Mading

Apa Itu Dynamic Island yang Diusung oleh Lini iPhone 14 Pro?

Apa Itu Dynamic Island iPhone - Header

Gadgetren – iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mengusung beberapa fitur yang cukup menarik. Hanya saja pemakaian istilah baru untuk menamainya kadang-kadang justru bisa membuat kita bingung.

Dukungan bernama Dynamic Island menjadi salah satu contohnya. Bahkan bagi pengguna perangkat buatan Apple sekalipun, fitur tersebut bisa jadi baru pertama kali terdengar.

Jadi sangat wajar jika dapat menimbulkan segudang pertanyaan termasuk mengenai fungsinya. Padahal jika melihat apa yang ditawarkan, Dynamic Island bisa menjadi salah satu alasan untuk membeli lini iPhone 14 Pro.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini karenanya akan saya coba gunakan untuk menjelaskan fitur menarik tersebut.

Apa Itu Dynamic Island yang Ada di iPhone?

Sederhananya, Dynamic Island adalah sebuah desain status bar yang dirancang untuk menutupi lubang kamera depan dengan gelembung informasi seperti peringatan, notifikasi, hingga Live Activities secara dinamis.

Seperti apa yang kita tahu bersama, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tidak lagi menggunakan desain layar dengan notch untuk menempakan kameranya. Apple kini memakai punch hole mengikuti tren yang berkembang di kalangan handphone Android.

Dengan Dynamic Island, kamera depan yang disebut dengan TrueDepth tersebut tidak akan terlihat menghalangi tampilan layar iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Lensanya akan tersamarkan karena gelembung informasi mempunyai warna hampir sama.

Yang cukup menarik, Dynamic Island tidak hanya dapat dipakai untuk menampilkan informasi saja. Kita juga bisa memanfaatkannya untuk berinteraksi dengan aktivitas-aktivitas dari aplikasi tertentu secara lebih praktis.

Adapun dalam hal ini, kita di antaranya dapat memakai Dynamic Island untuk mengontrol pemutar musik, mengelola rekaman suara, menjawab dan menutup panggilan FaceTime, atau mematikan pewaktu yang berjalan.

Dynamic Island secara teknis akan mempertahankan status aktif dari aplikasi-aplikasi tersebut. Pengguna pun hanya perlu memakai metode ketuk dan tahan yang sederhana untuk berinteraksi atau sekedar membuka informasi.

Saya pribadi merasa bahwa Dynamic Island merupakan terobosan yang sangat berguna untuk kebutuhan multitasking. Alih-alih harus membuka task switcher atau Control Center, kita hanya perlu mengetuk ikon di gelembung informasi untuk berinteraksi.

Di samping itu, Dynamic Island sekarang apalagi sudah mendukung lebih dari 40 aplikasi dan fitur baik bawaan maupun dari layanan pihak ketiga. Termasuk peringatan dan pemberitahuan sistem, Live Activities, Now Playing, dan CallKit.

Tinggalkan Komentar