ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

WhatsApp Rilis Fitur-Fitur Baru, Kini Bisa Transfer File Hingga 2GB

Cara Memperbarui WhatsApp yang Kadaluarsa - Header

Gadgetren – Aplikasi percakapan WhatsApp telah mengeluarkan beberapa fitur baru buat penggunanya di seluruh dunia termasuk Indonesia. Fitur baru tersebut mencakup reaksi emoji, pengiriman file menjadi 2GB, dan kapasitas grup hingga 512 anggota.

Ketiga fitur baru ini sebelumnya telah diumumkan oleh WhatsApp lebih dulu pada bulan April 2022 dan kini telah tersedia di aplikasi WhatsApp versi terbaru. Untuk bisa menikmati ketiga fitur baru tersebut, pengguna harus melakukan pembaruan aplikasi lebih dulu melalui Google Play Store maupun Apple App Store.

Fitur reaksi emoji memungkinkan pengguna bisa lebih efisien dalam hal membalas banyaknya pesan di grup. Menurut WhatsApp, fitur ini akan membawa pengalaman baru buat pengguna ketika chatting di grup yang mana lebih menyenangkan, cepat, dan efektif untuk mengurangi banyaknya balasan di grup.

“Ke depannya, kami akan terus meningkatkan fitur ini dengan menambahkan lebih banyak reaksi yang dapat mewakili berbagai ekspresi,” tulis WhatsApp. Fitur lainnya ialah batas pengiriman file kini meningkat, sebelumnya dari 100MB kini menjadi 2 GB.

WhatsApp memastikan bahwa meskipun pengguna sekarang bisa mengirim file berukuran hingga 2 GB dalam sekali pengiriman di WhatsApp, WhatsApp tetap memberikan perlindungan keamanan privasi oleh enkripsi end-to-end.

WhatsApp-Reaksi-Emoji-Grup-

Penetapan pengiriman ukuran file menjadi 2 GB ini bagi WhatsApp akan bermanfaat untuk kolaborasi antara grup bisnis kecil dan sekolah. Untuk bisa mengunggah file 2 GB dengan lancar, WhatsApp pun menyarankan menggunakan WiFi saat mengirim file berukuran besar.

Sementara itu, pada saat mengunggah atau mengunduh file, pengguna akan bisa mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer file tersebut. Selain kedua fitur tersebut, menariknya WhatsApp juga turut meningkatkan kapasitas anggota ke grup hingga 512 anggota.

“Membangun komunitas yang privat dan aman tentu membutuhkan upaya. Oleh karena itu, serangkaian fitur baru ini akan membantu pengguna dan grup untuk dapat tetap terhubung secara erat. Kami harap para pengguna menyukai pembaruan ini. Kami juga tidak sabar untuk meluncurkan lebih banyak fitur menarik ke depannya,” terang WhatsApp.

Fitur-Baru-WhatsApp

Di samping tiga fitur baru grup yang sudah tersedia, sebelumnya WhatsApp juga telah memberikan bocoran ada fitur baru lainnya yang akan segera hadir dalam waktu dekat. Di antaranya pengguna akan bisa menggabungkan grup-grup terpisah di bawah satu payung dengan struktur yang bisa diatur oleh mereka.

Selain itu ada fitur penghapusan pesan oleh admin yang memungkinkan admin grup akan bisa menghapus pesan yang tidak pantas atau bermasalah yang dikirim oleh anggota grup. Fitur yang akan datang lainnya ialah panggilan suara dengan lebih banyak peserta.

Adapun fitur panggilan suara akan bisa dilakukan hanya dengan satu ketukan dan dengan jumlah peserta hingga 32 orang. Di dalam fitur ini, desain baru juga akan dihadirkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada saat berkomunikasi lewat panggilan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar