Aplikasi Berita

WhatsApp Rilis Fitur Kembalikan Pesan Terhapus, Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

WhatsApp Feature Diagonal

Gadgetren – Setelah lama dinantikan, akhirnya WhatsApp secara resmi telah merilis fitur barunya yang bernama Accidental Delete. Fitur ini ditunggu-tunggu pengguna karena bisa mengembalikan pesan yang telah terhapus.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Will Cathcart selaku Head of WhatsApp at Meta melalui akun personal Twitter miliknya. Dalam cuitannya itu, Will mengatakan bahwa pihaknya telah menambahkan pilihan untuk mengurungkan fitur ‘Delete for me’ atau ‘Delete for everyone.

Sebelumnya WhatsApp sendiri telah menguji fitur tersebut melalui WhatsApp Beta versi v2.22.18.13. Dengan hadirnya fitur Accidental Delete pengguna yang salah memilih menghapus pesan dengan maksud untuk semua orang atau ‘Delete for everyone’ malah tak sengaja memilih untuk diri sendiri atau ‘Delete for me’ maupun sebaliknya bisa membatalkannya.

Dengan begitu pengguna bisa mengembalikan pesan yang terhapus ke pilihan penghapusan yang diinginkan. Hal ini pun bisa memecahkan masalah pengguna yang selama ini tidak memiliki pilihan lain ketika salah menghapus pesan di grup atau di chat personal.

Menurut pantauan tim Gadgetren, kabar baiknya fitur Accidental Delete ini sudah bisa dicoba di Indonesia baik pada chat personal maupun chat grup. Kita bisa langsung menghapus pesan yang diinginkan di ruang chat personal atau grup. Kemudian setelah pesan terhapus untuk diri sendiri atau semua orang maka akan muncul tombol Undo untuk mengembalikan pesan.

Lama munculnya Undo pada pesan yang kita hapus hanya sebentar sekitar lima detik. Tak banyak waktu memang namun setelah kita mengetuk tombol Undo pesan yang terhapus tersebut bisa dikembalikan dan kita bisa menghapusnya lagi pada tujuan yang tepat.

WhatsApp-Accidental-Delete

Fitur ‘Delete for me’ atau ‘Delete for everyone’ mulanya hadir di tahun 2017. Pada waktu itu untuk mendapatkan fitur tersebut WhatsApp memberlakukan waktu untuk bisa mendapatkan pilihan penghapusan selama 7 menit. Berselang waktu WhatsApp lalu menambahkan durasi fitur tersebut hingga 60 jam akhir-akhir tahun ini.

Bisa jadi ke depannya WhatsApp juga akan memberikan durasi waktu lebih lama lagi pada fitur Accidental Delete ini sehingga pengguna bisa mempunyai banyak waktu lebih lama sehingga bisa tetap mengembalikan pesan yang salah untuk dihapus.

Tinggalkan Komentar