ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A78 4G – Terlihat Cukup Menarik

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A78 4G Header

Gadgetren – Setelah sekian lama hanya menjadi rumor, perangkat OPPO A78 4G pada akhirnya resmi memperkenalkan diri di Indonesia menyusul model 5G dari serinya yang mana sudah meluncur lebih dulu.

OPPO A78 4G sendiri secara khusus ikut meramaikan pasar ponsel di rentang harga Rp3 jutaan. Kita tepatnya dapat membawa pulang perangkat menengah keluaran terbaru OPPO tersebut dengan menyiapkan dana sebesar Rp3.599.000.

Jika mempertimbangkan spesifikasi yang dibawanya, OPPO A78 4G juga tergolong lumayan menarik. Perangkat tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan yang mana membuatnya cukup layak untuk dipertimbangkan saat kita memerlukan ponsel baru.

Kelebihan OPPO A78 4G

1. Baterai Besar Dipadukan Pengisian Cepat

Seperti saudara-saudaranya, OPPO A78 4G mempunyai beberapa keunggulan yang mana salah satunya terletak pada aspek dukungan dayanya. Perangkat tersebut soalnya tercatat sudah menggunakan baterai berkapasitas 5.000mAh.

Dengan baterai berkapasitas sebesar itu, kita pun bisa lebih tenang saat beraktivitas karena perangkat tidak akan cepat kehabisan daya. OPPO A78 4G bahkan diklaim mampu bertahan hingga 293 jam dalam mode siaga dengan layar mati atau 16,3 jam untuk memutar YouTube berdasarkan pengujian internal yang dilakukan oleh OPPO.

Ditambah dengan dukungan 67W SuperVOOC yang ikut disematkan, OPPO A78 4G pun dapat menjadi alternatif jika sedang mencari ponsel yang mampu menunjang berbagai macam aktivitas sehari-hari. Teknologi ini akan memastikan perangkat bisa segera dipakai kembali saat kehabisan daya.

67W SuperVOOC yang dibawa OPPO A78 4G hanya memerlukan waktu sekitar 45,5 menit untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh. Jika terburu-buru, pengisian selama 15 menit pun sudah bisa membuat baterai terisi hingga 43 persen atau 5 menit untuk melakukan panggilan selama 4,6 jam.

Pengisian daya di OPPO A78 4G juga mengusung sistem cerdas yang disebut Optimized All-Day Charging. Dukungan ini memungkinkan perangkat mempelajari rutinitas penggunaan harian untuk memperpanjang usia pemakaian baterainya.

OPPO A78 4G

2. Konfigurasi Memori Mumpuni

Dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, OPPO A78 4G juga meluncur dengan konfigurasi memori yang cukup besar. Jadi kita yang berencana meminangnya bisa melakukan multitasking maupun menyimpan banyak data dan aplikasi secara lebih nyaman.

Perangkat tersebut dalam hal ini sudah dibekali dengan RAM berkapasitas 8GB yang bisa diperluas dengan tambahan hingga 8GB memakai fitur memori virtual. Dengan begitu, OPPO A78 4G pun memuat banyak aplikasi dan tugas bersamaan dengan lancar.

Penyimpanan internal yang dibawa oleh OPPO A78 4G mampu menangani data dan aplikasi dengan ukuran total hingga 256GB. Apabila masih kurang, perangkat tersebut menyediakan slot kartu eksternal yang bisa dipasangi Micro SD hingga 1TB.

3. Fitur Lengkap

Untuk sebuah perangkat yang dilepas di kelas menengah, OPPO A78 4G juga bisa dibilang membawa fitur yang lumayan komplit. Ponsel tersebut tak hanya membawa dukungan seperti sensor NFC (Near Field Communication) melainkan juga beberapa tambahan lainnya.

Salah satu di antaranya, OPPO A78 4G sudah dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu supaya dapat nantinya dapat digunakan dalam berbagai macam skenario pemakaian. Hal ini terbukti dari sertifikat IP54 yang diusung oleh perangkat tersebut.

Selain itu, perangkat tersebut pun juga sudah dipersenjatai dengan dukungan Dual Stereo Speakers dan Real HD Sound 3.0 yang memungkinkan suara surround dari berbagai macam konten terdengar imersif. Fitur Ultra Volume Mode yang dapat membuat volume meningkat hingga 200 persen darinya pun tak boleh kita lewatkan.

Meskipun hanya dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, OPPO A78 4G menariknya juga sudah dilengkapi dengan teknologi pemindai sidik jari terintegrasi di layar. Hal ini mungkin dilakukan karena perangkat tersebut sudah memakai panel AMOLED berukuran 6,4 inci.

Kekurangan OPPO A78 4G

1. Chipset Ketinggalan

Sayangnya, chipset yang digunakan oleh OPPO A78 4G bisa dikatakan cukup ketinggalan jika dibandingkan dengan berbagai macam perangkat baru di rentang harga serupa. Ponsel tersebut tersedia dengan dapur pacu yang kembali mengandalkan Qualcomm Snapdragon 680.

Pemakaian Snapdragon 680 dapat membuat OPPO A78 4G terlihat seperti OPPO A77s pendahulunya. Kemampuannya sebenarnya sudah cukup memadai untuk pemakaian kasual di masa sekarang tetapi akan kalah jika dibandingkan chipset-chipset di perangkat yang setara.

Bagi kamu yang belum tahu, Snapdragon 680 merupakan chipset yang diluncurkan pada tahun 2021 silam. Qualcomm memang sudah menggunakan teknologi manufaktur 6nm tetapi inti pengembangannya masih mengandalkan Qualcomm Kryo 265 berbasis arsitektur lawas ARM Cortex-A73 dan Cortex-A53.

Beberapa teknologi yang dibawa oleh Snapdragon 680 juga sangat ketinggalan. Selain absennya dukungan jaringan 5G yang memang tidak ingin ditambahkan ke OPPO A78 4G, chipset ini misalnya masih memakai teknologi Bluetooth 5.1 dan WiFi 5.

2. Kamera Sekunder Terasa Kurang

Untuk menunjang kebutuhan fotografi, OPPO A78 4G sayangnya membawa kamera sekunder yang biasa saja. Perangkat tersebut hanya melengkapi lensa utama beresolusi 50MP miliknya dengan sensor kedalaman 2MP untuk membantu pengambilan foto potret.

Padahal jika mengacu pada beberapa perangkat sekelasnya, sebagian sudah memakai sensor ultra-wide sebagai tambahan. Lensa yang mempunyai cakupan sudut pandang luas ini bisa membantu kita untuk mengabadikan foto pemandangan atau kebersamaan sekelompok orang.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar