ASUS TUF Gaming FX507
Tablet

Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan ADVAN Tab VX Lite – Tablet Entri Siap Gaming

Kelebihan dan Kekurangan ADVAN Tab VX Lite - Header

Gadgetren – ADVAN Indonesia akhirnya menyegarkan kembali lini tablet buatannya. Dengan mengusung nama ADVAN Tab VX Lite, perangkatnya pun sudah dapat dipinang di sejumlah platform e-commerce.

Sesuai dengan namanya, perangkat tersebut merupakan versi Lite dari ADVAN Tab VX yang meluncur lebih dulu pada akhir tahun 2021 silam. Tentu saja ada beberapa penyesuaian yang diberikan mengingat banderol harganya kini menjadi lebih terjangkau.

Tersedia dengan harga Rp2.399.000 yang mana bisa berubah menjadi Rp1.999.000 ketika promo, ADVAN Tab VX Lite pun dapat menjadi alternatif yang tak kalah menarik untuk dipertimbangkan saat memerlukan tablet baru.

Hanya saja kita pun tetap perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya mengingat harganya yang masih relatif terjangkau sehingga lebih bersaing dengan tablet seperti Samsung Galaxy A7 Lite dibandingkan dengan tablet kelas atas.

Kelebihan ADVAN Tab VX Lite

1. Layar Memesona

Mereka yang berencana meminang ADVAN Tab VX Lite pasti kebanyakan jatuh hati setelah melihat spesifikasi layarnya. Bagaimana tidak, perangkat tablet kelas entri tersebut soalnya sudah membawa layar dengan panel IPS yang cukup luas.

Sama seperti ADVAN Tab VX yang mendahuluinya, perangkat tersebut juga mempunyai bentang layar hingga 10,4 inci dengan resolusi WUXGA+ (2000 x 1200 piksel). Ini mengartikan bahwa tablet tersebut bisa menampilkan konten dengan kualitas hingga 2K sehingga sangat bersaing dengan tablet yang ada di pasaran.

Berbagai macam aktivitas tentu akan terasa menyenangkan dengan tablet yang mempunyai gambar beresolusi tajam. Layar ADVAN Tab VX Lite pun dapat diandalkan untuk semua kebutuhan mulai dari mengetik, konferensi video, bermain game, hingga menonton video.

2. Kinerja Mumpuni

ADVAN Tab VX Lite apalagi juga dilengkapi dengan konfigurasi dapur pacu yang bisa dibilang sangat lumayan. Perangkat buatan lokal tersebut bahkan diklaim sebagai tablet yang siap dipakai untuk bermain game dengan mumpuni.

Bagi kamu yang belum tahu, ADVAN Tab VX Lite meluncur dengan Unisoc T618 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz sebagai otaknya. Chipset ini memang lumayan bisa diandalkan untuk menunjang berbagai macam jenis tugas dan pengolahan data. Namun perlu diperhatikan Unisoc T618 masih ada keterbatasan kinerja untuk aktivitas yang lebih berat seperti game-game tertentu dengan grafis tinggi.

Di ADVAN Tab VX Lite, chipset ini apalagi digabungkan dengan RAM berkapasitas 6GB sebagai penunjangnya agar dapat membuka lebih banyak aplikasi secara bersamaan. Terdapat juga media penyimpanan internal sebesar 128GB yang siap menampung berbagai macam data milik para pengguna.

3. Bawa Dukungan Kartu SIM

Yang cukup menarik, perangkat tablet keluaran ADVAN ini juga masih dilengkapi dengan dukungan slot kartu SIM ganda. Jadi kita bisa tetap terhubung ke berbagai macam layanan seluler yang sebelumnya kita gunakan selayaknya ponsel yang mana rata-rata tablet menawarkan opsi WiFi saja.

Terlebih lagi, ketersediaan slot kartu SIM pada sebuah tablet kadang-kadang memang diperlukan. Kita yang tidak berlangganan internet rumah atau jarang berkesempatan mengakses WiFi publik misalnya tetap bisa berselancar di dunia maya memanfaatkan jaringan seluler sehingga tidak perlu tergantung dengan WiFi.

Kekurangan ADVAN Tab VX Lite

1. Slot Kartu Hibrida

Meskipun menawarkan slot kartu SIM ganda, ADVAN Tab VX Lite sayangnya mengusung konsep hibrida. Kamu yang berencana menggunakan dua nomor sekaligus MicroSD sebagai media penyimpanan eksternal terpaksa harus memilih salah satunya.

Kekurangan ini tentu masih sangat bisa dimaklumi karena kebanyakan dari kita mungkin bukan mempertimbangkan untuk membeli ADVAN Tab VX Lite sebagai pengganti ponsel. Namun justru sebaliknya yakni sebagai pendampingnya untuk melengkapi dalam skenario penggunaan tertentu.

2. Pengisian Daya Bakalan Cukup Lama

Dengan baterai berkapasitas sebesar 6.000mAh, ADVAN Tab VX Lite memang mampu menawarkan dukungan lebih baik soal daya. Hanya saja kita bisa saja sedikit kerepotan karena teknologi pengisian yang disematkan oleh ADVAN masih sangat rendah untuk baterai dengan kapasitas sebesar itu.

Tablet ADVAN Tab VX Lite masih memakai teknologi pengisian standar dengan daya 10W (5V 2A) yang mana cukup rendah untuk sebuah perangkat keluaran tahun 2023. Jadi proses mengisi bakalan berjalan cukup lama sehingga perangkat nanti tidak akan langsung bisa dipakai untuk melanjutkan aktivitas ketika baterainya habis.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar