Smartphone

realme 10 Hadirkan Kombinasi Tangguh Helio G99 dan Super AMOLED 90Hz

realme 10 (1)

realme 10 menjadi salah satu produk terbaru dari realme di tahun 2022 yang mendorong lebih jauh lagi akan apa yang bisa ditawarkan oleh sebuah smartphone.

Dari segi performa hingga fitur, realme 10 yang memiliki slogan “Beat the Competition” bakal memberikan pengalaman penggunaan yang memadai dalam keseharian lewat teknologi terbaru yang dibawanya.

realme 10 dibekali chipset dan teknologi layar unggulan yang mana kita ketahui dua hal tersebut merupakan komponen penting dalam menikmati konten hiburan baik itu bermain game atau menonton video.

Pada pusatnya terdapat chipset MediaTek Helio G99 yang diklaim mampu memberikan 40% peningkatan kinerja dan 20% lebih hemat konsumsi daya dibandingkan dengan realme 9 yang mana merupakan pendahulunya.

Seperti yang kita ketahui, seri Helio G dari MediaTek memang diciptakan untuk menunjang kebutuhan bermain game. Ditambah Helio G99 termasuk ke dalam seri atas sehingga kinerjanya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Chipset tersebut pun kemudian ditemani oleh RAM LPDDR4X 8GB dan penyimpanan UFS 2.2 128GB yang mana memberikan realme 10 amunisi untuk menghadirkan kinerja yang semakin ngebut.

realme 10 (4)

Pasalnya penyimpanan UFS 2.2 punya kemampuan baca dan tulis jauh lebih cepat dibandingkan jenis eMMC yang masih banyak digunakan pada smartphone di segmen ini. Jadi realme 10 tidak membutuhkan waktu lama untuk membuka aplikasi atau game.

Bahkan jika dibandingkan generasi sebelumnya, realme 10 diklaim mampu membuka aplikasi hingga 50% lebih cepat atau kurang dari 1 detik. Tentunya ini akan sangat membantu khususnya dalam membuka file berukuran besar.

Sementara itu realme juga menyematkan fitur bernama Dynamic RAM yang dapat memberikan memori tambahan hingga 8GB (setelah update OTA). Dengan begitu total RAM pada realme 10 bisa mencapai 16GB yang mana memungkinkannya tetap berjalan lancar walaupun membuka 15 aplikasi secara bersamaan. realme 10 tersedia di Indonesia dengan dua pilihan memori yaitu 4GB+4GB* | 128GB dan 8GB+8GB* | 128GB.

Mempunyai RAM berkapasitas besar tentunya akan membuat multitasking menjadi lebih mulus sehingga tidak perlu khawatir akan ada aplikasi yang ditutup secara paksa ketika banyak yang terbuka di latar.

realme 10 AnTuTu Spesifikasi

Kombinasi tersebut mulai dari chipset bertenaga hingga fitur Dynamic RAM membuat realme 10 mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang lancar. Hal tersebut pun terlihat dari skor AnTuTu yang didapatkannya dimana mencapai 389.047 poin untuk realme 10 varian 128GB. Hampir menyentuh 400 ribu poin.

Angka tersebut tergolong tinggi untuk sebuah smartphone di segmen ini. Bahkan jika dibandingkan smartphone dengan Snapdragon 680, kinerja yang ditawarkan oleh realme 10 terlihat menjanjikan. Alhasil realme 10 dipastikan dapat melibas berbagai jenis aplikasi termasuk game seperti PUBG Mobile.

Tidak hanya lancar, realme 10 mampu menjalankan PUBG Mobile pada grafis High sekalipun dengan kisaran 30 fps secara stabil sepanjang pertandingan. Tak ada terjadi penurunan kinerja atau lag sama sekali saat tengah bertempur sengit yang mana tentunya berkat kehadiran chipset Helio G99.

realme 10 PUBG Mobile

Ini membuktikan bahwa performa yang ditawarkan oleh realme 10 tidak perlu diragukan lagi baik itu untuk diajak bermain game maupun menjalankan berbagai aplikasi dalam keseharian. Begitu juga dalam soal multitasking, berpindah aplikasi antara chat dan media sosial bakal berlangsung dengan sangat mulus.

Menariknya lagi, realme 10 sudah mendapatkan sertifikasi TUV SUD Fluency Rating dengan peringkat A di segmennya. Sertifikasi tersebut menandakan bahwa realme 10 telah memenuhi standar keandalan dengan peringkat tertinggi dan memastikan dapat digunakan selama 3 tahun tanpa gangguan setelah diuji secara ketat lewat 40 aplikasi yang umum digunakan seperti WhatsApp dan YouTube.

realme 10 (6)

Untuk semakin meningkatkan pengalaman penggunaan, realme 10 pun sudah dilengkapi layar 6,4 inci berpanel Super AMOLED dengan resolusi FHD+ 2400×1080 piksel dan sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Oleh karena itu layarnya tidak hanya mampu menampilkan gambar yang tajam saja melainkan juga kaya warna.

Menikmati konten video maupun melihat foto-foto kesukaan tentunya bakal jadi lebih mengasyikkan karena warna yang disajikan terlihat seperti nyata. Selain itu layarnya memiliki tingkat kecerahan mencapai 1.000 nits untuk memastikan konten yang tampil dapat tetap terlihat di segala kondisi, termasuk di bawah terik matahari.

Tak ketinggalan layar realme 10 juga mendukung refresh rate hingga 90Hz dan tingkat respons sentuhan mencapai 360Hz sehingga setiap sentuhan akan langsung cepat ditanggapi oleh sistem yang mana sangat krusial ketika bermain game kompetitif seperti PUBG Mobile.

realme 10 (8)

Menemani layarnya yang menawan, realme 10 hadir dengan desain yang sangat gaya dengan permukaan belakang yang berkilau layaknya partikel cahaya yang menabrak bintang-bintang baik pada varian warna Clash White maupun Rush Black. Alhasil realme 10 terlihat menarik dan beda dari yang lainnya.

Desain tersebut merupakan hasil dari proses penggabungan Atom-coating dan pencetakan UV-nano untuk menciptakan desain dengan tekstur 3D yang memiliki cahaya dinamis. Tidak hanya soal tampilan luarnya yang menarik, realme 10 turut punya bodi ringkas dengan ketebalan 7,95mm dan bobot hanya 178 gram saja.

Dengan begitu realme 10 akan tetap terasa nyaman digenggam ketika bermain game dalam waktu lama. Bobotnya yang ringan dan tipis membuat tangan jadi tidak cepat lelah sehingga sesi permainan dapat menjadi lebih panjang.

realme 10 (2)

Menariknya walaupun realme 10 punya dapur pacu yang bertenaga, namun segmen fotografi tidak dilupakan begitu saja. Pada bagian belakang terdapat lensa utama 50MP dan lensa B&W 2MP sedangkan pada bagian depan tersedia lensa 16MP.

Untuk meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan, realme pun melengkapinya dengan berbagai fitur canggih Color AI algorithm untuk meningkatkan kecerahan warna secara pintar hingga ProLight Technology untuk mendapatkan pencahayaan lebih baik di malam hari.

realme 10 Foto Kamera Belakang Auto (4)

realme 10 Foto Kamera Belakang Auto (5)

realme 10 Foto Kamera Belakang Auto (3)

realme 10 Foto Kamera Belakang Auto (1)

realme 10 Foto Kamera Belakang Auto (2)

realme 10 berhasil menangkap objek secara detail pada pencahayaan optimal. Reproduksi warnanya pun menyerupai dengan kondisi aslinya sehingga tidak ada informasi yang berubah signifikan.

Ditambah lagi kamera utama dari realme memiliki rentang dinamis cukup baik seperti yang terlihat pada foto kafe yang mana di bagian sisi lantai dua masih tetap tertangkap padahal berada di dalam area yang lebih gelap.

realme 10 Kamera Belakang 50MP

Untuk foto beresolusi 50MP, hasilnya terbilang memiliki detail yang sangat tinggi. Bahkan kumbang kecil yang tengah hinggap pada bunga masih dapat terlihat jelas ketika gambar diperbesar. Kualitasnya pun terbilang konsisten dibandingkan mode Auto sehingga tidak perlu khawatir foto terlihat berbeda.

realme 10 Foto Kamera Belakang Low Light (1)

realme 10 Foto Kamera Belakang Low Light (3)

realme 10 Foto Kamera Belakang Low Light (2)

realme 10 Foto Kamera Belakang Low Light (5)

realme 10 Foto Kamera Belakang Low Light (4)

Untuk fotografi cahaya rendah, realme 10 tetap mampu menangkap detail objek dengan cukup baik. Baik cahaya dari lampu tidak ada yang terlalu over expose yang mana membuat foto terlihat jelas di berbagai kondisi. Warna yang dihasilkan pun serupa dengan aslinya.

realme 10 Foto Kamera Depan (1)

Auto

realme 10 Foto Kamera Depan (2)

Portrait

realme 10 Foto Kamera Depan (3)

Auto

realme 10 Foto Kamera Depan (4)

Portrait

Soal selfie, kamera depan dari realme 10 menangkap wajah dengan detail yang baik dan kontras tinggi. Fitur portrait berhasil memberikan perpotongan latar yang rapi layaknya kamera profesional. Sementara pada malam hari, layar akan menyala terang untuk menyinari wajah sehingga foto terlihat lebih natural.

Dengan segala spesifikasi yang diusungnya, realme 10 secara mengejutkan ternyata tetap mempunyai daya tahan baterai yang cukup lama. Berbekal kapasitas 5.000mAh, realme 10 diklaim dapat digunakan hingga 58 jam untuk streaming musik secara terus menerus tanpa henti.

Sementara ketika diuji menggunakan PCMark for Android dengan tingkat kecerahan layar 50%, realme 10 mendapatkan skor 16 jam 34 menit dalam mode 60Hz dan 15 jam 52 menit dalam mode 90Hz. Angka tersebut tergolong tinggi yang mana berarti menandakan realme 10 dapat digunakan sepanjang hari dengan mudah.

realme 10 Baterai

Untuk para gamer yang senang bermain dalam waktu lama, realme 10 pun terbilang awet saat kinerjanya tengah dipacu. Baterai hanya berkurang sebanyak 10% saja setelah digunakan bermain PUBG Mobile selama 1 jam atau kurang lebih dapat digunakan kurang lebih 10 jam hingga baterai benar-benar habis.

Soal pengisian daya, realme 10 dipastikan tidak perlu membutuhkan waktu lama berkat adanya teknologi 33W SUPERVOOC charging yang mampu mengisi daya baterai hingga hingga kembali penuh dari yang tadinya tersisa 19% dalam waktu 72 menit saja.

Pengisian daya pun bakal lebih tenang karena sudah dilengkapi chip lima inti yang dapat secara cerdas mendeteksi masalah saat proses pengisian daya seperti kelebihan beban. Dengan begitu perangkat bakal tetap terjaga aman.

realme 10 (5)

Secara keseluruhan realme 10 merupakan smartphone yang sangat bisa diandalkan untuk menjalankan segala jenis aplikasi berkat hadirnya chipset Helio G99 yang bertenaga dan layar Super AMOLED yang kaya warna.

Ditambah dukungan microSD hingga 1TB, fingerprint di samping, dan sudah menjalankan realme UI 3.0 berbasis Android 12 membuat realme 10 jadi paket lengkap untuk merasakan fitur kekinian dalam sebuah smartphone.

Bersamaan dengan realme 10, diluncurkan juga produk lainnya berupa realme TechLife Hair Dryer dan realme TechLife Robot Vacuum. Keduanya telah dilengkapi teknologi mutakhir yang dapat secara cerdas membantu keseharian.

Untuk realme TechLife Hair Dryer memiliki kemampuan pengeringan yang cepat dan efisien dengan daya 1.400W. Perangkat ini akan menghasilkan suhu ideal di 55°C sehingga kesehatan rambut tetap terjaga. Selain itu juga terdapat teknologi negative ions yang dapat menutup kutikula rambut agar rambut terlihat natural setelah dikeringkan.

Sementara realme TechLife Robot akan membuat pekerjaan rumah lebih praktis karena dilengkapi sistem navigasi dan pemetaan LiDAR untuk membersihkan dan pel lantai secara bersamaan. Perangkat ini pun mendukung perintah suara lewat Google Assistant dan Alexa sehingga dapat dengan mudah diaktivasi tanpa harus menyentuhnya.

realme 10 4GB+4GB*/128GB dijual dengan harga Rp 2.499.000 melalui Flash Sale di Shopee dan juga realme.com pada 11 November ini. Sedangkan untuk varian realme 10 8GB+8GB*/128GB, melalui offline pre-order di Erafone Store dan realme.com pada 9-17 November 2022 dengan harga Rp 3.199.000.

Tinggalkan Komentar