ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Handphone

5 HP Layar Super AMOLED Termurah Tahun 2023 Buat Nonton dan Main Game Lebih Nyaman

HP Layar Super AMOLED Termurah - Header

Gadgetren – Meskipun awalnya hanya tersedia di kelas atas, layar dengan teknologi Super AMOLED kini sudah banyak dipakai oleh ponsel-ponsel menengah yang dibanderol lumayan terjangkau.

Panel layar yang populer dari lini perangkat besutan Samsung ini pun dapat menjadi pilihan pas jika kita ingin memiliki ponsel dengan tampilan gambar lebih baik. Sangat cocok buat kita yang gemar menonton film atau bahkan bermain game.

Dibandingkan dengan beberapa teknologi yang lain, Super AMOLED memang mempunyai beberapa keunggulan. Panel layar ini setidaknya menawarkan produksi warna yang luas, tingkat kecerahan yang lebih tinggi, dan rasio kontras yang lebih baik.

Dengan berbagai macam keunggulan tersebut, menonton video hingga bermain game bisa terasa lebih menyenangkan. Belum lagi jika perangkat memang mendukung beberapa teknologi gambar mutakhir seperti HDR atau Dolby Vision sebagai penunjang.

Kabar baiknya, kita kini dapat menikmati pengalaman menonton video maupun bermain game secara lebih menyenangkan dengan layar Super AMOLED secara lebih terjangkau. Ada beberapa ponsel murah yang sudah mengadopsinya.

1. Xiaomi Redmi Note 11

HP Layar Super AMOLED Termurah - 1

Xiaomi Redmi Note 11 menjadi salah satu di antaranya. Perangkat besutan Xiaomi tersebut bahkan diklaim oleh perusahaan mereka sebagai pionir dalam mengadopsi panel Super AMOLED ke pasar menengah.

Layar Redmi Note 11 sendiri sudah membentang hingga seluas 6,43 inci dengan desain bernama DotDisplay yang menempatkan punch hole kecil di bagian tengah. Resolusi gambar yang mampu ditangani pun mencapai Full HD+ (2400 x 1080 piksel).

Mampu menangani kecerahan hingga 1.000 nit, layar Super AMOLED miliknya secara teknis dapat menampilkan konten secara lebih jelas meski dalam kondisi terang atau terkena cahaya langsung. Gambarnya pun bakalan tajam karena panel tersebut mendukung rasio kontras hingga 4.500.0000 : 1.

Tersedia dengan harga mulai dari Rp2.399.000 di Xiaomi Official Store, Redmi Note 11 menariknya juga sudah membawa dukungan refresh rate hingga 90Hz. Kita yang suka bermain game pun bisa lebih terbantu karena animasi yang ditampilkan bisa terlihat lebih mengalir.

Di samping panel layarnya yang sudah memakai Super AMOLED, Redmi Note 11 sendiri juga mempunyai spesifikasi yang lumayan unggul. Ponsel Xiaomi tersebut misalnya sudah membawa dukungan pengisi daya 33W, kamera utama dengan lensa ultra-wide, serta NFC (Near Field Communication).

2. realme 10

HP Layar Super AMOLED Termurah - 2

Sebagai opsi selanjutnya, ada realme 10 yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp2.799.000 di Tokopedia untuk varian terendahnya. Perangkat menengah tersebut juga berusaha membawa panel Super AMOLED untuk memanjakan para pengguna.

realme 10 secara khusus mengadopsi layar Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci. Dengan desain lubang kamera berbentuk punch hole yang ditempatkan di sisi pojok kiri atas, panelnya juga mendukung gambar dengan resolusi hingga Full HD+ (2400 x 1080 piksel).

Kita yang gemar bermain game juga tak perlu khawatir karena layar realme 10 pun mendukung refresh rate hingga 90Hz. Jadi dapat menghasilkan animasi mulus selaras dengan kinerja dari MediaTek Helio G99 yang dipakainya sebagai dapur pacu.

Yang tak kalah menarik, layar Super AMOLED milik realme 10 juga sudah dilengkapi dengan lapisan proteksi Corning Gorilla Glass 5. Terdapat juga jaminan ponsel dapat senantiasa berjalan lancar hingga selama 36 bulan lewat sertifikasi dari TUV SUD 36-Month Fluency Rating.

3. POCO M4 Pro

HP Layar Super AMOLED Termurah - 3

POCO M4 Pro juga tak boleh dikesampingkan apabila kita sedang mencari ponsel berlayar Super AMOLED dengan harga yang terjangkau. Perangkat tersebut soalnya sudah dapat dipinang hanya dengan dana mulai dari Rp2.799.000 di POCO Official Store.

Untuk layarnya, POCO M4 Pro mengusung desain DotDisplay dengan punch hole lubang kamera yang ditempatkan di bagian tengah atas. Panel Super AMOLED yang digunakan pun mempunyai spesifikasi yang lumayan mirip dengan Redmi Note 11.

Sebagai salah satu pembedanya, POCO M4 Pro yang dijual sedikit lebih mahal menawarkan dukungan proteksi paparan cahaya berbahaya lebih baik. Hal ini sudah dibuktikan lewat adanya sertifikasi SGS Eye Care Display.

Ponsel menengah ke bawah dari keluarga POCO tersebut juga sudah mengemas SGS Seamless Display. Sertifikat ini memastikan bahwa layar 90Hz milik realme 10 dapat menyajikan animasi gambar yang mulus secara lebih maksimal.

4. Xiaomi Redmi Note 11 Pro

HP Layar Super AMOLED Termurah - 4

Jika memerlukan dukungan yang lebih baik lagi, Xiaomi Redmi Note 11 Pro pun dapat menjadi opsi yang berikutnya. Perangkat tersebut membawa layar Super AMOLED dengan spesifikasi sedikit lebih unggul ketimbang beberapa ponsel sebelumnya.

Walaupun masih beresolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel), Redmi Note 11 Pro dalam hal ini salah satu di antaranya tercatat membawa panel Super AMOLED berukuran lebih besar di mana mencapai 6,67 inci. Jadi bisa lebih memuaskan untuk menikmati berbagai macam hiburan.

Terlebih lagi, layar yang dipakai pun mendukung tingkat kecerahan hingga 1.200 nit atau lebih mumpuni untuk pemakaian di luar ruangan. Animasi yang ditawarkan juga bakalan lebih mulus karena membawa refresh rate hingga 120Hz.

Peningkatan yang ditawarkan pun tak hanya pada aspek layar saja melainkan juga pada pengisi daya di mana Redmi Note 11 Pro mempunyai dukungan 67W Turbo Charging. Hanya saja untuk meminangnya dari Xiaomi Official Store, kita memang memerlukan dana mulai dari Rp3.399.000.

5. Samsung Galaxy A24

HP Layar Super AMOLED Termurah - 5

Sebagai pengembang panel Super AMOLED, Samsung pun tak ketinggalan menghadirkan perangkat murah dengan layar ini. Salah satu di antaranya adalah Samsung Galaxy A24 yang dapat dipinang dari Samsung Official Store dengan harga Rp3.499.000.

Secara khusus, Galaxy A24 memakai panel Super AMOLED yang membentang hingga seluas 6,5 inci dengan resolusi gambar hingga Full HD+ (2340 x 1080 piksel). Desain panelnya sayang masih memakai notch kecil seperti tetes air alih-alih punch hole.

Galaxy A24 pun menggunakan panel Super AMOLED dengan tingkat kecerahan sampai 1.000 nit. Layarnya pun dapat ditonton secara terus-menerus dengan nyaman karena mendukung perlindungan cahaya biru yang disempurnakan tersertifikasi SGS Eye Care Display.

Pengaturan refresh rate untuk konten pun bisa dilakukan hingga 90Hz. Pengalaman pemakaiannya pun sangat bagus di mana bahkan berhasil mengumpulkan skor 9 dari 10 poin dalam uji coba pemakaian yang pernah kami lakukan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar