ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Tak Banyak Pembaruan, Apple Rilis iPhone 14 dan 14 Plus

Apple iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Gadgetren – Apple telah menghadirkan perangkat iPhone generasi ke-14 terbarunya di pasar global lewat perhelatan Apple Event yang baru-baru ini diselenggarakan. iPhone 14 Series ini mencakup empat model namun kali ini Apple menghilangkan iPhone Mini dan menambahkan varian Plus.

Untuk versi non Pro dari seri iPhone terbaru ini meliputi iPhone 14 dan iPhone Plus yang mana sudah mulai bisa dipesan secara global pada tanggal 9 September 2022. Kemudian, pembeli baru bisa langsung membeli iPhone 14 mulai tanggal 16 September 2022 sedangkan untuk iPhone 14 Plus mulai tanggal 7 Oktober 2022.

Soal harga, iPhone 14 dibanderol mulai 799 USD atau setara dengan Rp11,9 jutaan sedangkan iPhone 14 Plus dilepas mulai 899 USD atau Rp13,4 jutaan. Ada lima warna yang bisa dipilih untuk keduanya yaitu midnight, blue, starlight, purple, dan red. Keduanya menyediakan pilihan penyimpanan internal sebesar 128GB, 256GB, dan 512GB.

Mengenai spesifikasinya, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus secara umum tidak begitu berbeda dengan iPhone 13 Series yang hadir pada tahun 2021. Perangkat baru ini membawa peningkatan di aspek fotografi, emergency SOS lewat satelit, deteksi tabrakan, hingga ketahanan baterai.

Fitur Emergency Call SOS lewat satelit ini bisa membantu pengguna mendapatkan bantuan tanpa terhubung dengan jaringan seluler maupun internet saat dalam kondisi darurat seperti kecelakaan, tersesat, atau bencana. Namun perlu dicatat bahwa fitur ini baru tersedia untuk wilayah Amerika Serikat dan Kanada dan hanya gratis selama dua tahun.

Apple-iPhone-14-dan-iPhone-14-Plus-Emergency-SOS-Satelite

Perangkat ini masih menggunakan chipset yang sama pada iPhone 13 Series yaitu A15 Bionic. Chipset tersebut berisi CPU 6 core, GPU 5 core, dan neural engine 16 core. Chipset ini juga sudah bisa mendukung jaringan 5G dan eSim.

Di sisi layar, iPhone 14 mengusung ukuran 6,1 inci dan layar iPhone 14 Plus berukuran 6,7 inci. Keduanya menggunakan panel OLED dengan Super Retina XDR serta dibekali tingkat kecerahan 1200 nits dan Dolby Vision. Tak lupa layar kedua handphone ini juga telah dilapisi Ceramic Shield serta handphone-nya tahan dari cipratan air dan kotoran debu.

Apple-iPhone-14-dan-iPhone-14-Plus-warna-

Untuk fotografi, kamera belakang iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menyediakan dua lensa yaitu lensa utama 12 MP dengan aperture f/1,5 dan sensor berukuran 1,9 inci yang dilengkapi OIS dan lensa sudut lebar 12MP. Kemudian lensa depan beresolusi 12MP dengan aperture f/1,9 dan fitur autofocus.

Kamera depannya diklaim meningkat 38 persen lebih baik dari generasi sebelumnya untuk pengambilan gambar dengan pencahayaan sedikit. Kamera belakang kedua perangkat ini juga mendapatkan dukungan fitur Action Mode yang memungkinkan pengguna merekam video tanpa bantuan tripod atau gimbal.

Hasil video dengan kedua kamera ini pun bisa mencapai resolusi 4K pada 30 fps dan 4K pada 24 fps di mana telah didukung oleh Dolby Vision HDR. Selain itu kedua perangkat ini juga akan mendapatkan dukungan aplikasi Fitness+, dijual tanpa charger, dan baterainya bisa diisi dengan MagSafe.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar