Aplikasi Tips dan Trik

Cara Membuka dan Mengembalikan Arsip Percakapan di WhatsApp

WhatsApp Logo Handphone[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Meskipun sudah diarsipkan, kita masih bisa membuka berbagai macam pesan lama di layanan WhatsApp untuk melihat kembali percakapan-percakapan dengan informasi yang dirasa cukup penting.

Mengarsipkan pesan memang dapat menjadi salah satu langkah pas yang bisa ditempuh ketika ingin merampingkan tampilan WhatsApp karena tidak akan menghapus isi dan data di dalam percakapan-percakapan terkait secara permanen.

Hanya saja perlu diingat, melakukan hal ini sayangnya akan membuat semua pesan baru dari percakapan-percakapan tersebut tidak akan muncul di halaman utama aplikasi melainkan ikut tersimpan sebagai arsip.

WhatsApp sendiri menegaskan bahwa notifikasi untuk berbagai macam percakapan tersebut juga akan ikut dinonaktifkan kecuali kita ditandai atau pesan yang dikirim di dalamnya dikutip oleh seseorang. Membuka arsip pesan di WhatsApp kabar baiknya bukan suatu hal yang sulit.

Kita bisa membuka arsip kembali dengan mudah saat ingin mengecek setiap percakapan atau mencari berbagai macam informasi lawas yang ikut diarsipkan.

Cara Membuka Arsip Percakapan di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pastikan masuk ke tab Chats
  3. Ketuk menu Archived atau Archived Chats
    Cara Membuka Arsip di WhatsApp - 1
  4. Cari dan klik percakapan yang dimaksud

Archived atau Archived Chats biasanya akan muncul di bagian atas halaman Chats. Namun jika tidak langsung menemukan menu tersebut saat membuka aplikasi WhatsApp, gulir layar hingga ke bagian paling bawah.

Cara Membuka Arsip di WhatsApp - 3

Selain itu apabila kesulitan mencari pesan karena terlalu banyak percakapan yang diarsipkan, maka kita dapat mencari secara langsung dengan memanfaatkan kolom pencarian yang terdapat di halaman utama WhatsApp. Kita tidak perlu masuk ke bagian Archived atau Archived Chats dalam hal ini.

Percakapan-percakapan WhatsApp yang sebelumnya diarsipkan menariknya juga dapat dikembalikan seperti sedia kala sehingga nanti notifikasi akan muncul lagi dan pesan baru dapat langsung terlihat di halaman utama.

Cara Mengembalikan Percakapan yang Diarsipkan di WhatsApp

  1. Buka menu Archived atau Archived Chats seperti langkah sebelumnya
  2. Cari percakapan yang ingin dikembalikan
  3. Tekan selama beberapa detik atau usap ke kiri percakapan yang dimaksud
  4. Ketuk menu Unarchive (ikon kotak dengan anak panah ke atas)
    Cara Membuka Arsip di WhatsApp - 4

Yang cukup menarik, mengembalikan percakapan WhatsApp yang diarsipkan pun sebenarnya dapat dilakukan secara otomatis untuk pesan baru. Terdapat setelan khusus di dalam aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan hal itu.

Cara Mengembalikan Secara Otomatis Saat Ada Pesan Baru

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp
  2. Klik More Options (ikon titik tiga) jika memakai Android
  3. Buka Settings
  4. Masuk ke bagian Chats
    Cara Membuka Arsip di WhatsApp - 5
  5. Matikan opsi Keep chats archived
    Cara Membuka Arsip di WhatsApp - 6

Dengan mematikan setelan tersebut, percakapan yang sudah diarsipkan otomatis akan kembali seperti biasa ketika ada pesan baru diterima. Kita jadinya bisa langsung menyadari saat ada seseorang yang mengirim sesuatu ke dalamnya.

Tinggalkan Komentar