telah lebih dulu menggulirkan fitur penyematan chat  untuk grup dan percakapan personal.

Hadirnya fitur penyematan chat ini bisa dikatakan menjadi pilihan lain untuk menyimpan chat penting dalam versi ‘pin’ yang sebenarnya mirip seperti pesan berbintang maupun arsip chat. Namun bedanya penyematan chat tidak memiliki kemampuan untuk menyematkan banyak chat.

Pesan berbintang sendiri menawarkan kebebasan pengguna untuk menandai dengan ikon bintang setiap chat yang dianggap penting, begitu pula dengan arsip bisa menyimpan banyak percakapan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar