ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Smartphone

Selamat Tinggal Lightning, Seri iPhone 15 Resmi Rilis dengan USB Type C

Selamat Tinggal Lightning, Seri iPhone 15 Resmi Rilis dengan USB Type C

Gadgetren – Dalam ajang Wonderlust yang digelar langsung dari Apple Park HQ di Qupertino Amerika Serikat, Apple telah menghadirkan handphone generasi terbarunya yakni seri iPhone 15.

Ada empat varian seperti generasi sebelumnya yang mencakup iPhone 15 dan iPhone 15 Plus serta iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Handphone baru ini sudah bisa dipesan di pasar global seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Japan, Mexico, United Arab Emirates, dan Inggris.

Kemungkinan besar hadir di Indonesia akhir bulan September 2023 bersama dengan negara sekitarnya seperti Malaysia, Vietnam, Turki, dan Macao. Sebagai varian yang terendah, iPhone 15 dibanderol mulai 799 USD atau sekitar Rp12 jutaan.

Sedangkan iPhone 15 Plus dilepas mulai 899 USD atau sekitar Rp13 jutaan. Kemudian varian iPhone 15 Pro dihargai mulai Rp15,3 jutaan sedangkan iPhone 15 Pro Max dibanderol mulai 1190 USD atau setara Rp18 jutaan.

Fitur baru yang ada pada semua model seri iPhone 15 ini ialah hadirnya penggantian port lightning ke UBS Type C dan Apple juga kini menyematkan Dynamic Island di seluruh model iPhone 15.

Seri iPhone 15 menggunakan iOS 17 yang menyediakan fitur-fitur lebih intuitif dan personal. Selain itu seri iPhone 15 telah mendapatkan IP68 yang tahan terhadap cipratan air dalam kedalaman air 1,5 meter selama 30 menit dan tahan debu. Mengenai spesifikasi seri iPhone 15 lebih detail kamu bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus

iPhone 15 dan varian Plus-nya menawarkan lima varian warna yang meliputi  Black, Blue, Green, Yellow, dan Pink.  iPhone 15 hadir dengan ukuran layar 6,1 inci sedangkan iPhone 15 Plus memiliki ukuran layar 6,7 inci. Penampang bodi belakangnya terbuat dari bahan alumunium.

Kedua layarnya menggunakan panel Super Retina XDR OLED serta mendukung refresh rate 60Hz dan tingkat kecerahan 2000 nit. Tentunya iPhone 15 memiliki bobot yang lebih ringan dari iPhone 15 Plus.

Apple-iPhone-15-dan-iPhone-15-Plus-varian-warna

Keduanya sama-sama didukung dua kamera belakang berupa lensa utama 48MP dengan aperture f/1.6 dan lensa sudut lebar 12MP dengan aperture f/2.4. Kemudian keduanya memiliki lensa depan beresolusi 12MP dengan aperture f/1.9.

Kamera belakangnya dibekali fitur Dual LED dan HDR. Hasil perekaman video pada kamera belakang mendukung mode Cinematic mode 4K pada 30fps yang juga terdapat di kamera depannya. Sama seperti iPhone 14 dan varian Plus, iPhone 15 dan varian Plus menggunakan chipset Apple A16 Bionic (4nm) yang terdiri dari 6 core CPU, 5 core GPU, dan 16 Core Neural Engine.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal dengan opsi 128GB, 256GB, dan 512GB. Ketahanan baterai iPhone 15 digunakan untuk memutar video diklaim bisa mencapai 20 jam dalam kondisi penuh sedangkan iPhone 15 Plus dalam skenario yang sama disebut bisa sampai 26 jam.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max 

Varian model Pro dari seri iPhone 15 ini menawarkan beberapa pembaruan yang tidak terlalu berbeda jauh dari pendahulunya. Material penampang bodi belakang kini menggunakan titanium yang sebelumnya menggunakan stainless steel.

Apple-iPhone-15-Pro-dan-Pro-Max-2.

Pihak Apple menyebutkan bahwa penggunaan titanium diklaim lebih kuat dan ringan serta lebih bisa menghambat suhu panas meningkat ketika otak sedang bekerja menjalankan tugas. Selain tersedia USB Type C 3.0, layar iPhone 15 Pro dan Pro Max juga tampil dengan ujung layar yang lebih bulat.

Kemudian iPhone 15 Pro dan Pro Max kini mengganti tombol mode senyap atau mute switch dengan tombol aksi atau action button. Tombol aksi berfungsi sebagai tombol pintasan untuk membuka kamera, senter, voice memos, focus mode, translate, haptic feedback, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan varian standar dan plus-nya, model Pro menggunakan chipset Apple Bionic A17 (3nm) yang disebut menawarkan kinerja CPU 10 persen lebih cepat dan Neural Engine 2 kali lebih cepat serta GPU 20 persen lebih cepat sehingga mampu memberikan performa lebih kencang sekaligus menjaga efisiensi baterai.

Terlebih lagi menyediakan ray tracing empat kali lebih cepat untuk menampilkan olah grafis yang mulus dan mengoptimalkan pengalaman penggunaan aplikasi AR dan game mobile. Chipset ini juga mendukung AV1 decoder untuk menghasilkan kualitas tinggi pengalaman menonton video.

 Apple-iPhone-15-Pro-dengan-USB-C-ke-MacBook

Chipset tersebut juga dipadukan RAM 8GB dan penyimpanan internal mulai 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB. Sektor kamera model Pro seri iPhone 15 menggunakan tiga lensa berupa wide 48MP dengan aperture f/1.8, telephoto 12MP dengan aperture f2.8, sudut lebar 12MP dengan aperture f/2.2, dan LiDAR scanner.

Untuk telephoto iPhone 15 Pro menyediakan pembesaran hingga tiga kali sedangkan iPhone 15 Pro Max hingga 5 kali. Kemudian lensa depan varian Pro mempunyai resolusi 12MP dengan aperture f/1.9 yang dibekali Optical Image Stabilization (OIS) dan Cinematic mode 4K pada 30fps.

Menariknya, dengan dukungan komputasi fotografi, kamera utama model Pro seri iPhone 15 bisa menghasilkan hingga 24MP untuk kualitas gambar yang beresolusi tinggi dan memungkinkan pengguna memilih tiga opsi focal length 24mm, 28mm, 35mm.

Apple-iPhone-15-Pro-dan-Pro-Max-

Kamera utamanya juga menyediakan mode ProRAW dan format HEIF untuk hasil gambar beresolusi 4 kali lebih tinggi. Selain itu lensa telephoto model Pro ini juga memungkinkan pengguna menghasilkan foto close up, wildlife, aksi olahraga dan lain-lainnya.

Layar iPhone 15 Pro hadir dengan ukuran 6,1 inci sedangkan iPhone 15 Pro Max mengusung layar berukuran 6,7 inci. Keduanya menggunakan panel LTPO Super Retina XDR OLED serta mendukung refresh rate 120Hz dan tingkat kecerahan 2000 nit.

Ketahanan baterai iPhone 15 Pro bisa mencapai 23 jam untuk pemutaran video dalam kondisi penuh sedangkan untuk iPhone 15 Pro Max ketahanannya bisa mencapai 26 jam.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar