ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

4 Fitur Baru iPhone 15 yang Membuatnya Terlihat Menarik

Fitur iPhone 15 - Header

Gadgetren – Perusahaan Apple telah memperkenalkan secara resmi sejumlah perangkat terbaru mereka melalui ajang Wonderlust. Adapun termasuk di antaranya iPhone 15.

Ponsel papan atas tersebut membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan dengan iPhone 14 sebelumnya. Dapur pacunya dibuat semakin tangkas dengan menghadirkan chipset yang lebih mutakhir. Konfigurasi lensa utama yang dipakai pun kini jauh lebih tinggi.

Sedikit informasi buat kamu yang belum tahu, iPhone 15 kini menggunakan chipset Apple A16 Bionic yang mempunyai 6-core CPU, 5-core GPU, dan 16-core Neural Engine. Perangkat tersebut secara teknis makanya bisa lebih diandalkan untuk menangani berbagai macam aktivitas.

Di sektor kamera, perangkat buatan Apple tersebut kini juga membawa sistem yang lebih mumpuni. Lensa beresolusi 48MP yang dikombinasikan bersama sensor ultra-wide 12MP dan kamera depan 12MP miliknya bakalan mampu menghasilkan foto maupun video berkualitas tinggi.

Di samping beberapa peningkatan yang ditawarkan, iPhone 15 menariknya juga meluncur dengan sejumlah fitur anyar yang membuatnya semakin terlihat menggoda. Sebagian di antaranya bahkan tergolong sangat baru untuk lini iPhone meskipun sebagian yang lain hanya adopsi dari model tertinggi dari generasi sebelumnya.

1. Dynamic Island

Fitur Dynamic Island yang sebelumnya hanya tersedia untuk model Pro dan Pro Max kini hadir secara lebih merata. Perangkat iPhone 15 maupun iPhone 15 Plus yang menjadi varian terjangkau pun sekarang sudah meluncur dengan membawa dukungan tersebut.

Dengan hadirnya fitur Dynamic Island, layar iPhone 15 bisa terlihat lebih luas tanpa notch sebagai tempat kamera depan. Kita selain itu dapat lebih mudah untuk berinteraksi dengan beberapa hal seperti notifikasi aplikasi, peringatan, hingga Live Activities.

Fitur iPhone 15 - 1

Gelembung Informasi yang dipakai untuk menutup lubang kamera depannya tak hanya mampu menampilkan notifikasi maupun peringatan secara dinamis saja. Para pengguna pun dapat memakainya untuk mengakses sejumlah fungsi seperti mengontrol pemutar musik, mengelola perekam suara, menjawab FaceTime, maupun membisukan alarm.

iPhone 15 di sisi lain juga membawa layar yang menarik. Perangkat tersebut sudah memakai panel Super Retina XDR display berukuran 6,1 inci dengan resolusi gambar hingga 2556 x 1179 piksel. Sangat pas untuk menampilkan konten dengan baik.

2. USB Type-C

Mulai dari lini iPhone 15, Apple tampaknya mulai meninggalkan konektor Lightning sebagai antarmuka pengisian daya maupun transfer datanya. Ponsel baru mereka kini mengadopsi USB Type-C yang notabene menjadi standar untuk perangkat secara universal.

Pemakaian antarmuka USB Type-C dapat memudahkan kita untuk beraktivitas. Kita setidaknya tidak perlu lagi membawa lebih banyak jenis kabel data untuk mengisi daya iPhone, iPad, MacBook, AirPods Pro generasi kedua, atau perangkat lainnya.

Fitur iPhone 15 - 2

Di samping itu, hadirnya antarmuka USB Type-C juga disokong dengan dukungan reverse charging seperti sejumlah perangkat Android. Jadi kita nanti bisa memakai iPhone 15 untuk mengisi AirPods dan Apple Watch melalui kabel secara langsung.

Dukungan pengisian daya di iPhone 15 kabar baiknya tak menurun meskipun Apple mengganti antarmukanya dengan USB Type-C. Berdasarkan klaim perusahaan, perangkat tersebut pun masih mampu mengisi hingga kapasitas 50 dalam waktu 30 menit jika memakai adaptor lebih dari 20W.

3. Precision Finding

Pada lini iPhone 15, Apple juga sudah menyematkan chip Ultra Wideband generasi kedua yang memungkinkan dua buah perangkat dapat tetap terhubung dan berkomunikasi meskipun berjarak sangat jauh hingga tiga kali lebih baik dari sebelumnya.

Ultra Wideband sendiri merupakan sebuah chip dengan teknologi jaringan nirkabel yang mampu mendeteksi posisi antar perangkat secara lebih akurat. Kita dapat menjumpainya di sejumlah ponsel masa kini termasuk lini Samsung Galaxy.

Fitur iPhone 15 - 3

Untuk iPhone 15, pemakaian chip Ultra Wideband generasi kedua ini dapat meningkatkan kemampuan dari fitur Find My friends. Pengguna kini dapat menggunakan fungsi Precision Finding yang memungkinkan kita berbagi dan mencari lokasi teman secara lebih akurat meski dalam keramaian.

Menariknya, fungsi Precision Finding untuk Find My friends yang akan didistribusikan bersama iOS 17 pun tak hanya dapat dipakai untuk sesama pengguna iPhone. Kita di masa mendatang pun dapat memakainya untuk mencari teman atau anggota keluarga yang memakai Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2.

Sayangnya, fungsi menarik ini tak hanya memerlukan chip Ultra Wideband generasi kedua saja melainkan juga regulasi. Jadi kami belum bisa memastikan apakah akan tersedia juga untuk wilayah Indonesia atau tidak ketika iPhone 15 resmi diluncurkan ke sini.

4. Smart HDR 5

Selain membawa sistem kamera yang lebih maju dengan resolusi lensa utama lebih tinggi, iPhone 15 juga hadir dengan Smart HDR generasi baru. Fitur ini mempunyai kemampuan yang lebih baik untuk menangani pengambilan gambar di lingkungan dengan kondisi cahaya terlalu terang maupun tidak merata.

Disebut dengan Smart HDR 5, dukungan penunjang untuk kamera ini diklaim mampu menangkap subjek dan latar belakang dengan rendering warna kulit yang terlihat lebih nyata. Foto-foto yang dihasilkan pun bisa memiliki pencahayaan yang lebih cerah, midtone yang lebih kaya, dan bayangan yang lebih dramatis.

Proses rendering dari Smart HDR 5 menariknya juga diklaim akan mendukung sistem kamera dari aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga seperti media sosial maupun layanan pesan instan. Jadi nanti gambar yang dibagikan secara daring di platform terkait tetap bisa terlihat memesona.

Smart HDR 5 juga akan bekerja untuk semua lensa di iPhone 15. Kita dalam hal ini dapat memakainya untuk menghasilkan foto yang bagus baik itu dengan memakai kamera utama 48MP, sensor ultra-wide 12MP, maupun kamera depan TrueDepth 12MP milik perangkat tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar