ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

iPhone 15 Vs iPhone 14 – Lumayan Banyak Bedanya Meskipun Terlihat Serupa

iPhone 15 Vs iPhone 14 - Header

Gadgetren – Perangkat iPhone 15 tak hanya sekadar meluncur begitu saja. Ponsel tersebut pun hadir dengan membawa sejumlah penyesuaian dari iPhone 14 yang membuatnya layak untuk dipertimbangkan.

Bahkan bisa dikatakan bahwa perangkat dari Apple tersebut bakal membawa era baru untuk seri iPhone selanjutnya. iPhone 15 soalnya dilengkapi dengan beberapa fitur anyar di mana sebagian belum pernah dipakai di generasi yang sebelum-sebelumnya.

Kamu yang masih ragu-ragu untuk meminang iPhone 15 atau ingin upgrade dari iPhone 14 pun bisa mempertimbangkan faktor pembedanya. Karena selain penyesuaian yang ditawarkan, perangkat tersebut masih memakai spesifikasi yang lumayan serupa.

Perbedaan iPhone 15 Vs iPhone 14

Dari sejumlah penyesuaian yang diterapkan, pemakaian antarmuka USB Type-C menjadi salah satu perubahan yang paling terlihat. Apple lewat iPhone 15 akhirnya menerapkan standar yang lebih umum setelah menggunakan kabel Lightning selama bertahun-tahun di mana termasuk pada iPhone 14 menjadi yang lini yang terakhir.

Perubahan antarmuka pengisi daya dan transfer data ini bisa membuat kita semakin mudah. Dengan lahirnya iPhone 15, kita kini dapat memakai kabel yang sama untuk lebih banyak perangkat di mana termasuk MacBook, iPad, maupun Apple Watch.

Di samping perubahan antarmuka ini, Perusahaan Apple apalagi juga menyematkan dukungan reverse charging selayaknya sejumlah ponsel Android. Kita kini makanya dapat mengisi Apple Watch maupun AirPods melalui kabel secara langsung.

Meskipun masih menggunakan teknologi panel yang sama, iPhone 15 kini sudah mendukung Dynamic Island sebagai salah satu peningkatannya. Memang bukan sebuah fitur baru tetapi awalnya hanya tersedia untuk versi Pro dan Pro Max sehingga iPhone 14 biasa pun belum memilikinya.

Dengan hadirnya fitur Dynamic Island, iPhone 15 kini pun menyematkan lensa kamera depannya dalam bentuk punch hole yang disamarkan dengan gelembung informasi. Ini dapat membuatnya terlihat lebih luas ketimbang iPhone 14 yang masih memakai notch.

Ukuran layar dari iPhone 15 pun sebenarnya masih sama dengan iPhone 14 di mana sama-sama mengandalkan panel Super Retina XDR display seluas 6,1 inci. Hanya saja resolusi memang sedikit berbeda di mana kini menjadi 2556 x 1179 piksel dari semula 2532 x 1170 piksel.

Sama seperti generasi-generasi yang sebelumnya, iPhone 15 juga hadir dengan membawa chipset yang lebih mutakhir. Perangkat tersebut kini menggunakan Apple A16 Bionic yang pastinya menawarkan kemampuan lebih baik jika dibandingkan Apple A15 Bionic milik iPhone 14.

Sejalan dengan peningkatan ini, sektor kamera yang dibawa iPhone 15 juga jauh lebih unggul meski masih mengandalkan sensor ultra-wide 12MP dan kamera depan TrueDepth 12MP. Perangkat tersebut soalnya dilengkapi dengan lensa utama 48MP saat iPhone 14 sebelumnya hanya 12MP.

Menariknya, tak hanya bagian lensanya saja yang ditingkatkan. iPhone 15 juga dilengkapi dengan fitur Smart HDR 5 yang diklaim mampu menghasilkan gambar di lingkungan cahaya terlalu terang atau tidak merata lebih baik dari Smart HDR 4 di iPhone 14.

Kemampuan Optical Zoom dari iPhone 15 pun ditingkatkan. Jika iPhone 14 semula hanya mendukung pengambilan gambar 1x dan 5x pembesaran, perangkat tersebut kini juga mempunyai opsi 2x sehingga bisa dipakai dengan lebih leluasa.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar