Tips dan Trik Handphone

Cara Menambah RAM Handphone OPPO dengan Fitur RAM Expansion!

Cara Menambah RAM Handphone OPPO Header

Gadgetren – Untuk menambah performa multitasking yang semakin lancar, OPPO telah menghadirkan fitur RAM Expansion pada beragam handphone mereka.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, RAM Expansion adalah fitur yang mengizinkan sistem pada handphone OPPO untuk meminjam ruang kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual.

Dengan hadirnya RAM Virtual, tentunya akan dapat membuat sistem lebih lancar dalam menangani banyak aplikasi secara multitasking. Meskipun fitur ini sudah ada, namun sebagian pengguna perangkat OPPO belum tahu mengenai mengaktifkannya.

Sebenarnya fitur RAM Expansion biasanya akan langsung aktif secara otomatis setelah pengguna menyalakan handphone OPPO untuk pertama kali, namun memang besarannya terkadang bisa diatur lagi baik dikurangi maupun ditambah.

Secara bawaan, RAM Expansion akan mengaktifkan kapasitas di pilihan medium sehingga kamu perlu mengaturnya sendiri jika ingin lebih tinggi lagi.

Cara Menambah RAM OPPO

  • Buka aplikasi Settings bawaan dari handphone OPPO
  • Selanjutnya, pilih menu About device
  • Pilih opsi RAM
    OPPO - Tambah RAM - 1
  • Pada halaman RAM Expansion, pilih kapasitas RAM Virtual yang diinginkan
  • Selanjutnya, restart handphone OPPO
  • Setelah handphone menyala kembali, maka kapasitas RAM Virtual akan berganti sesuai dengan pilihan
    OPPO - Tambah RAM - 2

Misalnya saja pada OPPO Reno8, kamu dapat memilih kapasitas RAM Virtual mulai dari 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB. Apabila kamu memilih yang tertinggi, maka handphone ini akan memiliki RAM dengan kapasitas total yang mencapai 16 GB dari hasil kombinasi RAM Utama 8 GB dan RAM Virtual 8 GB.

Setelah hadirnya fitur RAM Expansion memang terasa bahwa handphone OPPO mampu menjalankan lebih banyak aplikasi sehari-hari secara multitasking menjadi semakin lancar lagi.

Namun kamu juga sebenarnya bisa menonaktifkan fitur RAM Expansion jika merasa tidak membutuhkannya. Apalagi fitur RAM Expansion juga lebih baiknya dimatikan karena kapasitas penyimpanan internal dari handphone OPPO sudah hampir habis supaya aplikasi dan sistem dapat tetap bekerja optimal.

Untuk itulah sebaiknya kamu memberikan ruang kosong yang banyak pada penyimpanan internal agar fitur RAM Expansion dapat berjalan dengan mulus dan tetap memperhatikan penggunaan karena kapasitas hampir penuh memang tidak bagus.

Tinggalkan Komentar