ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Bedanya OPPO A78 4G Vs OPPO A78 5G – Banyak yang Perlu Dipertimbangkan

OPPO A78 4G Vs OPPO A78 5G - Header

Gadgetren – Meskipun tersedia dengan selisih harga yang lumayan dekat di mana OPPO A78 4G Rp3.599.000 dan OPPO A78 5G Rp3.999.000, terdapat banyak perbedaan dari kedua perangkat besutan OPPO tersebut.

Tak hanya berkaitan dengan teknologi jaringan yang ditawarkan, kedua ponsel tersebut pun mempunyai banyak perbedaan pada aspek yang lain. Desain bodinya mungkin terlihat serupa tetapi jeroannya benar-benar sangat berlainan.

Perbedaan dari kedua ponsel tersebut pun bisa menjadi bahan pertimbangan penting sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya. Bisa dipakai untuk menimbang ketersediaan dana serta berbagai macam dukungan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

OPPO A78 4G Vs OPPO A78 5G

Salah satu perbedaan yang sangat mencolok terletak pada bagian dapur pengolahan datanya. OPPO A78 4G meluncur dengan chipset Qualcomm Snapdragon 680 sementara model 5G-nya mengandalkan MediaTek Dimensity 700 untuk mengakomodasi teknologi jaringan yang lebih mutakhir.

Meskipun sama-sama mempersenjatai perangkat menengah, kedua chipset ini di atas kertas menawarkan kemampuan yang berlainan. Dimensity 700 dan Snapdragon 680 soalnya menggunakan arsitektur inti, pengolah grafis, hingga teknologi pemrosesan yang sama sekali berbeda.

Dengan perbedaan kemampuan dalam pemrosesan data ini, OPPO A78 4G dan A78 5G pastinya tidak akan menawarkan pengalaman pemakaian yang serupa. Keduanya apalagi juga meluncur dengan dukungan layar yang lumayan terlihat timpang.

OPPO A78 4G yang dijual lebih terjangkau secara khusus sudah menggunakan panel AMOLED dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) meskipun hanya berukuran 6,43 inci. Sementara OPPO A78 5G yang mempunyai layar 6,56 inci hanya memakai IPS LCD HD+ (1612 x 720 piksel).

Ketimpangan di bagian layar ini semakin terlihat jelas dari lapisan pelindung layar yang digunakan. Saat OPPO A78 5G masih mengandalkan Panda Glass atau Caihong Glass yang dikeraskan, versi 4G-nya lebih unggul dengan memakai Corning Gorilla Glass 5.

Perbedaan antara OPPO A78 4G dan 5G semakin kentara dari teknologi pengisian cepat yang ditawarkan. Meskipun sepakat memakai baterai berkapasitas 5.000mAh, keduanya secara berurutan mempunyai dukungan 67W SuperVOOC dan 33W SuperVOOC.

Selaras dengan teori yang berlaku, dukungan 67W SuperVOOC milik OPPO A78 4G tentu dapat mengisi lebih cepat. Teknologi ini setidaknya sudah diklaim mampu membuat baterai penuh hanya dalam waktu 45,5 menit saja saat pengisian 33W SuperVOOC memerlukan 67 menit.

Di sisi desain selain terlihat bentuk rumah kamera depan, keduanya memang mempunyai bentuk tampilan yang mungkin akan sedikit susah dibedakan. Hanya saja OPPO untungnya menawarkan pilihan warna berbeda di mana OPPO A78 4G meluncur dengan opsi hijau lumut dan hitam kabut sedangkan OPPO A78 5G ungu bersinar maupun hitam bersinar.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar